Autolock-Central lock Pintu Mobil Tidak Berfungsi, ini Salah Satu Penyebab dan Cara Mengatasinya

CaruserMagz.com – Fungsi Autolock pada pintu mobil merupakan salah satu fitur keselamatan, yaitu pintu akan terkunci secara otomatis pada kondisi tertentu saat dibutuhkan pintu terkunci.

 

Misalnya pintu mobil otomatis terkunci saat mesin mobil dihidupkan, sehingga mencegah pintu dibuka oleh anak-anak yang berada di dalam mobil saat mobil mulai dijalankan.

 

Ada juga autolock by speed, yaitu pintu akan terkunci secara otomatis saat mobil dijalankan dan telah mencapai kecepatan  tertentu yang telah diseting, biasanya 20 km/jam.

 

Sistem komputer mobil secara otomatis memerintahkan motor penggerak kunci mobil berfungsi saat kecepatan yang telah diset tercapai.

 

Dalam artikel ini kami ingin berbagi pengalaman mengenai fitur autolock pintu mobil yang tiba-tiba tidak berfungsi. Dimana sistem mengunci pintu secara otomatis tidak lagi berjalan sebagaimana mestinya, begitu juga saat ingin mengunci pintu menggunakan remote keyless entry.

 

Karena fitur ini melibatkan kendali otomatis oleh Electronic Computer Unit (ECU) dan fungsi kelistrikan, bagi kita yang awam masalahnya akan terkesan rumit.

 

Padahal tidak semua masalah yang terjadi dengan kendali otomatis ini selalu terkait dengan kelistrikan dan sistem computer mobil, bisa juga karena masalah mekanis yang sebenarnya cukup sederhana. Sehingga bisa kita perbaiki sendiri.

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

13 thoughts on “Autolock-Central lock Pintu Mobil Tidak Berfungsi, ini Salah Satu Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • May 12, 2018 at 11:22 am
    Permalink

    Salam hormat, saya tertarik dgn artikel automatic lock door, kebetulan saya mengalami hal yang sama. Kunci otomatis berfungsi pada 15km/jam, namun sekarang tidak bisa lagi. Secara manual autolock masih berfungsi semuanya. Saya buka doortrim namun saya tidak mendapati kawat penggerak motor yang putus, semua normal. Kira2 apa yang harus saya lakukan? Bengkel resmi atau yg lumayan bagus di tempat saya belum ada.
    Kendaraan CRV 2008. Terima kasih sebeoumnya untuk jawabannya.

    Reply
    • May 13, 2018 at 1:11 am
      Permalink

      Jika tidak ada masalah dengan sistem mekanis, Kemungkinan ada masalah di sistem komputernya. Bagusnya memang ke bengkel resmi Honda, biar didiagnosa masalahnya dgn komputer mereka.

      Reply
  • June 24, 2018 at 8:17 am
    Permalink

    Terima kasih, berguna untuk semua yang membaca artikel ini, dan saya juga mau tanya bagaimana cara membuka pintu belakang sebelah kiri terkunci tidak dapat dibuka dari luar maupun dari belakang, untuk grand livina ultimate.
    Terima kasih
    Edi W

    Reply
    • June 24, 2018 at 9:56 am
      Permalink

      Jika tidak bisa dibuka dari dalam saja, kemungkinan kunci ‘Child Lock’ nya aktif. Namun jika tidak bisa dibuka dari setiap tuas pembuka, sebaiknya di bawa ke bengkel pintu mobil, kemungkinan ada komponen mekanis yang rusak dan harus diganti.

      Reply
  • July 27, 2018 at 2:34 am
    Permalink

    Mobil saya avanza 2008
    Remote mobil hilang..kemudian saya menggunakan anak kunci,tp kenapa ya pintu mobil nya tidak bisa terkunci dari luar menggunakan anak kunci?

    Reply
    • July 27, 2018 at 3:15 am
      Permalink

      Sebaiknya di bawa ke bengkel khusus Pintu mobil.
      Itu ada masalah mekanis di sistem kunci manualnya.

      Reply
  • July 29, 2018 at 1:52 am
    Permalink

    Salam Hormat,

    Mobil saya avanza 2012, mau nanya seperti biasanya saya lock Mobil saya dengan menggunakan remote, Tiga pintunya terkunci namun pintu depan supir nya tidak,
    Mohon pencerahan nya.

    Terimakasih

    Yoyo

    Reply
    • October 18, 2018 at 7:22 am
      Permalink

      kok kebalikannya dari mobil saya mas Yoyo, kita tukeran mobil aja yuk,,,hehhehe

      Reply
  • October 17, 2018 at 3:00 pm
    Permalink

    Mobil saya kia rio 2012 knp yah klw saya dalam kabin trus sy kunci pintu masih bisa ke buka tanpa harus tekan tombol buka padahal udah di kunci,itu di semua pintu, Tp kalau sy kunci dari luar mash mengunci secara normal,kira2 masalahnya apa yah?

    Reply
    • October 17, 2018 at 10:45 pm
      Permalink

      mengunci dari luarnya pake remot apa pake anak kunci mas?
      trus saat mengunci dari dalam, dengan menekan tombol kunci di dekat handel bukan?

      Apakah autolocknya berfungsi dengan baik? saat mobil dihidupkan dan berjalan, pintu akan mengunci sendiri jika autolock masih fungsi.

      Reply
  • October 18, 2018 at 7:16 am
    Permalink

    All New Kia Picanto, untuk mengunci semuanya normal baik dari pintu maupun pake remote, auto locknya juga normal, saat mobil mulai jalan, sampai saya menginjak rem untuk pertama kalinya, semua pintu terkunci secara otomatis.
    Masalahnya , untuk unlock, baik itu saat mesin dimatikan , ataupun pake remote,, yang terbuka hanya pintu pengemudi saja, yang lainnya tetap terkunci , dan bisa dibuka secara manual satu per satu, demikian juga pintu bagasi, baru bisa dibuka pada posisi pintu seblh kiri posisi unlock.
    pertanyaan : apakah masalahnya? ( saya sempat ganti modul doorlock nya ) hasilnya tetap sama, saya pasang kembali bawaannya sambil berdoa ada perubahan , ternyata doa saya tidak dikabulkan.
    mohon pencerahan

    Terima kasih

    Reply
    • October 18, 2018 at 9:44 am
      Permalink

      kemungkinan masalah di sistem komputernya, karena fungsi otomatis yang masalah. Coba ke bengkel resmi, biar didiagnosa pake alat di bengkel.

      Reply

Tulis Komentar