CaruserMagz.com

Blog Otomotif Mobil & Motor Indonesia

Honda HRV Generasi BaruJanuary 20, 2021

HRV Generasi Baru Debut Global 18 Februari 2021

CaruserMagz.com – HRV generasi baru telah dikonfirmasi oleh Honda akan debut global pada 18 Februari 2021. Honda memberi sedikit bocoran gambar siluet bokong HR-V Generasi baru ini, termasuk memberitahu bahwa HRV 2021 akan mulai dielektrifikasi dengan powertrain hybrid.

Pertanda itu diumumkan dengan emblem e:HEV pada bokong HRV generasi baru tersebut. Emblem ini sudah ada pada CR-V dan Jazz Hybrid yang berarti HR-V baru ini juga akan menggunakan teknologi powertrain yang sama.

Bocoran Gambar Resmi Honda HRV Generasi-3 2021
Bocoran Gambar Resmi Honda HRV Generasi-3 2021

Emblem ‘e:’ mempertegas bahwa ini adalah mobil listrik, dan HEV merupakan singkatan ‘Hybrid Electric Vehicle‘ yang menandakan bahwa ini bukanlah mobil listrik sepenuhnya, namun merupakan kombinasi dari mesin bakar dan motor listrik.

Mengenai model penampakannya, belum pernah ada gambar resmi dari Honda, namun banyak media dan desainer digital mobil yang mereka dengan detail dari foto-foto tangkapan kamera saat HR-V generasi-3 ini diuji jalan dalam balutan kamuflase.

Bentuknya masih mengusung desain coupe crossover. Namun sepertinya terlihat sedikit lebih dewasa dengan garis-garis membulat dan ukuran yang sedikit membesar.

Honda HRV Generasi Baru - Reka Digital
Reka digital Honda HRV Generasi Baru

Jika tidak berbeda dari powertrain hybrid milik Jazz e:HEV, maka HR-V gen-3 ini akan menggunakan mesin 1,5-liter DOHC i-VTEC yang dikoneksikan dengan 2 motor listrik yang ditenagai baterai lithium-ion. Sistem tersebut dihubungkan ke roda penggerak depan melalui transmisi gigi tetap tunggal.

Semua sistem tersebut bekerja secara harmonis dan diklaim memberikan kehalusan dan kenyamanan yang lebih baik bahkan dibanding transmisi CVT. Selain itu, sistem hybrid dan transmisi tunggal menghasilkan efisiensi bahan bakar yang juga lebih baik.

Jika sama dengan mesin Jazz e:HEV, maka powertrain HRV baru ini akan memiliki output 109 ps dan torsi 253 Nm. Kemungkinan lain, varian tertinggi HRV 2021 akan menggunakan powertrain yang sama dengan CR-V e:HEV, yaitu mesin bensin i-VTEC 2.0-liter bertenaga 184 ps dan torsi 315 Nm.

Pada Jazz, powertrain hybrid ini menghasilkan performa 9,4 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari diam, sementara pada Honda CR-V dengan mesin dan bobot kendaraan yang lebih besar, performanya adalah 8,8 detik.

Spesifikasi Powertrain Honda Jazz e-HEV
Spesifikasi Powertrain Honda Jazz e-HEV – Sumber: NortonWay.com

Baca juga: Prediksi Mobil Baru 2021 Meluncur di Indonesia

Elektrifikasi model-model global merupakan keharusan bagi pabrikan otomotif, karena peraturan emisi di berbagai negara yang mulai makin ketat. Apalagi jika ingin tetap eksis di pasar Eropa yang mulai melarang mobil diesel dan terus meningkatkan standar emisi kendaraan.

Honda sendiri telah menghentikan penjualan HR-V generasi kedua di beberapa negara Eropa, karena tidak lagi memenuhi peraturan emisi baru Eropa yang mulai diterapkan mulai tahun 2021.

Di Indonesia sendiri, marak dikabarkan bahwa Honda HRV generasi baru akan diluncurkan pada tahun 2021 ini juga. Sangat mungkin varian bermesin hybrid juga hadir di tanah air, mengingat beberapa merek sudah menghadirkan HEV semisal Toyota dengan C-HR dan Corolla Cross, serta Nissan dengan Kick e-Power.

Yayan Abdhi

Tulis Komentar