Cara Gunakan Sabuk Pengaman yang Harus Dihindari

Cara gunakan Sabuk Pengaman

 

6. Duduk Terlalu Dekat Dengan Setir

 

Kebiasaan mengemudi dengan posisi terlalu dekat dengan lingkar kemudi juga harus dihindari, karena membuat sabuk pengaman tidak berfungsi maksimal. Meskipun menahan badan pengemudi, masih ada gerakan kejut yang tidak dapat ditahan oleh sabuk pengaman pada jarak tertentu.

 

Sehingga meskipun badan ditahan sabuk pengaman, kepala masih dapat terbentur pada lingkar kemudi pada kondisi tabrakah hebat, khususnya pada mobil yang tidak dilengkapi kantung udara atau airbags.

 

7. Memasang Sabuk Pengaman saat Mobil sudah Berjalan

 

Kejadian ini masih banyak terjadi, khususnya bagi orang yang tidak membiasakan diri menggunakan sabuk pengaman saat akan memulai perjalanan atau pada orang-orang yang hanya menggunakan sabuk pengaman saat melihat ada petugas polisi saja. Memasang sabuk pengaman sambil mengendarai mobil sangat berbahaya, karena mengurangi konsentrasi pada setir.

 

Apalagi pada kecepatan cukup tinggi, hal ini dapat menyebabkan mobil keluar jalur semestinya, pengemudi tidak menyadari menarik setir kekiri atau kekanan karena konsentrasi lebih terfokus pada memasang sabuk pengaman.

 

Hal lain yang biasa terjadi adalah pengemudi mencoba membantu penumpang di depan memasangkan sabuk pengaman sambil mengemudi. Hal ini lebih dapat merusak konsentrasi pengemudi terhadap lingkar kemudi dibanding memasang sabuk pengamannya sendiri.

 

Pasanglah sabuk pengaman sebelum menghidupkan mesin mobil dan pastikan semua penumpang sudah memasang sabuk pengaman sebelum sobat menjalankan mobil, sehingga perjalanan sobat lebih aman dari awal.

 
 

Yayan Abdhi
Pages: 1 2 3 4 5

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar