Mengapa Warna Ban Harus Hitam? Tahukah Kamu Awalnya Ban Mobil Berwarna Putih!

CaruserMagz.com – Mengapa ban mobil selalu dibuat berwarna hitam? Mungkin pertanyaan itu seperti pertanyaan yang super gak penting. Toh memang semua ban baik mobil, motor maupun kendaraan lain pada umumnya semua berwarna hitam. Namun ternyata semua ada alasan yang bisa dicerna secara ilmiah.

 
Memang jika ditanya apa mamfaatnya mempertanyakan hal itu, akan terasa tidak penting. Karena tidak lazim memodifikasi tampilan mobil dengan merubah warna ban.

 
Namun tahukah sobat? bahwa saat awal ban karet ditemukan pada tahun 1895, ban dibuat berwarna putih, hal itu karena warna natural dari karet alam adalah putih susu. Sedangkan ban yang sekarang berwarna hitam, bukanlah murni warna natural karet.

 
Sebenarnya tidak sulit untuk membuat ban berbahan karet tersebut berwarna-warni, tinggal menambahkan pewarna dan bahan kimia tertentu yang akan membuat ban mobil berwarna warni.

 
Bisa sobat bayangkan seandainya pilihan warna mobil, bukan hanya warna body, tapi juga warna ban. Itu bakalan seru bukan? Khususnya bagi kaum hawa yang suka warna-warna terang.

 
Lalu mengapa tidak ada pabrikan mobil yang berinisiatif untuk membuat ban mobilnya berwarna selain hitam? Mari kita simak alasan mengapa tidak ada pilihan warna untuk ban selain hitam.

 

Senyawa Karbon

Warna hitam pada ban berasal dari senyawa karbon yang menjadi salah satu bahan penting pada ban. Karbon bersamaan dengan bahan polymer lainnya menjadi bahan kimia penstabil karet.

 
Fungsi lainnya dari senyawa karbon adalah untuk memperpanjang usia pakai ban dengan cara melindungi ban dari efek korosi ozone. Karbon juga menyerap sinar ultra violet yang bisa dengan cepat merusak ban.

 

Area tapak dan belt pada ban yang berkontraksi berulang-ulang menjadi panas karena menyerap sinar UV, senyawa karbon mudah menyerap panas dan mudah pula melepaskannya ke jalan. Sehingga ban menjadi lebih tahan lama dan handal dengan adanya senyawa karbon.

 

Warna Hitam Menyerap Panas dengan Baik

Selain senyawa karbon itu sendiri, alasan mengapa ban tidak dibuat berwarna selain hitam meskipun itu sangat mungkin adalah warna hitam itu sendiri adalah yang terbaik untuk kinerja ban.

 
Karena warna hitam adalah absorber panas yang baik, khususnya panas dari sinar matahari. Artinya warna hitam tersebut menambah sifat heat absorber pada senyawa karbon.

 
Penambahan pewarna lain pada karet ban berisiko mengurangi ketahanan ban, sehingga warna alami senyawa karbon yang hitam sudah sangat tepat menjadi warna dasar ban.

 

Alasan Pemeliharaan

Ban adalah bagian yang selalu bersentuhan dengan jalanan dan segala kotoran yang dilindasnya. Sehingga tak terbayang jika ban berwarna cerah, ban tersebut akan mudah terlihat kumal dan penuh noda.

 
Sedangkan warna hitam membuat ban lebih mudah dibersihkan, noda akut menjadi tidak terlihat jelas. Ban hitam juga tidak perlu dikhawatirkan berubah warna jadi kusam, karena cukup dengan dibersihkan akan terlihat bagus kembali.

 
Baca juga:

 
Itulah alasan mengapa warna ban harus hitam dan tidak dibuat berwarna-warni, yaitu lebih karena fungsinya yang sangat penting pada kinerja mobil dan keselamatan penumpang. Bukan menjadi bagian yang bisa diubah-ubah demi tampilan yang menarik.

 
Mungkin artikel ini tidak begitu penting, namun semoga menambah pengetahuan sobat pembaca. Sampaikan opini sobat pada kolom komentar jika tertarik untuk berdiskusi.

 
Salam Otomotif!

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar