Menjelang Lebaran Harga Mobil Bekas Turun, Saatnya Beli Mobil Bekas untuk Mudik!

CaruserMagz.com – Saat bulan Ramadhan, musim mudik kian dekat dan para pemudik sedang menghitung hari untuk saat-saat yang dinanti. Bagi mereka yang berencana mudik dengan mobil baru, tentu sedang menanti kehadiran mobilnya atau bahkan ada yang masih berburu mobil impian baik mobil bekas atau mobil baru.

 
Kehadiran berbagai model baru pada tahun 2018 ini menjadi berkah tersendiri bagi peminat mobil bekas yang berencana membeli mobil sebelum lebaran. Karena terjadi persaingan ketat antar pabrikan yang berlomba menjual mobilnya, baik dengan model baru maupun perang diskon untuk model lama. Hal itu ternyata berpengaruh pada harga mobil bekas yang turun drastis.

 
Brand baru seperti Wuling yang menjual model-model dengan harga fantastis sedikit banyak ada pengaruhnya pada harga mobil bekas yang harus menyesuaikan. Karena dengan budget yang sama untuk membeli mobil bekas, konsumen bisa mendapatkan mobil baru dengan kualitas dan fitur yang luar biasa bagus, seperti Wuling Confero dan Cortez.

 
Di lain sisi, adanya LCGC 7-seater seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Datsun Go+ juga memberi alternatif pilihan bagi konsumen dengan anggaran terbatas untuk membeli mobil baru. Alhasil, pasar mobil bekas harus bersaing dengan segmen mobil murah tersebut yang lebih menggoda bagi sebagian orang.

 
Positifnya, bagi mereka yang ingin punya mobil dengan standar tinggi dari brand-brand mainstream diuntungkan dengan turunnya harga mobil bekas. Hasilnya, hingga pertengahan Mei 2018, jumlah mobil bekas yang terjual mengalami peningkatan. Contohnya di pusat showroom mobil bekas Mangga Dua Jakarta, terjadi peningkatan sebesar 15% selama bulan April – Mei 2018.

 
Sulit bagi pedagang mobil bekas untuk menaikkan harga, karena terjadi diskon besar-besaran pada mobil-mobil baru beberapa brand. Seperti Wuling Confero, Mitsubishi Xpander yang harus mempertahankan minat konsumen walau inden harus lama, dan model lama dari Suzuki Ertiga yang stoknya masih tersisa di dealer-dealer.

 
Adapun mobil bekas yang masih diburu konsumen, masih Avanza dan Xenia. Namun sudah mulai seimbang dengan permintaan terhadap LCGC bekas, yaitu Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

 
Baca juga:

 
Bagi kebanyakan calon pembeli mobil bekas di Jakarta, ternyata Cayla dan Sigra lebih menarik, karena harga jual bekasnya tentu lebih murah dari Avanza dan Xenia, tahun produksi dapat dipastikan lebih muda dan akomodasi 7 penumpang masih bisa didapatkan.

 
Misalnya Toyota Calya keluaran tahun 2016 bertransmisi otomatis, harga pasarannya hanya Rp 120 jutaan. Sedangkan Avanza dan Xenia bekas dengan usia pakai lebih lama, masih lebih mahal.

 
Bagi sobat yang sedang berburu mobil bekas, ini saat yang tepat untuk membeli mobil karena stok disiapkan pedagang lebih banyak dan terjadi penurunan harga yang signifikan. Semoga mendapat mobil terbaik.

 
Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar