CaruserMagz.com

Blog Otomotif Mobil & Motor Indonesia

Prediksi Mobil Baru 2021 IndonesiaDecember 17, 2020

Prediksi Mobil Baru 2021. Ada Avanza Next-Gen, Wuling Victory, dan Deretan SUV Canggih

CaruserMagz.comApa saja mobil baru 2021 yang akan diluncurkan? Tahun 2021 diharapkan menjadi tahun kebangkitan pasar otomotif di seluruh dunia, setelah terpuruk di tahun 2020 akibat wabah Covid-19 oleh virus Corona.

Di akhir tahun 2020 ini, telah banyak kabar mengenai mobil baru yang akan diluncurkan pada tahun 2021. Baik model yang benar-benar baru, maupun sekedar penyegaran facelift. Beberapa diantaranya dikabarkan seharusnya sudah meluncur di tahun 2020, namun tertunda karena wabah Covid-19.

Diperkirakan juga, 2021 adalah tahun SUV baru di Indonesia, karena akan banyak mobil berjenis SUV atau Crossover yang diluncurkan. Khususnya sub-kompak SUV canggih yang mulai menggusur segmen sedan dan medium hatchback.

Berikut Ringkasan prediksi mobil baru 2021 yang akan diluncurkan:

No.Mobil Baru 2021SegmenKeterangan
1Toyota AvanzaLMPVGenerasi Baru
2Daihatsu XeniaLMPVGenerasi Baru
3Toyota RaizeSub-Compact SUVModel Baru
4Daihatsu RockySub-Compact SUVModel Baru
5Nissan MagniteSub-Compact SUVModel Baru
6Renault KigerSub-Compact SUVModel Baru
7Hyundai KretaSub-Compact SUVModel Baru
8Toyota Yaris CrossCompact SUVModel Baru
9Suzuki Vitara BrezzaCompact SUVGenerasi Baru
10Hyundai PalisadePremium SUVModel Baru
11Mitsubishi Pajero SportMedium SUVFacelift
12Honda CR-V TurboMedium SUVFacelift
13Honda City HatchbackMedium HatchbackModel Baru
14Wuling VictoryMedium MPVModel Baru

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2021

Avanza dan Xenia adalah Low MPV kembar yang sudah lama tidak berubah generasi. Kabarnya mobil yang lama bergelar mobil terlaris di Indonesia ini akan segera berubah ke generasi-4.

Hal itu cocok dengan siklus perubahan generasi mobil Toyota dan Daihatsu yang biasanya 6 tahun, karena Avanza generasi ke-3 hadir pada 2014 silam, artinya sudah semestinya Avanza berganti generasi.

Kabar yang santer di dunia maya adalah bahwa Avanza dan Xenia gen-4 akan berbasis mobil konsep prototipe bernama DN-Multisix yang muncul pada gelaran GIIAS 2017 silam.

Toyota Avanza 2019 - Daihatsu DN-Multisix Concept
Daihatsu DN-Multisix Concept

Kabarnya lagi, bahwa kembaran LMPV Astra Daihatsu Motor ini akan berganti sistem roda penggerak dari RWD ke FWD. Benarkan ADM akan mengganti kesakralan RWD pada mobil andalannya tersebut? Belum ada klarifikasi resmi dari petinggi kedua merek.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Kabar mengenai grup Toyota akan menghadirkan kembaran SUV kompak berharga murah sudah berhembus sejak akhir 2016. Apalagi setelah kembaran Raize-Rocky hadir di Jepang, rumor yang dihembuskan media Indonesia kian kencang.

SUV sub-kompak kembar tersebut diperkirakan mengaspal di Indonesia tahun depan. Dikabarkan keduanya akan bersaing dengan Kia Sonet dan Nissan Magnite, namun ada juga rumor keduanya akan mengambil segmen lebih di bawah sehingga harganya akan lebih terjangkau.

Mobil Baru 2021 - Toyota Raize dan Daihatsu Rocky - Kembar sub-compact SUV
Toyota Raize dan Daihatsu Rocky – Kembar sub-compact SUV

Hal itu sesuai dengan pernyataan Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, terkait kemungkinan Toyota menghadirkan sub-compact SUV, pada Desember 2016 silam.

Sederhananya begini, Toyota kan berkembang dari market MPV dulu, makanya yang entry itu kami masuk ke sana dulu dan kami lihat, tapi kalau keinginan (membuat SUV entry level), semua juga mau karena marketnya gemuk itu. Ya lihatlah nanti, apakah akan main ke SUV entry level. Tapi yang jelas Toyota sudah melihat LCGC SUV itu belum ada pemainnya,” ujar Fransiscus (12/2016).

Nissan Magnite

Nissan Magnite sudah dipastikan masuk Indonesia oleh ATM resmi Nissan, PT NMDI. Sub-Compact SUV ini adalah lawan langsung dari Kia Sonet yang lebih dulu hadir pada tahun 2020. Pesaingan Magnite vs Sonet di Negeri asalnya, India cukup ketat dan heboh.

Nissan Magnite Indonesia segera hadir - Desember 2020
Nissan Magnite Indonesia hadir Desember 2020

Magnite hadir dengan desain cakep futuristis dan bertabur teknologi canggih dalam hal-hal fiturnya. Dikabarkan Magnite akan resmi meluncur pada akhir Desember 2020 dan mulai dijual pada awal 2021. Namun spesifikasinya untuk versi Indonesia belum dibuka hingga artikel ini kami rilis.

Renault Kiger – Mobil Baru 2021

Sebagai salah satu brand penting di India, Renault tidak mau ketinggalan untuk memasuki hebohnya pasar sub-compact SUV di negara-negara berkembang. India menjadi basis produksi untuk mobil jenis ini dari berbagai merek, termasuk Nissan Magnite, Kia Sonet dan Hyundai Creta.

Honda City Hatchback - Mobil Baru 2021 - Renault Kiger - Sub-Compact SUV Concept
Renault Kiger – Sub-Compact SUV Concept

PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) sudah memastikan akan membawa Renault Kiger ke Indonesia pada tahun 2021 mendatang. Meskipun mobil ini baru diumumkan model konsepnya di India. Kiger akan meramaikan pertarungan sub-compact crossover, termasuk melawan Toyota Raize jika jadi masuk Indonesia.

Hyundai Creta

Jika ada model Kia, biasanya ada model dengan platform yang sama dari brand Hyundai. Kembaran jiwa Kia Sonet dari Hyundai bernama Creta, Sub-compact SUV yang secara fitur lebih canggih dari Sonet. Secara desain Creta sangat berbeda dari Sonet yang membulat, Creta lebih bergaris-garis tajam dan lebih cenderung mengotak.

Hyundai Creta SUV
Hyundai Creta SUV

Hyundai Creta sudah dijual di India dengan mesin yang lebih bertenaga dari Kia Sonet, yaitu mesin bensin 1.6-liter bertenaga 123 PS. Tersedia juga pilihan mesin diesel 128 PS 1.6-liter U2 CRDI turbodiesel. Ada juga varian bermesin lebih kecil turbodiesel 1.4-liter. semua tipe tersebut dibekali dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

Toyota Yaris Cross

Toyota Yaris Cross dikabarkan akan hadir di Indonesia pada tahun 2021 untuk membersamai versi hatchbacknya yang disebut akan disuntik mati pada tahun 2022. Yaris Cross akan menggantikan eksistensi Yaris Hatchback yang ada sekarang.

Toyota Yaris Cross Diluncurkan Pertama kali
Toyota Yaris Cross

Toyota Yaris Cross adalah compact SUV yang akan bersaing dengan Honda HR-V, Kia Seltos dan Mazda CX-3 di Indonesia. Crossover ini sudah menggunakan platform TNGA yang terkenal nyaman dan fun-to-drive layaknya Toyota C-HR dan Corolla Cross.

Secara fitur, mobil ini juga dikabarkan akan cukup canggih. Bahkan kemungkinan besar akan ada versi hybrid mengingat Toyota mulai mengelektrifikasi model-modelnya sejak tahun 2020, khususnya mobil yang menggunakan platform TNGA.

Suzuki Vitara Brezza

Rumor tentang come-back medium SUV Suzuki Vitara ini sudah lama berhembus, namun hingga tahun 2020 kabar itu tak kunjung menjadi nyata. Tahun 2021, Vitara kembali dikabarkan akan masuk Indonesia, namun disebut akan hadir sebagai kompak SUV atau sub-compact SUV dengan nama Suzuki Vitara Brezza.

Suzuki Vitara Brezza
Suzuki Vitara Brezza

Namun lagi-lagi tidak terdengar pernyataan resmi dari PT Suzuki Indomobil Sales mengenai isu ini, sehingga kemungkinannya belum begitu bisa dipastikan.

di India, Suzuki Vitara Brezza ditawarkan dengan mesin 1.5L berkode K15B yang menghasilkan tenaga 103 Hp serta torsi maksimal 138 Nm. Mesin yang sama dengan Suzuki Ertiga.

Hyundai Palisade

Dikabarkan akan diluncurkan di Indonesia pada tahun 2021, ternyata Hyundai Palisade telah resmi dijual sejak 16 Desember 2020. Modelnya di Indonesia tetap berlabel 2021, karena baru mulai dikirim ke konsumen pada tahun depan.

Hyundai Palisade - Full Size Premium SUV
Hyundai Palisade – Full Size Premium SUV

Palisade adalah SUV terbesar Hyundai saat ini. Ini adalah premium SUV besar yang menawarkan kemewahan large SUV sekelas Lexus LX 570, Toyota Land-Cruiser, Mercedes-Benz GLS dan BMW X7. Namun harganya jauh lebih murah dengan rentang Rp 700 juta hingga 1 M. Di Indonesia, SUV ini disediakan dalam 3 tipe kemewahan, yaitu Prime, Signature dan Signature AWD.

Mitsubishi Pajero Sport Facelift 2021

Pajero Sport Facelift telah hadir di negara kawasan Asia Tenggara, tepatnya di Thailand. Kabarnya, Indonesia mendapat giliran menghadirkan Mitsubishi Pajero Sport versi anyar tersebut pada tahun 2021. Namun belum ada keterangan resmi dari PT MMKSI selaku ATPM Mitsubishi di tanah air.

Mitsubishi Pajero Sport Facelift
Mitsubishi Pajero Sport Facelift

Penampakan Pajero Sport facelift 2021 ini bukan rahasia lagi. Perubahannya pada tampilan wajah dengan konstruksi lampu baru disebut sebagai Advanced Dynamic Shield Concept (ADSC). Di Indonesia, fasia ini telah hadir pada wajah Mitsubishi Triton 2020. Selain itu, fitur-fitur mendapat tambahan dan ada varian dengan instrument cluster full digital.

Honda CR-V Facelift – Mobil Baru 2021

Sebelumnya CR-V Facelift dikabarkan meluncur pada tahun 2020, namun hingga pnghujung Desember tidak juga terwujud. Ternyata peluncuran CRV facelift terjadi di Malaysia. Dikabarkan peluncuran CR-V Facelift Indonesia semula direncanakan pada ajang GIIAS 2020 yang dibatalkan karena wabah Covid-19.

Sehingga diduga kuat, CR-V facelift akan hadir di Indonesia pada tahun 2021. Jika belum juga, maka akan makin ketinggalan mengingat Toyota Fortuner telah bersolek dan ancaman Wuling Almaz tidak lagi bisa dianggap remeh oleh Honda.

Honda CR-V 2021 Facelift - Mobil Baru 2021
Honda CR-V 2021 Facelift

Perubahan Honda CR-V facelift merupakan minor change pada tampilan depan dan belakang yang dibuat lebih agresif, yaitu pada bumper. Sentuhan lainnya adalah pada desain spoke velg.

Kabar baiknya, Honda memperbaiki kualitas head unitnya yang banyak dikeluhkan beresolusi kurang baik. Selain itu, sistem hiburan tersebut telah terintegrasi dengan fitur navigasi, Apple CarPlay serta Android Auto. Sudah ada juga AC digital auto dan wireless charger.

Honda City Hatchback 2021

Santer kabar bahwa Honda City Hatchback akan hadir di kawasan Asia menggantikan Honda Jazz yang akan disuntik mati. Namun belum ada keterang resmi dari Honda Indonesia akan kebenaran rumor itu.

Honda City Hatchback - Mobil Baru 2021
Honda City Hatchback – Mobil Baru 2021

Honda City Hatchback kabarnya akan meluncur di Indonesia pada tahun 2021. Hatchback ini terlihat mengambil konsep mature seperti Kia Rio gen-4. Penampakannya sangat berbeda dari Jazz yang sporty, tapi lebih dewasa dan elegan.

Kabarnya City Hatchback akan lebih canggih dalam hal fitur kekinian, termasuk beberapa fitur dari paket Honda Sensing seperti Honda Lanewatch, rem parkir elektrik, serta fitur hiburan kekinian seperti Apple CarPlay dan Android Auto.

Wuling Victory – Mobil Baru 2021

Di urutan pamungkas daftar ini adalah Wuling Victory, Medium MPV asal China yang sangat ditunggu-tunggu penggemar merek Wuling. Gosipnya, atau mungkin diharapkan penggemarnya, bahwa mobil yang terlihat mewah ini dihadirkan di Indonesia tahun depan oleh PT SGMW Indonesia.

Wuling Victory - Tampak Depan
Wuling Victory – Tampak Depan

Wuling Victory diperkirakan menjadi kompetitor kuat untuk Toyota Innova di Indonesia. Dari ulasan oleh media dan YouTuber di China, mobil ini nampak berada pada kelas kemewahan yang lebih tinggi dibanding Innova, baik dari tampilan eksterior maupun kemewahan interior dan fitur-fiturnya. Wajar saja, mengingat MPV ini awalnya ditargetkan untuk menyasar pasar Eropa.

Interior Wuling Victory - Seperti Mobil Premium Eropa
Interior Wuling Victory – Modern seperti Mobil Premium Eropa
Yayan Abdhi

Tulis Komentar