Cara Gunakan Sabuk Pengaman yang Harus Dihindari

Cara gunakan Sabuk Pengaman

 

4. Menggunakan berbagai Akesoris Tambahan pada Sabuk Pengaman

 

Sabuk pengaman di desain dengan ukuran tertentu dan dibuat dari bahan yang lembut, tapi tidak terlalu licin, sehingga tidak mudah tergelincir dari badan penumpang.

 

Penggunaan berbagai aksesoris yang hanya bertujuan untuk estetika pada sabuk pengaman dapat mengurangi daya cengkramnya ke tubuh pengguna saat terjadi tabrakan, sehingga memperbesar kemungkinan sabuk pengaman tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

 

Sebaiknya tidak perlu menambahkan aksesoris pada sabuk pengaman, karena sabuk pengaman bukanlah berfungsi untuk memperindah interior mobil, tapi merupakan peralatan keselamatan yang penting untuk difungsikan sebagaimana mestinya.

 

5. Tidak Memperhatikan Posisi Sabuk Pengaman di Badan

 

Posisi sabuk pengaman harus diperhatikan, yaitu tepat di bahu pengguna. Hal ini agar sabuk tersebut dapat menahan badan dengan maksimal dan tanpa menciderai penggunanya.

 

Pada orang yang tidak terbiasa menggunakan sabuk pengaman, biasanya posisi tersebut tidak begitu diperhatikan, atau dipasang sekenanya saja. Berikut posisi sabuk pengaman yang harus dihindari:

Terlalu tinggi, hingga posisi sabuk pengaman terlalu dekat dengan leher. Hal ini berpotensi menyebabkan cidera pada leher seperti memar atau bahkan tersayat pada saat terjadi kecelakaan.

Terlalu rendah, sehingga posisi sabuk pengaman melewati bahu pengguna. Kondisi tersebut akan membuat sabuk pengaman tidak dapat berfungsi untuk menahan badan pengguna, sehingga kepala pengguna masih berpotensi mengalami benturan keras dengan objek di depannya.

Sabuk pengaman yang menggulung atau melintir, sehingga mudah tergelincir atau dapat menciderai penggunanya saat menahan badan pengguna.

 

Yayan Abdhi
Pages: 1 2 3 4 5

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar