Strategi agar Bisa Mudik Pake Mobil Baru, Tips Beli Mobil sebelum Waktu Mudik Tiba

CaruserMagz.com – Menjelang bulan Puasa, beberapa diantara kita mungkin sudah memikirkan bagaimana mudik lebaran tahun ini. Sarana apa yang akan kita gunakan untuk mudik. Ada yang sudah berburu tiket pesawat, kereta api atau bus akap. Bagi yang merantau ke kota besar atau ibu kota, tentu banyak yang ingin mudik dengan mobil pribadi.

 
Bukan hanya agar terlihat sukses di kampung halaman, karena sudah bisa mudik dengan mobil pribadi, tapi juga jika anggota keluarga cukup banyak, mudik dengan mobil prbadi bisa lebih nyaman dan lebih hemat biaya.

 
Lalu bagaimana agar bisa mudik dengan mobil pribadi atau mobil baru seminggu sebelum lebaran? Sementara hingga awal puasa ini belum diputuskan mobil apa yang akan digunakan atau dibeli.

 
Berikut beberapa strategi agar sobat bisa mudik dengan mobil baru atau minimal mobil bekas yang baru dibeli.

 

1. Cari Mobil baru yang unitnya tersedia di dealer/showroom

 
Jika sudah tersedia uang untuk membeli mobil dan sangat ingin membeli mobil baru, itu adalah kondisi ideal. Sobat tinggal berselancar di dunia maya untuk mencari informasi mobil apa saja yang harganya sesuai dengan anggaran. Kemudian dilanjutkan dengan berburu unit yang tersedia di dealer terdekat.

 
Hal yang tidak bisa dipilih jika membeli unit yang tersedia di dealer antara lain: varian tipe, dan tentunya pilihan warna.

 
Jika budget yg tersedia hanya sekitar 100 jutaan, mungkin beberapa mobil murah bergelar LCGC bisa sobat pertimbangkan. Antara lain, Suzuki Karimum Wagon-R, Datsun Go, Daihatsu Ayla atau yang lebih lega adalah Wuling Confero Tipe terendah.

 
Baca lebih lengkap disini: Pilihan Mobil Baru Harga 100 Jutaan di Indonesia.

 

2. Membeli Mobil secara Kredit dengan DP Rendah

 
Yang juga jadi masalah adalah jika budget terbatas, tidak mencukupi untuk membeli mobil impian. Padahal mobil yang diincar rasanya sulit diganti dengan mobil lain yang levelnya jauh di bawah.

 
Salah satu solusinya adalah membeli secara kredit dengan Down Payment (DP) sesuai budget yang tersedia. Namun tetap saja harus membeli unit yang tersedia di dealer agar tidak perlu menunggu inden yang lama, hingga lewat waktu mudik yang ditargetkan.

 
Namun kami tidak merekomendasikan cara ini, karena jika DP rendah, maka siap-siap saja angsuran bulanannya akan mencekik leher dalam waktu lama. Ini adalah salah satu cara instan saja, tapi bukan cara yang sehat untuk strategi keuangan sobat.

 

3. Beli Mobil versi Lama saat Sudah ada versi Generasi Baru atau Facelift

 
Saat keluar versi baru dari suatu mobil, otomatis stok mobil versi lama yang masih tersisa di dealer akan turun harga gila-gilaan untuk menghabiskan stok mobil tersebut secepatnya. Biasanya penurunan harga tersebut dalam bentuk diskon atau cashback yaya mencapai puluhan juta rupiah.

 
Nah bagi sobat yang merasa tidak mengapa membeli mobil baru dalam bentuk versi lama, ini adalah kesempatan untuk mendapatkan mobil impian dengan harga murah dan segera dapat keluar dari dealer untuk nantinya dipake mudik lebaran.

 
Untuk mobil di segmen low MPV yang punya versi baru pada bulan May 2018 ini adalah Suzuki All New Ertiga generasi kedua. Sehingga All New Ertiga generasi pertama yang tersisa di dealer resmi Suzuki, kemungkinan akan mendapat diskon besar-besaran.

 
Baca: Honda beri Diskon Besar-besaran untuk Habiskan Stok Model Lama

 

4. Membeli Mobil Bekas

 
Jika budget yang tersedia jaauh di bawah harga mobil baru, namun tidak ingin membeli secara kredit, atau tidak ingin membeli mobil LCGC karena kualitas dan fiturnya yang terbatas, maka membeli mobil bekas bisa jadi solusi yang paling memungkinkan.

 
Keuntungan membeli mobil bekas berkualitas baik adalah tidak perlu inden, karena unitnya bisa langsung dipilih dan dicek di showroom mobil bekas yang bersangkutan. Selain itu, tentu harganya jauh lebih terjangkau dibanding mobil baru.

 
Dengan harga yang jauh lebih murah, bahkan lebih murah dari mobil LCGC, sobat bisa menikmati mobil berkualitas tinggi, banyak fitur dan juga jauh lebih nyaman.

 
Hanya saja perlu ketelitian dan usaha yang lebih besar dalam memeriksa dan mengetes mobil bekas, untuk mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang masih baik.

 
Baca tips membeli mobil bekas berikut:

 

5. Rental Mobil

 
Jika punya uang yang benar-benar tidak cukup untuk membeli mobil, namun tetap ingin mudik dengan mobil pribadi. Atau ingin terlihat punya mobil pribadi, solusi terakhir adalah menyewa mobil rental.

 
Ada banyak penyedia mobil rental berkualitas di setiap kota provinsi. Namun sebaiknya sobat membooking mobil rental jauh hari sebelum hari H saat musim mudik tiba. Karena pastinya stok unit yang tersedia akan terbatas di musim mudik lebaran.

 
Harga sewa mobil per hari cukup bervariasi, tergantung jenis dan lama waktu rental yang sobat booking. Harga mobil rental berkisar antara Rp 300 Ribu hingga Jutaan per hari, tergantung jenis dan kelas mobil yang sobat sewa.

 
Baca juga:

 
Demikianlah beberapa strategi agar sobat bisa mudik dengan mobil pribadi atau mobil baru ke kampung halaman. Semoga tips yang kami berikan ini bermamfaat. Selamat memilih mobil impian.

 
Salam Otomotif!

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar