Mitsubishi Xpander kena Recall, 14.051 Unit Alami Masalah ini

CaruserMagz.com – Mitsubishi Xpander kena Recall atau ditarik kembali oleh pabrikan untuk perbaikan, karena masalah kesalahan produksi. Tak tanggung-tanggung jumlah Xpander yang harus diperbaiki tersebut mencapai 14.051 unit.

 
Namun pemilik Mitsubishi Xpander di Indonesia tidak perlu khawatir, karena Xpander yang kena recall adalah yang dijual di Vietnam sejak tahun 2018. Jumlah Xpander yang ditarik kembali tersebut mencapai 85% dari total penjualan selama 8 bulan di Vietnam.

 
Seperti dikabarkan media Vietnam, pihak Mitsubishi Vietnam mengumumkan recall pada Kamis, 3 Oktober 2019, terkait masalah pada pompa bensin, yaitu impeller pompa yang bisa berhenti berputar saat dalam perjalanan.

 
Komponen Impeller tersebut terbuat dari plastik dan berada di dalam pompa bahan bakar yang berfungsi menyalurkan bbm dari tangki ke mesin. Sehingga jika impeller tersebut berhenti berputar, asupan bahan bakar ke mesin akan berhenti, alhasil mobil akan mogok.

 
Korban dari permasalahan ini telah ada, pada bulan Mei 2019, beberapa konsumen pemilik Xpander di Vietnam mengeluh karena mesin mobilnya sering mendadak mati di tengah jalan. Ternyata tidak hanya di Vietnam, masalah tersebut juga dialami konsumen di Filifina.

 
Pihak Mitsubishi Vietnam telah mengumumkan bahwa konsumen yang telah diberitahu bahwa mobilnya terkait kampanye recall ini, hanya perlu membawa mobilnya ke bengkel resmi terdekat untuk diganti komponen impeller pompa bensinnya. Waktu yang dibutuhkan untuk penggantian tersebut hanya sekitar 1 jam 12 menit (72 menit).

 
Menurut rilis dari Mitsubishi Vietman, Xpander yang diproduksi setelah 26 Agustus 2019 tidak terkena dampak masalah ini, sehingga tidak masuk dalam daftar penarikan kembali.

 
Mitsubishi Xpander yang dijual di Vietnam merupakan produk impor CBU dari Indonesia bagi negara tersebut, karena diproduksi di pabrik Mitsubishi Cikarang, Jawa Barat.

 
Xpander sendiri diluncurkan di Vietnam pada tahun 2018, setahun setelah peluncuran di Indonesia. Penjualannya cukup sukses dengan capaian 8,5% pangsa pasar MPV di negara tersebut, yaitu sebanyak 16.386 unit dalam depan bulan.

 
Pertanyaannya, apakah masalah ini juga menjangkiti Xpander yang dijual di Indonesia? Kabar gembiranya ternyata hal itu dijawab oleh Presiden Direktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura, bahwa masalah tersebut tidak terjadi pada Xpander di Indonesia.

 
“Kami tahu Vietnam umumkan recall. Tapi di Indonesia kami tidak punya masalah yang sama soal itu,” kata Presiden Direktur MMKSI, Kamis (3/10).

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Karyawan swasta yang menjadikan menulis sebagai hobby dan keseharian.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar