Perubahan Datsun Go dan Go+ Facelift 2018, Apa Bedanya dari versi Lama?

CaruserMagz.com – Datsun Go+ Facelift 2018 akhirnya resmi dihadirkan setelah 4 tahun mengaspal di Indonesia. Peluncuran MPV LCGC Datsun Go+ dan Hatchback Datsun Go dilakukan di Jakarta pada Senin, 7 Mei 2018. Menarik untuk disimak, apa saja perubahan Datsun Go+ Facelift 2018 yang membedakannya dari versi lama.

 
MPV dan hatchback LCGC ini akhirnya mendapatkan ubahan cukup signifikan yang membuatnya terlihat lebih modern. Perubahan bukan hanya facelift pada bagian eksterior, tapi juga pada interior yang membaik. Sehingga dapat dikatakan bahwa facelift 2018 ini adalah “Major Change”.

 
Pada versi Facelift 2018 ini, Datsun Go+ sebagai produk MPV berkonfigurasi 5+2 ternyata belum mendapatkan transmisi otomatis. Sangat disayangkan, karena verian otomatis sangat dibutuhkan masyarakat perkotaan untuk berjuang dengan kemacetan jalan raya. Namun Datsun punya pertimbangan sendiri tentunya.

 
Transmisi otomatis disediakan untuk varian hatchback, yaitu Datsun Go CVT yang menggunakan teknologi transmisi otomatis yang digunakan sama dengan Datsun Cross. Datsun mengumumkan bahwa varian Go CVT tersebut tidak termasuk skema LCGC.

 
Mari kita simak apa saja perubahan pada Datsun Go+ Facelift 2018 yang membedakannya dibanding Datsun Go+ versi sebelumnya:

 

EKSTERIOR

 

Dalam hal desain eksterior, sebenarnya bukanlah perubahan signifikan. Wajar saja karena ini adalah facelift, bukan merupakan peluncuran generasi baru. Namun perubahan yang dilakukan Datsun Indonesia cukup membuat mobil ini kian cantik dan menarik. Berikut hal-hal baru pada eksterior Datsun Go dan Go+ Panca 2018.

 

Wajah baru Datsun Go dan Go+ Facelift 2018
Wajah baru Datsun Go dan Go+ Facelift 2018 mengingatkan pada Konsep Datsun Go Live

Baca: Datsun Go Facelift 2018 berbasis Go Live Concept

 
Bumper Depan Baru – Secara keseluruhan, wajah Datsun Go dan Go+ 2018 ini memang masih sama dengan versi lama, namun bagian bumper mendapat revisi dengan grill bagian bawah dan foglamp housing baru yang diintegrasikan list plastik hitam bermotif carbon-fiber.

Foglamp LED-DRL Vertikal – Lampu kabut yang dulu adalah lampu halogen biasa diganti menjadi LED Daytime Running Light (DRL) dengan posisi vertikal. Dipadu dengan list krom dan motif carbon-fiber pada bagian bawah housing tersebut, memberi kesan kekininan dan tampilan yang lebih modern.

Body Aerokit – Tampilan LCGC ini menjadi lebih sporty dengan aerokit pada sekujur bagian bawah body-nya. yaitu pada bumper depan dan belakang, juga pada bagian samping. Pada bumper depan dan belakang berdesain difuser yang dihiasi garnish krom dan plastik hitam motif carbon-fiber.

Spion Elektrik dengan Lampu Sein – Spion Datsun Go dan Go+ kini sudah elektrik, bukan lagi spion hitam yang posisinya harus diatur secara manual.

Lobang Kunci di Pintu Bagasi – Jika pada versi lama pintu bagasi hanya bisa dibuka dengan tuas pada kabin pengemudi, kini sudah dilengkapi lubang kunci sehingga bisa dibuka dari pintu bagasi.

Wiper Belakang – Kekurangan pada versi sebelumnya juga diperbaiki dengan hadirnya wiper belakang, sehingga visibilitas ke belakang lebih baik saat hujan.

Velg Baru – Sepatu Datsun Go dan GO+ terlihat lebih proporsional dengan ukuran lebih besar 1 inci dari versi sebelumnya. Velg baru tersebut berukuran 14 inci dengan alloy-wheels berdesain spoke yang terlihat kokoh dan sporty. Ukuran Bannya adalah 165/70 R14.

Rear Spoiler Baru – Ubahan juga dilakukan Datsun pada rear spoiler yang tidak lagi flat, melainkan lebih sporty senada dengan bodykit pada bumper belakang.

 

Datsun Go+ Facelift 2018 - Tampak Belakang
Datsun Go+ Facelift 2018 – Tampak Belakang

 

INTERIOR

 

Perubahan signifikan terjadi di interior Datsun Go dan Go+. Banyak peningkatan dalam hal desain, kepraktisan dan fitur interior. Secara keseluruhan interior Datsun Go dan Go+ Facelift 2018 ini berbasis interior Datsun Cross.

 

Interior Datsun Go dan Go+ Facelift 2018
Interior Datsun Go dan Go+ Facelift 2018 berbasis interior Datsun Cross

 
Dashboard baru – Dengan basis yang sama persis dengan Datsun Cross, dashboard go dan Go+ terlihat lebih modern dengan kisi-kisi AC yang tidak lagi bulat di bagian tengah. Tidak lagi berkesan seadanya seperti pada Datsun Go versi lama. Berbeda dari dashboard Datsun Go yang berwarna single-tone full gelap, dashboard Datsun Go+ Panca 2018 dibuat dual-tone, yaitu gelap dan cerah beige, sehingga nampak lebih elegan.

Jok Depan terpisah oleh Konsol Tengah – Kursi depan tidak lagi seperti model mobil angkot, karena sudah dipisah oleh konsol tengah.

Kursi Depan Semi Bucket – Memberi kenyamanan pada penumpang depan dan pengemudi berkat desain kursi yang menopang penuh bagian belakang tubuh.

Pembalut Kursi dual tone – Pembalut kursi dari bahan fabric dengan warna dual-tone, yaitu abu-abu gelap dan abu-abu terang.

Rem Parkir – Nuansa angkot jadul juga dihilangkan Datsun dengan mengganti rem parkir model tarik dengan rem tangan model ungkit.

Glove Box – Di hadapan penumpang depan, tidak ada lagi ruang penyimpanan yang menganga, karena sudah diganti dengan glove-box berpenutup untuk membuat dashboard lebih rapi.

Power Windows semua Pintu – Tidak seperti versi sebelumnya yang masih menggunakan model engkol, kini power windows sudah ada pada semua pintu Datsun Go dan Go+ Panca. Sedangkan pintu pengemudi sudah dilengkapi auto-down.

 

Interior Datsun Go+ Facelift 2018
Interior Datsun Go+ Facelift 2018 – Lebih Elegan dengan dual tone color

 

FITUR

 

Ada beberapa peningkatan pada fitur-fitur Datsun Go dan Go+ Panca Facelift 2018. Berikut daftar fitur baru dan fitur lama yang bisa dianggap kelebihan LCGC ini.

Head unit layar sentuh – Center cluster kini dihuni head unit layar sentuh berukuran 6,75 inci dengan tombol-tombol aktual pada sisi kanan-kirinya. Fitur ini sudah dilengkapi konektifitas USB, AUX dan Bluetooth.

Auto Head Lamp – Datsun memberikan fitur yang menjadi pembeda mobilnya dari kompetitor, yaitu auto-head light yang jika diaktifkan lampu utama akan otomatis menyala saat suasana gelap. Fitur ini tidak ada pada MPV yang non-LCGC sekalipun, seperti Avanza, Mobilio dan Ertiga.

Pengingat pemakaian sabuk pengaman – Fitur safety juga ditambah dengan sudah ada pengingat untuk menggunakan sabuk pengaman bagi penumpang depan dan pengemudi.

Immobilizer – Ini merupakan fitur lama yang menjadi kelebihan Datsun, yaitu fitur kunci anti-maling, sehingga mobil tidak bisa dihidupkan tanpa kunci aslinya.

Airbags – Semua tipe Datsun Go dan Go+ kini telah dilengkapi satu airbags, yaitu untuk pengemudi saja. Sayang sekali belum dual-airbags.

Retractable Seat Belt Baris kedua – Peningkatan fitur keselamatan juga dilakukan pada baris kedua dengan hadirnya sabuk pengaman retractable yang membuat kabin terlihat lebih rapi.

Tachometer  – Pengukur putaran mesin tidak lagi pada layar MID yang kecil, melainkan sudah menggunakan jarum seperti pada umumnya mobil masa kini.

Intermittent Wiper – Wiper depan dan belakang sudah dilengkapi fitur intermitten untuk mengatur kecepatannya sesuai dengan beban dari air hujan.

Follow me home light – Ini adalah fitur unggulan Datsun Go dan Go+ yang tidak ada pada kompetitor, yaitu lampu utama yang akan tetap menyala beberapa detik saat sudah dimatikan untuk memberi penerangan saat kita meninggalkan mobil.

Speed sensitive Electric Power Steering – Sistem kemudi Datsun Go dan GO+ Panca dilengkapi power assist yang membuatnya terasa ringan di kecepatan rendah sehingga membuat nyaman pengemudi dan bertambah berat seiring bertambahnya kecepatan agar lebih aman.

 

MESIN

 

Urusan dapurpacu teryata tidak ada ubahan. Datsun Go dan Go+ Panca Facelift 2018 ini masih menggunakan mesin yang sama dengan versi sebelumnya. Berikut spesifikasi detail mesinnya:

  • Teknologi Mesin : DOHC
  • Silinder : in-line 3-Silinder
  • Volume : 1.198 cc (1.2L)
  • Tenaga : 68 PS / 67 HP
  • Torsi : 104 Nm
  • Transmisi : Manual 5-Percepatan

Datsun mengklaim bahwa mesin Datsun Go dan Go+ 2018 ini mempunyai getaran dan kebisingan yang lebih halus, berkat outer balancer. Mesin 3-silinder juga diklaim lebih efisien sehingga lebih hemat bbm.

 

HARGA

 
Datsun menyediakan 4 varian Datsun Go+ Panca 2018. Berikut daftar harganya:

ALL NEW DATSUN GO+ D MT Rp. 112,380,000
ALL NEW DATSUN GO+ A MT Rp. 119,990,000
ALL NEW DATSUN GO+ T MT Rp. 128,990,000
ALL NEW DATSUN GO+ T-STYLE MT Rp. 133,990,000

 
Sedangkan Datsun Go 2018 Hatchback disediakan dengan varian lebih banyak, berikut daftar harganya:

ALL NEW DATSUN GO D – MT Rp. 102,990,000
ALL NEW DATSUN GO A – MT Rp. 110,990,000
ALL NEW DATSUN GO T – MT Rp. 122,990,000
ALL NEW DATSUN GO T-ACTIVE – MT Rp. 126,690,000
ALL NEW DATSUN GO A – CVT Rp. 126,490,000
ALL NEW DATSUN GO T – CVT Rp. 138,490,000
ALL NEW DATSUN GO T-ACTIVE CVT Rp. 142,190,000

 
Baca juga:

 

Demikianlah review detail mengenai perubahan apa saja yangmembedakan Datsun Go dan Go+ Panca dari versi sebelumnya. Cukup menarik karena Datsun memberikan alternatif pilihan di kelas MPV LCGC. Bagi sobat penyuka mobil yang stylist dan fitur-fitur unik, Datsun Go dan Go+ bisa dipertimbangkan.

 
Semoga informasi ini berguna bagi sobat yang ingin membeli salah satu dari kedua mobil ini. Jika sobat pembaca punya informasi detail tambahan mengenai Datsun Go dan GO+ ini, jangan segan untuk berbagi di kolom komentar.

 
Salam Otomitif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar