Apa saja Bonus Beli Mobil Baru? Ini Daftar Aksesoris yang biasa jadi Bonus saat Beli Mobil

CaruserMagz.com“Beli mobil baru, biasanya dapat bonus apa saja?” Itu pertanyaan yang banyak disampaikan calon konsumen pada sales mobil. Sekecil apapun, bonus adalah hal yang disukai oleh konsumen saat belanja. Terkadang bukan karena harganya, tapi nilai psikologis hadiah atau barang yang seharusnya dibeli didapat secara gratis.

 
Sudah lazim bagi sales mobil untuk menjadikan bonus aksesoris sebagai salah satu andalan saat menawarkan jualannya pada calon konsumen.

 
Namun ternyata bonus yang bisa ditawarkan bukan hanya aksesoris, melainkan bisa juga berbentuk diskon atau cash back, premi asuransi kendaraan, dan lain sebagainya.

 

Berikut hal-hal yang biasanya ditawarkan sales mobil sebagai bonus saat konsumen membeli mobil baru:

 
Door Visor – Aksesoris yang juga sering disebut talang air ini biasanya sudah menjadi menu wajib bonus saat sobat membeli mobil baru. Karena ini adalah aksesoris yang harganya relatif murah.

 
Kaca Film – Pelapis kaca yang berfungsi menahan panas atau juga agar penumpang tidak begitu terlihat dari luar ini, juga paling sering ditawarkan sales mobil untuk menarik minat pembeli. Namun jangan berharap mendapatkan kaca film premium karena pada umumnya kaca film yang dijadikan bonus adalah tipe standar. Jika sobat ingin menggunakan kaca film premium, sebaiknya tolak bonus tersebut dan mintalah diganti dengan bonus lain.

 
Karpet – Alas lantai juga biasanya jadi aksesoris yang sering ditawarkan, namun juga jangan berharap mendapat karpet berkualitas tinggi, namanya juga bonus, sehingga biasanya tipe dan merk yang relatif murah.

 
Cover Jok – Bagi mobil yang kursinya masih dibalut bahan fabric, sering juga ditawarkan dengan bonus pelapis jok. Namun biasanya bukan cover permanen berbahan kulit atau kulit sintesis karena itu tentu mahal harganya, melainkan cover jok yang hanya menjadi pelapis, sehingga sering juga disebut sarung jok.

 
Mud Guard – Aksesoris yang berfungsi menahan semburan lumpur dari roda ke body mobil ini juga bisa diminta sebagai bonus. Mud guard dipasang di belakang setiap roda sehingga total ada 4 unit.

 
Aksesoris after Market Resmi – Pada beberapa mobil yang berharga relatif mahal, misalnya Rp 400 Juta hingga 1 Milyar, beberapa aksesoris resmi juga ditawarkan sebagai paket bonus tanpa biaya tambahan. Antara lain:

  • Rear Spoiler – Bukan hanya mempercantik tampilan mobil, aksesoris ini juga membantu kestabilan mobil karena menambah downforce.
  • Muffler cutter – Garnish pada ujung kenalpot membuat mobil tampak lebih mewah.
  • Garnish Krom – Beberapa garnish krom juga ditawarkan sebagai bonus, seperti untuk handle pintu, list pada kaca samping, dan lain sebagainya.
  • Shark pin antenna – Jika beruntung, aksesoris untuk mempercantik tampilan mobil ini kadang juga ditawarkan sebagai bonus.
  • Aksesoris resmi lainnya, seperti side body molding, door sill guard, Lampu LED-DRL dan lain sebagainya.

 
Premi Asuransi – Pada sebagian dealer mobil yang bekerjasama dengan asuransi kendaraan, diskon premi asuransi juga kadang ditawarkan sales mobil untuk menarik minat pembeli.

 
Diskon/Cash back – Pada mobil-mobil model lama atau stok lama di dealer biasanya ditawarkan dengan bonus berupa diskon yang besar hingga puluhan juta rupiah. Kondisi lain yang biasanya ada diskon berupa cash back adalah jika membeli secara kredit, bonus cashback tersebut disediakan oleh lising. Namun jangan sampai tertipu trik perusahaan lising, teliti formasi angsuran per bulannya, bisa jadi seolah-olah diberi diskon cashback, namun angsurannya lebih mahal dari seharusnya.

 
Baca juga:

 
Itulah beberapa hal yang biasanya bisa kita dapatkan sebagai bonus saat membeli mobil baru. Namun jangan berharap mendapatkan semuanya, karena biasanya hanya beberapa saja yang ditawarkan oleh sales mobil. Pandai-pandailah bernegosiasi dengan sales, sebaiknya ketahui dahulu harga dari masing-masing aksesoris tersebut agar mendapatkan yang terbaik.

 
Jika sobat mengetahui ada beberapa aksesoris atau bonus lainnya yang biasa ditawarkan sales mobil, jangan ragu untuk berbagi pada pembaca lain dengan menuliskannya pada kolom komentar artikel ini.

 
Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *