Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Baru di Akhir Tahun, Apa Untung Ruginya?

Kelebihan Kekurangan Beli Mobil Baru di Akhir Tahun
CaruserMagz.com – Di akhir tahun, rayuan penjual mobil dari berbagai merek kian gencar. ATPM mobil begitu royal di akhir tahun dengan menyediakan banyak bonus dan diskon. Sehingga tak sedikit masyarakat yang menjadikan momen tersebut sebagai saat yang tepat untuk membeli mobil baru.

 
Rayuan pada konsumen tersebut dapat berupa potongan harga hingga puluhan juta rupiah, voucher belanja aksesoris mobil, bonus aksesoris yang bervariasi, hingga bonus traveling bernilai jutaan rupiah.

 
Hampir semua dealer resmi dari berbagai brand mobil mengumumkan bonus dan diskon yang menggoda melalui laman resminya atau salesnya, terutama brand yang menyediakan mobil rakyat untuk kalangan ekonomi menengah ke bawah.

 
Lalu apa saja keuntungan dan kerugian membeli mobil baru di akhir tahun? Benarkah berbagai bonus dan kemudahan mengeluarkan mobil dari showroom tersebut menguntungkan konsumen? mari kita bedah disini.

 

Keuntungan Beli Mobil Baru di Akhir Tahun

 

1. Diskon atau Potongan Harga

Hal yang paling menggiurkan pada akhir tahun adalah potongan harga yang gila-gilaan, baik untuk pembelian secara kredit atau cash. Berbagai merek menjanjikan diskon atau potongan harga dari belasan hingga puluhan juta.

Terutama untuk jenis mobil Low MPV, Low SUV, LCGC dan Hatchback. Misalnya dari angka Rp. 15 Juta hingga Rp. 35 Juta. Apalagi jika pembelian secara kredit, biasanya ada pilihan apakah potongan tersebut dikurangi dari Down Payment (DP) atau mengurangi jumlah cicilan per bulannya.

 

2. Kemudahan Proses Pengurusan Kredit

Karena dealer mengejar target menghabiskan stok mobil yang diproduksi pada tahun tersebut, maka semua proses pembelian secara kredit akan dikebut, sehingga approval kredit oleh lising atau bank biasanya jadi lebih mudah, karena disupport full oleh tenaga penjual dari dealer yang bersangkutan.

 

3. Pilihan Bonus Aksesoris

Bonus berupa pilihan aksesori yang lebih banyak biasanya juga mengiringi promo akhir tahun. Sehingga konsumen bisa memilih aksesoris apa saja dari sejumlah limit angka yang diberikan oleh sales. Akesesoris tersebut dapat berupa kaca film, tambahan body kit, dan lain sebagainya.

Lebih lengkap contoh aksesoris yang biasa jadi bonus untuk mobil baru, bisa sobat baca di artikel kami sebelumnya: Aksesoris Bonus Mobil Baru.

 

4. Voucher Belanja atau Bonus Lainnya

Rayuan lainnya dari para sales mobil di akhir tahun adalah bonus berupa voucher belanja di dealer bersangkutan atau sponsor yang bekerjasama dengan dealer yang bersangkutan.

Bonus lain juga bisa berupa premi asuransi gratis dari perusahaan asuransi, voucher bahan bakar gratis di SPBU tertentu, gadget seperti tab dan smartphone, hingga bonus traveling wisata dengan jumlah tertentu, dan lain sebagainya.

 

5. Service dan Suku Cadang Gratis

Hal umum lainnya adalah keistimewaan dalam hal service rutin kendaraan yang dibedakan dari pembelian reguler di bulan lain selain November dan Desember. Misalnya jika biasanya gratis hanya sekali, menjadi 3 kali. Atau gratis hingga ke oli dan suku cadang, atau bahkan gratis suku cadang, cairan hingga biaya jasa seperti yang disediakan Mitsubishi.

 

Kerugian Beli Mobil Baru di Akhir Tahun

 

1. Mobil Tahun Lama

Diskon dan bonus yang begitu menggoda biasanya disediakan untuk konsumen yang membeli mobil keluaran tahun yang bersangkutan, bukan untuk inden model tahun berikutnya. Untuk inden keluaran tahun berikutnya biasanya bonus dan diskonnya tidak sebanyak untuk tahun terkait.

Jadi walau membeli mobil baru, konsumen mendapatkan mobil yang tidak benar-benar baru, melainkan mobil stok tahun tersebut yang masih belum laku. Sehingga tetap terhitung sebagai mobil tahun lama saat menerima unit di awal tahun depannya.

 

2. Nilai Jual Kembali

Berkaitan dengan poin nomor 1 di atas, karena saat menerima unit di awal tahun berikutnya mobil tersebut telah terhitung berumur setahun jika berkaitan dengan nilai jual kembali (resale value). Sehingga penurunan harga di tahun ke-4 penggunaan, akan sama dengan penurunan harga selama 5 tahun. Karena pembeli akan tetap mengacu pada tahun produksi, bukan tahun pembelian.

Namun bagi sobat yang tidak memperdulikan nilai jual kembali, tentu hal ini tidak menjadi masalah. Hanya saja nilau jual kembali biasanya cukup jauh perbedaannya walau beda angka setahun.

 

3. Model Generasi Lama

Pada mobil yang akan keluar generasi atau model baru, misalnya Toyota Avanza 2018 biasanya akan didiskon puluhan juta pada akhir tahun, karena pada awal tahun 2019 Avanza model baru akan diluncurkan. Sehingga pembeli Avanza model lama di akhir tahun 2018 akan mendapatkan mobil lama berstatus mobil baru.

Jadi kerugiannya adalah pada fitur-fitur yang tidak sebanyak model baru, tampilan model lama yang tidak seaktraktif model baru dan berbagai kelebihan model baru lainnya yang tidak ada pada model lama. Namun itu wajar untuk diskon harga yang didapatkan.

 

4. Pengiriman Unit Lama karena Masa Libur

Bagi pembeli yang membeli di bulan Desember, waktu pengurusan surat-surat akan lebih lama karena adalanya waktu libur panjang dimana banyak pekerja instansi perizinan terkait dan karyawan lising maupun dealer bersangkutan mengambil jatah cuti panjang.

Lamanya pengurusan surat-surat tersebut mengakibatkan lama juga unit dikirim ke konsumen. Sehingga biasanya konsumen yang memesan di akhir Desember, baru akan mendapatkan unitnya pada awal tahun berikutnya. Jadi mobil barunya tidak dapat digunakan untuk liburan.

 
Baca juga:
Promo Menggiurkan Akhir Tahun 2018 Berbagai Merek Mobil
Mitsubishi Xpander banjir Bonus di aKhir 2018

 
Demikianlah beberapa untung rugi beli mobil baru di akhir tahun. Bagi sobat yang mengincar potongan harga besar, ini adalah momen yang tepat untuk membeli mobil baru. Berbagai kekurangan atau kerugiannya bisa diabaikan karena bagi sobat yang berprinsip yang penting punya mobil baru, walau bukan model terbaru.

Yayan Abdhi
Share

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

You may also like...

Tulis Komentar