GoodYear Caplok CooperTires, Raksasa Produsen Ban Amerika

GoodYear Caplok Coopertire di AS - Jadi Raksasa Makin Besar

CaruserMagz.comGoodYear Caplok Saham CooperTiresGoodyear Tire & Rubber Company resmi mengakuisisi merek produsen ban Cooper yang merupakan raksasa produsen ban terbesar ke-5 di Amerika Utara.

Akuisisi ini merupakan usaha menggabungkan dua merek ban raksasa sebagai strategi memperluas posisi tawar produk GoodYear di Amerika pada khususnya dan di dunia pada umumnya.

Gabungan modal dari kedua raksasa ban ini diharapkan akan meningkatkan posisi merek di pasar ritel. Kerjasama akan memperkuat distribusi dan ritel, termasuk menyasar segmen ban untuk mobil truk dan SUV yang sedang booming di Amerika.

Dengan GoodYear caplok CooperTires ini, perusahaan gabungannya akan memiliki nilai sekitar $ 17,5 miliar atau sekitar Rp 245 Triliun dalam penjualan pro forma 2019.

Dewan Direksi kedua perusahaan telah menyetujui transaksi bahwa, pemegang saham Cooper akan menerima $ 41,75/saham. Nilai saham Cooper dengan nilai ekuitas total sekitar $ 2,8 miliar.

Baca juga:

Tentang CooperTires dan GoodYear

Cooper Tire & Rubber Company adalah perusahaan ban yang didirikan pada tahun 1914. Perusahaan ini beroperasi di 15 negara di seluruh dunia dan mempekerjakan sekitar 10.000 karyawan.

Fasilitas Produksi Ban CooperTires di AS
Fasilitas Produksi Ban CooperTires di AS

Cooper memiliki 10 fasilitas produksi ban yang tersebar di beberapa negara, termasuk pabrik dari usaha patungan dengan perusahaan lain. Adapun merek yang berada di bawah perusahaan ini selain Cooper, ada Roadmaster, Mickey Thompson dan Mastercraft.

Sedangkan Goodyear Tire & Rubber Company adalah perusahaan manufaktur ban multinasional asal Amerika yang didirikan pada tahun 1898 oleh Frank Seiberling yang berbasis di Akron, Ohio, Amerika Serikat. Nama GoodYear sendiri diambil dari Charles Goodyear, seorang penemu karet vulkanisir.

GoodYear adalah salah satu dari empat produsen ban ternama di dunia, bersama dengan Bridgestone dari Jepang, Michelin dari Prancis dan Continental dari Jerman.

GoodYear - Raksasa Produsen Ban Dunia
GoodYear – Raksasa Produsen Ban Dunia

Pernyataan Petinggi Kedua Perusahaan

Penambahan portofolio produk ban komplementer Cooper dengan aset manufaktur berkemampuan tinggi, ditambah dengan teknologi dan industri Goodyear yang memimpin distribusi, memberikan peluang perusahaan gabungan untuk meningkatkan efisiensi biaya dan penawaran yang lebih luas untuk jaringan pengecer kedua perusahaan.” papar J. Kramer, selaku CEO dan Presiden Goodyear.

Kami yakin kombinasi ini akan memungkinkan kami memberikan layanan yang semakin baik untuk pelanggan dan konsumen kami, sambil memberikan nilai bagi pemegang saham,” ujar Kramer.

Brad Hughes, selaku Presiden & CEO Cooper memberi pernyataan.

“Cooper telah berubah menjadi organisasi dinamis yang digerakkan berdasarkan konsumen, dengan jalan menyeimbangkan saluran tradisional dan saluran baru untuk meningkatkan permintaan produk kami, sekaligus memperbarui dan secara efektif memanfaatkan jejak produksi global kami,” Kata Hughes.

Saya sangat bangga atas pencapaian tim kami selama 107 tahun terakhir dan saya berterima kasih kepada karyawan kami atas kontribusi dan komitmen mereka. Transaksi ini menandai dimulainya babak baru bagi Cooper, dimana kami masuk dengan kondisi yang didasari oleh kekuatan,” pungkas Hughes.

Tulis Komentar