Hyundai Santa Fe Generasi-5 - Apa saja yang Baru

Hyundai Santa Fe Facelift 2021 Makin Canggih dengan Mesin, Platform dan Fitur Baru

Berita Hyundai SUV

CaruserMagz.comHyundai Motor Corporation (HMC) meluncurkan Hyundai Santa Fe Facelift 2021 pada awal Juli 2020, setelah sebelumnya merilis teaser resmi Santa Fe facelift ini. Meskipun perubahan tampak minor pada wajah dan bokongnya, namun Santa Fe 2021 ini mendapat banyak perubahan signifikan dari sisi dapurpacu, platform dan fitur.

HMC telah merilis informasi resmi mengenai rincian mesin baru Santa Fe Facelift yang sudah mengalami elektrifikasi, juga mengenai platform generasi ke-3 yang banyak mendapat improvement serta fitur-fitur terbaru dari medium SUV 7-seater global ini.

 

Berikut Daftar hal-hal Baru pada Hyundai Santa Fe Facelift 2021:

Powertrain / Mesin

Untuk pasar Eropa yang makin ketat terkait aturan emisi dan mulai mengkampanyekan mobil listrik, Hyundai mulai mengelektrivikasi Santa Fe dengan menyediakan varian Hybrid dan Plug-in Hybrid.

Varian Hybrid dibekali mesin bensin 1.6-liter turbo dengan output 59 hp (44 kW/60 PS) dikombinasikan dengan motor listrik yang ditenagai baterai lithium-ion 1,49 kWh. Output gabungan dari mesin turbo dan motor listrik tersebut menghasilkan 227 hp (169 kW/230 PS) dan torsi maksimum hingga 350 Nm (258 lb-ft).

Varian plug-in hybrid juga bermesin turbo 1,6-liter. Namun baterai-nya lebih besar jadi 13,8 kWh serta spesifikasi motor listrik yang lebih kuat dengan output 90 hp (67 kW/91 PS). Kombinasi tersebut menghamburkan tenaga gabungan hingga 261 hp (195 kW/265 PS) dan torsi maksimum 350 Nm (258 lb-ft). Namun Model yang disediakan secara eksklusif dengan all-wheel drive ini, baru akan dijual tahun 2021.

Varian Diesel sebagai model global tetap disediakan dengan mesin Smart-stream 2,2-liter 4-silinder yang menghasilkan 199 hp (149 kW/202 PS) dan torsi 440 Nm (324 lb-ft). Mesin ini mendapat peningkatan performa berkat revisi yang dilakukan Hyundai pada blok mesin yang diganti menjadi aluminium, hingga bobotnya berkurang hingga 19,5 kg (43 lbs) dari versi sebelumnya.

Transmisi canggih dual-clutch 8-percepatan diklaim memberikan peningkatan akselerasi dan efisiensi bbm yang lebih baik, berkat camshaft dan sistem injeksi bahan bakar yang baru.

Mesin Hybrid - Hyundai Santa Fe Facelift 2021
Mesin Hybrid – Hyundai Santa Fe Facelift 2021

 

Platform Generasi Ketiga

Hyundai juga menginformasikan keunggulan platform baru yang menopang Santa Fe 2020 ini. Perubahan platform tersebut menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam hal performa, pengendalian, efisiensi bahan bakar serta keselamatan berkendara. Flatform ini membuat Santa Fe facelift seolah generasi baru, walau perubahan di sisi penampakan luar tidak tampak signifikan.

Berikut keunggulan platform baru Hyundai Santa Fe yang dijelaskan oleh HMC:

Lebih Ringan tapi lebih stabil – Hyundai mengganti bahan beberapa bagian yang membuat mobil lebih ringan serta membuat titik grafitasi yang lebih rendah untuk membuat mobil lebih stabil.

Lebih Senyap – Platform baru ini juga diperkuat pada titik-titik sensitif getaran, sehingga mobil jadi lebih senyap dari suara dan getaran. Hasilnya tentu kabin yang lebih nyaman karena getaran dan suara yang teredam dengan baik.

Membuat Kabin Lebih Lapang – Konstruksi platform dirancang untuk menambah ruang kaki baris ke-2 sebanyak 3 cm (1,2 inci) dan ruang kaki baris ke-3 sebanyak 4 cm (1,6 inci). Revisi ini juga menghasilkan ruang bagasi yang lebih luas. Artinya kabin belakang akan lebih nyaman untuk orang dewasa dibanding model sebelumnya.

Membuat Pengendalian Lebih Presisi – Revisi pada platform memposisikan lengan kemudi lebih dekat ke tengah roda depan, sehingga pengendalian akan lebih gesit dan makin presisi.

Lebih Aman – Arsitektur platform gen-3 ini menggunakan struktur jalur multi-load, hot stamping, dan pelat baja berkekuatan super-tinggi untuk menyerap dampak benturan lebih baik serta meminimalkan perubahan bentuk ruang penumpang jika terjadi tabrakan.

Hyundai Santa Fe Facelift 2021 - Apa saja Perubahan-nya
Hyundai Santa Fe Facelift 2021 – Apa saja Perubahan-nya

 

Fitur-fitur Baru

Hyundai Santa Fe adalah mobil global yang terlaris dari line up SUV Hyundai, sehingga Santa Fe harus bersaing dengan SUV premium dari brand-brand ternama seperti VW, Mercedes Benz, BMW, Volvo dan lain sebagainya. Untuk itu, Hyundai menyematkan berbagai fitur canggih sesuai kebutuhan konsumen. Berikut daftar fitur-fitur baru Hyundai Santa Fe facelift:

Mode Mengemudi

Santa Fe telah dilengkapi banyak mode mengemudi sebagaimana mobil-mobil mewah Eropa, antara lain: Sand (pasir), Snow (salju), Mud (lumpur), Eco (hemat), Sport and Comfort (nyaman). Tidak hanya itu, mode mengemudi ‘Smart‘ juga disediakan untuk mendeteksi secara otomatis gaya mengemudi pengendara dan memilihkan mode yang paling tepat sesuai kebutuhan.

Beberapa mode tersebut membutuhkan penggerak 4-roda (AWD) seperti mode Sport yang mendistribusikan 50% torsi ke roda belakang, juga mode Mud yang membutuhkan AWD untuk grip roda yang terbaik. Sedangkan mode Eco akan membuat mobil hanya berpenggerak roda depan saja.

 

Paket Fitur Driving Assist

Santa Fe facelift ini mendapat berbagai fitur bantuan mengemudi yang canggih dengan perangkat sensor, antara lain sebagai berikut:

  • Forward Collision-Avoidance Assist – menghindari tabrakan dengan kendaraan lain di depan.
  • Blind-Spot Collision Warning – peringatan untuk menghindari tabrakan dari posisi titik buta.
  • Blind-Spot Collision-Avoidance Assist – interfensi sistem untuk menghindari tabrakan dari posisi titik buta.
  • Safe Exit Assist – sistem otomatis saat akan keluar dari parkiran.
  • Blind-Spot View Monitor – display peringatan jika ada kendaraan lain di titik buta.
  • Lane Following Assist – menjaga posisi mobil pada jalur yang benar.
  • Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist – menghindari tabrakan saat posisi berjalan mundur.
  • Highway Driving Assist (pertama digunakan pada Santa Fe) – menggunakan Lane following Assist dan Smart
  • Cruise Control systems – untuk menjaga kendaraan tetap di jalurnya serta melaju dengan kecepatan yang sesuai.
  • Reverse Parking Collision-Avoidance Assist – menggunakan kamera spion dan sensor ultrasonik untuk mendeteksi hambatan saat mundur di parkiran. Peringatan dan interfensi rem berfungsi jika tiba-tiba ada kendaraan lain.

Fitur canggih baru adalah Remote Smart Parking Assist atau Smart Park yang memungkinkan pemilik mobil menggunakan remot kunci untuk membuat mobilnya bergerak maju atau mundur. Fitur ini bisa digunakan untuk memasuki atau keluar dari tempat parkir yang sempit.

Interior Hyundai Santa Fe Facelift 2021 - Lebih Canggih tanpa Tuas Transmisi
Interior Hyundai Santa Fe Facelift 2021 – Lebih Canggih tanpa Tuas Transmisi

Baca: Hyundai Santa Fe Gen-4 Special Edition

Itulah hal-hal baru dari Hyundai Santa Fe facelift. Sangat menarik bukan? Makin canggih, makin bertenaga dan tentunya makin ramah lingkungan dengan efisiensi bahan bakar yang super hemat. Jika masuk ke Indonesia, akan berapa harga mobil ini? Tentu akan makin mahal karena sistemnya akan makin rumit untuk fitur-fitur yang kian canggih.

Ini hanya masalah waktu, karena Santa Fe adalah mobil yang cukup laris di Indonesia, sehingga kemungkinan besar, model ini juga akan mengaspal di Indonesia. Semoga saja tidak banyak pengurangan fitur saat benar-benar diluncurkan untuk pasar Indonesia.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar