CaruserMagz.com

Blog Otomotif Mobil & Motor Indonesia

Mercedes-Benz EQA - Entry Level EVJanuary 21, 2021

Mercedes-Benz EQA Diluncurkan, Inilah EV Termurah Mercy

CaruserMagz.com – Mercedes-Benz EQA 250 diluncurkan pada Rabu, 20 Januari 2020. Ini adalah Electric Vehicle (EV) terkecil dan termurah pada lineup mobil listrik Mercedes yang berkode EQ. Dengan kode huruf A, menunjukkan bahwa ini adalah mobil entry-level layaknya Mercedes GLA atau A-Class.

Benar saja, Mercedes menyatakan bahwa EQA dibangun berdasarkan model Mercedes GLA. Artinya mobil ini berjenis crossover layaknya EQC yang telah lebih dulu diluncurkan, dapat dikatakan bahwa EQA ini adalah anak bungsu dari line up EQ. Mercy juga telah mengungkap bahwa mereka akan meluncurkan model flagship dari line up EQ dalam waktu dekat, yaitu EQS yang akan menggunakan kokpit baru dengan MBUX Hyperscreen.

Mercedes-Benz EQA 250 - The Smallest Mercy EV
Mercedes-Benz EQA 250 – The Smallest Mercy EV

Mercedes-Benz EQA 250 dipersenjatai baterai Lithium-Ion 66,5 kWh yang menyuplai listrik ke motor bertenaga 187 HP (190 PS) dan torsi 375 Nm (276 lb-ft) di roda depan.

Mercedes menyediakan perangkat pengisi daya onboard 11 kW yang dilengkapi pendingin sebagai standar. EQA dapat diisi dengan output maksimum 100 kW di stasiun pengisian cepat DC. Pengisian daya dengan DC Fast-Charger hanya akan membutuhkan waktu 30 menit untuk mengisi dari 10% hingga 80%.

Baca juga: Interior Mercedes S-Class Terbaru Sangat Mewah

Mercedes EQA - Mobil Listrik Termurah Mercy
Mercedes EQA – Mobil Listrik Termurah Mercy

Dengan konfigurasi powertrain tersebut, Mercedes EQA diklaim mampu menempuh jarak hingga 426 km (264 mil) pada pengujian WLTP. Sedangkan dengan uji NEDC, EQA diklaim mampu menempuh jarak hingga 486 km (302 mil) untuk sekali jalan dari baterai penuh.

Namun Mercedes tidak berhenti disitu, pabrikan mobil mewah Jerman ini juga sedang mengerjakan pengembangan varian-varian lainnya dari model EQA. Varian yang lebih tinggi dikabarkan memiliki sistem penggerak All Wheel Drive (AWD) dan output tenaga hingga 268 hp, dan ada juga varian khusus yang memiliki jarak tempuh hingga 500 km (WLTP).

Penampakan bentuk keseluruhan EQA memang memiliki nuansa GLA. Perbedaan yang jelas tentu pada fasia depan dengan desain khas model EQ berupa grill palsu alias panel hitam glossy yang kemungkinan memuat berbagai sensor untuk fitur-fitur cerdasnya.

Mercedes EQA EV - Tampak Depan dan Belakang
Mercedes EQA EV – Tampak Depan dan Belakang

Kemudian ada banyak detail baru, seperti lampu yang serba LED, trip garis yang juga LED dan detail warna biru di banyak tempat. Bumper dan velg juga terlihat berbeda dari model GLA. Velg terlihat berwarna bronze tembaga untuk mempertegas nuansa EV, dan lebih padat sebagai fungsi aerodinamika.

Di dalam kabin juga demikian, nuansa GLA terasa kental dengan pola interior Mercy masa kini, misalnya ada layar 10.25 inci berteknologi MBUX, yang memuat 2 layar besar. Perbedaan terasa pada efek cahaya latar dan elemen trim.

Mercedes-Benz EQA -Interior Dashboard
Mercedes-Benz EQA -Interior Dashboard

Fitur navigasi EQA dihubungkan dengan pembaca kondisi baterai, sehingga sistem komputernya mampu merencanakan rute untuk pengisian daya. Canggihnya, fitur tersebut akan bereaksi juga secara dinamis terhadap kondisi jalan semisal hambatan dalam perjalanan, sehingga menyarankan rute perjalanan dan pengisian daya lebih presisi pada pengemudi.

Berbagai fitur keselamatan canggih berbasis sensor radar telah disematkan, semisal Active Parking Assist dengan kamera 360, Adaptive Cruise Control, Active Lane Keeping Assist, Active Brake Assist, dan lain sebagainya. Pada intinya fitur-fitur tersebut tidak hanya berfungsi memberi peringatan, tapi juga bersifat aktif mengambil alih kendali mobil jika sudah berada pada kondisi tertentu yang membahayakan.

Mercedes-Benz EQA - Intelligent Features
Mercedes-Benz EQA – Intelligent Features

Mercedes EQA 250 ini akan mulai dijual di Eropa pada quartal kedua tahun ini, yaitu pada Maret 2021. Harga varian termurah di Jerman akan mulai dari 38.540 euro atau sekitar Rp 660 jutaan.

Mobil ini akan menjadi alternatif bagi konsumen yang menginginkan EV mewah. Di pasar mobil listrik murni, Mercy EQA akan bersaing dengan Audi E-Tron, Hyundai Kona EV, Hyundai Ioniq, Jaguar i-Pace, Volkswagen ID4, Tesla Model-3, Tesla Model-Y, Volvo XC40 Recharge, BMW i3, dan lainnya.

Yayan Abdhi

Tulis Komentar