CaruserMagz.com

Blog Otomotif Mobil & Motor Indonesia

Peluncuran Mobil Listrik Hyundai Ioniq dan Kona Electric IndonesiaNovember 7, 2020

Hyundai Luncurkan Ioniq dan Kona Electric, Mobil Listrik Murni Termurah di Indonesia

CaruserMagz.com – PT Hyundai Motor Indonesia (HMI) resmi meluncurkan dua mobil listrik murni sekaligus untuk pasar Indonesia, yaitu Hyundai Ioniq dan Kona Electric pada Jumat, 6 November 2020. Seremoni peluncuran Electric Vehicle (EV) pertama Hyundai di Indonesia tersebut dilakukan secara virtual di Internet dengan tajuk “Hyundai Motors Indonesia Virtual Launch: Be Bold. Be Electric“.

Dengan rilis ini, Hyundai dapat dikatakan menjadi pionir menghadirkan mobil listrik sepenuhnya yang lebih murah sebagai kendaraan sehari-hari. Hyundai menjadi pabrikan pertama yang menyambut era elektrifikasi kendaraan bermotor di Indonesia.

Sebagaimana dicanangkan oleh Pemerintah untuk percepatan era mobil listrik melalui Perpres No. 55 Tahun 2019, dengan salah satu kemudahan yang disediakan adalah pajak yang lebih ringan untuk menekan harga sampai ke konsumen, khusus untuk mobil listrik murni.

Hyundai Kona Electric - Tampak Depan dan Belakang
Hyundai Kona Electric – Tampak Depan dan Belakang

Melalui dua mobil listrik ini, kami berkomitmen terhadap Indonesia, berkontribusi untuk masyarakat dan mobilitas ramah lingkungan. Ioniq dan Kona electric siap menyambut mereka yang ingin menjadi terdepan dalam hal inovasi,” ujar Sung Jong Ha selaku President Director PT HMI, Jumat 6 November 2020.

Hyundai mau menjadi game changer di era mobilitas masa depan di Indonesia, jadi kami ingin membuktikannya dengan menghadirkan dua tipe mobil, yaitu hatchback dan SUV bertenaga listrik murni. Agar konsumen mempunyai pilihan mobil yang eco-friendly.” Papar Makmur, Managing Director PT HMI.

Hyundai Ioniq Electric Indonesia
Hyundai Ioniq Electric Indonesia

Hyundai Ioniq sebenarnya sudah lebih dulu mengaspal di Indonesia sebelum resmi diluncurkan, karena dipesan oleh Perusahaan jaringan taksi online, Grab Indonesia, untuk dijadikan armada taksi sejak Januari 2020.

Jadi peluncuran ini lebih sebagai peresmian bahwa Ioniq sudah bisa dibeli oleh pengguna individu, sekaligus menghadirkan mobil listrik murni bergenre Compact Crossover, Hyundai Kona Electric.

Interior Hyundai Ioniq Electric Indonesia
Interior Hyundai Ioniq Electric Indonesia

Harga Hyundai Ioniq dan Kona Electric

Untuk harga, meskipun sudah tergolong murah untuk ukuran mobil listrik murni, sayangnya masih cukup mahal untuk ekonomi masyarakat Indonesia pada umumnya, yaitu pada level Rp 600 jutaan. Berikut daftar harga mobil listrik Hyundai ini:

  • Hyundai Ioniq Prime : Rp 624.800.000
  • Hyundai Ioniq Signature : Rp 664.800.000
  • Hyundai Kona Electric : Rp 674.800.000

Harga tersebut memang merupakan harga termurah untuk mobil listrik murni saat ini di Indonesia. Namun di harga tersebut, konsumen sudah bisa memilih mobil keluarga berkapasitas 7-penumpang yang lumayan mewah dari berbagai segmen.

Semisal MPV atau SUV, seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Honda CR-V, VW Tigual All Space dan lainnya. juga mobil-mobil kompak hybrid canggih dengan harga jauh lebih murah, seperti Toyota C-HR, Toyota Corolla Cross dan Nissan Kicks e-Power. Apalagi stasiun pengisian listrik belum masif di Indonesia yang membuat mobil EV punya banyak keterbatasan dalam hal daya jelajah.

Hyundai Ioniq - Tampak Belakang
Hyundai Ioniq – Tampak Belakang

Spesifikasi Powertrain dan Performa

Hyundai Ioniq ditenagai baterai lihium-ion polymer dengan kapasitas 38,3 kWh yang diklaim mampu menempuh hingga 373 km dari posisi baterai penuh. Roda digerakkan oleh motor listrik 100 kW (136 PS) bertorsi 295 Nm yang mampu berakselerasi hingga 100 km/jam dalam waktu 10,2 detik dari posisi diam untuk mode normal dan 9,9 detik untuk mode sport.

Sedangkan Hyundai Kona Elektric yang tergolong compact crossover, juga bukan barang baru bagi Indonesia karena model bermesin konfensionalnya sudah lebih dulu mengaspal di tanah air.

Kona Elektric ditenagai baterai lithium-ion berkapasitas 39,2 kWh yang bisa diisi penuh dalam waktu 75 menit (1 jam 15 menit) dengan Ultra Fast Charger atau 9 jam 35 menit dengan pengecasan dengan charger biasa di rumah.

Hyundai Kona EV - eksterior
Hyundai Kona Electric – eksterior

Baca: Hyundai Kona Indonesia versi Non-Electric

Powertrain Kona EV ini merupakan motor listrik magnet synchronous 100 kW yang diklaim mampu menyemburkan tenaga 134 hp dan torsi maksimum 395 Nm. Dengan baterai 39,2 kWh tersebut, Crossover listrik ini diklaim mampu menempuh jarak 289 km pada siklus NEDC dari kondisi baterai penuh. Sedangkan untuk performa, kecepatan 100 km/jam bisa dicapai dalam 9,7 detik dari posisi diam.

Lihat Gallery Gambar Hyundai Kona Electric dan Ioniq di bawah ini, klik pada gambar untuk zoom. Buka halaman asli blog ini melalui link di bawah artikel, jika Sobat pembaca menemukan artikel ini di Aplikasi Babe News atau versi AMP di perangkat seluler.

Yayan Abdhi

Tulis Komentar