BLOG INI DIJUAL (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Peluncuran EV Pertama Xiaomi Terancam Mundur dari 2024 karena Kendala Regulasi

Rencana Peluncuran Mobil Listrik Xiaomi EV di 2024

Share

CaruserMagz.com – Raksasa teknologi China, Xiaomi, telah mendirikan unit bisnis otomotif untuk menjadi produsen mobil listrik, yaitu Xiaomi EV Company Ltd., yang resmi didirikan pada September 2021 lalu.

Perusahaan yang akan menjadi pesaing Tesla tersebut menargetkan untuk mulai produksi masal mobil listrik Xiaomi pada paruh kedua 2024.

Namun sepertinya target peluncuran EV Pertama Xiaomi tersebut akan mundur, karena perusahaan mengalami kendala terkait regulasi untuk mendapat persetujuan proyek Ev-nya.

Bloomberg melaporkan informasi dari nara sumber yang mengetahui masalah tersebut, bahwa diperkirakan kendala regulasi akan mengakibatkan pemenundaan rencana Xiaomi terkait target waktu peluncuran.

Kesulitan Xiaomi dalam mengamankan lisensi pembuatan mobil di China, seperti yang dilaporkan oleh Bloomberg News, dapat menghambat pengembangan EV-nya dan menunda debut yang direncanakan untuk 2024,” kata analis Bloomberg Intelligence, Steven Tseng dan Sean Chen.

Penundaan dapat memperpanjang hambatan, dari biaya R&D yang besar serta investasi aset tetap dan dapat membebani pangsa pasarnya, karena segmen EV China semakin ramai dengan kompetitor yang bertumbuh dengan cepat, seperti Nio, Xpeng dan Li Auto,” sambungnya.

Mobil Listrik Xiaomi EV Terkendala Regulasi China
Mobil Listrik Xiaomi EV Terkendala Regulasi China

Perusahaan yang ingin memasuki industri kendaraan listrik China yang berkembang cepat, diharuskan menyerahkan dokumen untuk membuktikan kemampuan finansial dan teknologi mereka.

Proses peninjauan terhadap dokumen tersebut dapat memakan waktu beberapa bulan. Bahkan terkadang hasilnya berupa keputusan Pemerintah untuk menolak pengajuan perizinan sepenuhnya.

Namun sebuah sumber mengatakan bahwa secara internal, kendala regulasi tersebut tidak menghambat pengembangan EV Xiaomi, sehingga target peluncuran EV Pertama Xiaomi di 2024 masih mungkin dicapai, walau menjadi lebih berat dari ekspektasi Perusahaan.

Xiaomi sendiri telah berencana akan memamerkan prototype EV pertamanya dalam sebuah acara publik pada Agustus 2022 ini. Desain mobil listrik Xiaomi tersebut dikerjakan oleh Shanghai HVST Automobile Design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)