10 Ciri Ban Mobil Harus Diganti, Ini Tanda Saatnya Ganti Ban

CaruserMagz.com – Ban adalah komponen yang sangat penting pada mobil. Bukan hanya komponen penggerak mobil, ban juga berperan pada keselamatan, kenyamanan penumpang, keiritan konsumsi bbm, ketahanan komponen kaki-kaki mobil dan lain sebagainya. Jadi kondisi ban harus mendapat perhatian khusus dari pemilik mobil.

 

Pertanyaan yang sering dilontarkan sobat yang baru memilik mobil adalah kapan saatnya mengganti ban? berapa umur pakai ban yang ideal? apa ciri-ciri ban yang sudah harus diganti? Apakah ban boleh terus digunakan hingga kembangnya benar-benar habis? dan lain sebagainya.

 

Kami juga termasuk yang sering menanyakan hal-hal tersebut saat baru memiliki mobil, karena kekhawatiran akan keselamatan selama berkendara. Mengingat ban adalah komponen yang berhubungan langsung dengan jalan. Berikut kami sarikan dari berbagai sumber, ciri-ciri ban yang sudah harus di ganti:

 

1. Umur Ban Sudah 3 Tahun

 

Ban mobil terbuat dari bahan karet yang elastis. Kelenturan karet ban akan terus berubah seiring waktu, makin lama karet akan makin berkurang elastisitasnya, hingga akhirnya menjadi getas karena kehilangan kelenturan.

 

Usia yang ideal dari ban adalah 3 tahun, jadi sebaiknya setelah usia pakai ban mencapai 3 tahun segera ganti ban mobil sobat, walau kembangnya masih tebal karena mobil jarang digunakan. Jika lebih dari 3 tahun, hal yang paling terasa adalah ban tidak lagi memberikan kenyamanan. Karena sudah mengeras atau tidak lagi lentur.

 

Ada dua ketidaknyamanan akibat ban yang sudah mengeras, yaitu getaran yang terasa keras pada mobil walau jalan sebenarnya tidak keriting-keriting amat, apalagi jika melalu jalan yang tidak rata, akan terasa hentakan-hentakan seolah-olah ban kita bukan terbuat dari karet.

 

Ketidaknyamanan kedua adalah suara ban akan terdengar lebih berisik, suara gesekan ban yang keras dengan jalan akan masuk ke kabin dan mengganggu kenyamanan telinga penumpang, khususnya bagi sobat yang ingin mendengarkan musik atau radio harus lebih membesarkan volume audio.

 

Selain itu, menggunakan ban yang sudah mengeras berpotensi memperpendek usia komponen kaki-kaki mobil seperti suspensi, karena komponen tersebut harus bekerja keras menahan getaran yang lebih banyak.

 

Untuk mengetahui usia ban, setiap ban diberi kode empat digit angka pada bagian samping, misalnya 2516 yang berarti ban tersebut dibuat pada minggu ke-25 Tahun 2016. Biasanya 4 digit angka tersebut di dalam garis oval, ada juga yang didahului beberapa huruf, ada juga yang diberi tanda bintang sebelum dan setelahnya.

 

Tanda waktu produksi tersebut juga hendaknya sobat perhatikan saat membeli ban. Jangan sampai sobat membeli ban yang sudah bertahun-tahun mengendap di toko ban. Kalau bisa belilah ban yang diproduksi tidak lebih dari 6 bulan dari saat sobat membeli ban tersebut. Agar usia pakai ban sobat bisa maksimal.

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

5 thoughts on “10 Ciri Ban Mobil Harus Diganti, Ini Tanda Saatnya Ganti Ban

  • November 2, 2017 at 8:26 am
    Permalink

    Thanks banget infonya gan…

    Selama ini taunya cuma twi, km dan tahun

    Tetep nulis gan

    Reply
  • November 30, 2017 at 7:17 am
    Permalink

    Terimakasih informasinya

    Reply
  • May 15, 2018 at 8:20 am
    Permalink

    Thanks banget gan, sangat bermanfaat.

    Reply
  • October 15, 2018 at 3:28 am
    Permalink

    Menarik dan informatif artikelnya …. Terimakasih

    Reply

Tulis Komentar