Daihatsu Cast Masuk Indonesia? Pendaftaran Diterima Kementrian Perindustrian

CaruserMagz.com – Di Jepang ada genre mobil yang disebut Kei-Car atau mobil super mungil, jenis mobil ini digemari di Jepang Karena kepraktisannya untuk masyarakat perkotaan. Salah satunya adalah Daihatsu Cast yang tampilannya cantik mengarah ke Mini Cooper.

 

Hatchback supermini dari Jepang Tersebut terdeteksi di website Kementrian Perindustrian pada halaman Tanda Pendaftaran Tipe Kendaran Bermotor (TPT). Berdasrkan informasi di website tersebut, Daihatsu Cast dinyatakan pendaftarannya atas nama PT. Perkasa Tama Mobilindo diterima oleh Kementrian Perindustrian dengan status pendaftaran “Selesai“.

 

Informasi tersebut mengindikasikan mobil kecil yang diluncurkan di Tokyo Motor Show 2015 Jepang ini, kemungkinan akan mengaspal di Indonesia. Hal tersebut sebenarnya sudah diutarakan oleh Daihatsu Jepang saat peluncurannya, seperti ramai diberitakan media Indonesia pada tahun 2015.

 

Berikut pernyataan Toshinori Edamoto, Senior General Manager dari Daihatsu Motor Corporation (DMC) di Kamakura, Jepang, sebelum acara uji berkendara untuk wartawan Indonesia pada akhir Oktober 2015 yang kami kutip dari oto.detik.com.

 

Saya tidak bisa bicara tentang kebijakan Daihatsu Indonesia, karena kami tidak memiliki wewenang. Tapi jika bicara secara umum tentang selera orang Indonesia, kami berpendapat Daihatsu Cast juga mempunyai potensi besar untuk diperkenalkan (di Indonesia). Orang Indonesia mempunyai selera tinggi.

 

Status Pendaftaran TPT Daihatsu Cast
Status Pendaftaran TPT Daihatsu Cast

 

Edamoto menambahkan:

Dan kalau Anda cermati, itu semua ada pada Cast, baik di varian Activa, Sporty, maupun Style. Tetapi tipe Style itu untuk segmen konsumen wanita, meski mesinnya juga dilengkapi turbocharger. Sedangkan Activa menggunakan mesin naturally aspirated.

 

Dari penampakannya, Daihatsu Cast dibuat mirip dengan Mini Cooper, desain lampu utama yang bulat, warna two-tone pada body dan bentuk desain secara keseluruhan.

 

Hanya saja mobil ini berdimensi lebih kecil dibanding MiniCooper, sesuai dengan segmen mobil ini di Jepang yang disebut kei car atau dalam istilah eropa biasa disebut supermini. Wajah mobil ini nampak berkelas dengan projektor head lamp yang dilingkari LED, ada fog light dan Daytime Running Light yang memperindah bumper depan.

 

Daihatsu Cast - Tampak Belakang
Daihatsu Cast – Tampak Belakang

Pada model yang dipamerkan pada Tokyo Motor Show 2015, bagian bokong mobil kecil ini cukup elegan dan dilengkapi fitur yang lengkap, seperti rear wiper, high mount stop lamp, sensor parkir dan aksen chrom yang manis.

 

Skirt berwarna hitam pada bagian samping, bumper depan dan belakang serta alloy wheel multi spoke dengan dua warna kontras menambah kesan sporty pada mobil ini.

 

Desain yang ditampilkan tersebut menunjukkan mobil ini bukanlah mobil murah. Hal itu terefleksi dari harga jualnya di Jepang, yaitu 1,22 Juta Yen atau sekitar 130 juta rupiah. Harga mobil di Jepang pada umumnya adalah 50% dari harga jual di Indonesia, jadi jika masuk ke Indonesia, kemungkinan harga mobil ini adalaj 260 Juta rupiah. apakah itu harga yang murah untuk mobil sekecil ini?

 

Mesin yang menggerakkan mobil ini sangat kecil, yaitu Mesin DOHC 660 cc, 3 silinder. Walau mesin tersebut kecil, namun bisa menghasilkan tenaga hingga 54 HP, karena mobil ini dilengkapi turbocharger.

 

Daihatsu Jepang mengklaim konsumsi bahan bakar mobil ini sangat hemat, yaitu sekitar 31 km/liter, cukup masuk akal, karena cc yang kecil dan turbo yang sangat efektif menghemat bahan bakar.

 

Menurut pemberitaan Otomotif.Kompas.com pada tanggal 30 Oktober 2015, Daihatsu Cast akan ditampilkan ada ajang GIIAS 2016 pada bulan Agustus mendatang. Hal ini dinyatakan oleh Direktur Marketing PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra.

 

Daihatsu memang sering memberikan kejutan yang menarik pada ajang-ajang otomotif internasional di Indonesia, seperti model konsep Daihatsu UFC, yang merupakan mobil konsep dari Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Mari kita tunggu kehadiran Daihatsu Cast pada GIIAS 2016.

 
Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar