Wuling Confero Facelift 2021, Ini Perubahan dan Harganya

Wuling Confero Facelift 2021 - Perubahan Wajah

CaruserMagz.com – Wuling Motor Indonesia meluncurkan Confero Facelift pada Rabu, 10 Maret 2021, secara virtual di Channel YouTube resminya. Low MPV yang terasa MPV mewah ini menjadi satu-satunya pesaing Toyota Avanza yang sepadan, pasalnya Confero berpenggerak roda belakang, tidak seperti kebanyakan low MPV lainnya seperti Xpander, Mobilio dan Ertiga yang FWD.

Mobil andalan PT SGMW Indonesia ini mendapat penyegaran pertamanya, setelah beberapa tahun menjamur di jalanan hingga ke pelosok Indonesia. Penyegaran ini tidak hanya pada tampilan eksterior saja, tapi hingga ke urusan dapurpacu.

Revisi eksteriornya sangat positif, hingga membuat Confero terlihat lebih sporty sekaligus lebih modern. Wuling sepertinya makin memahami karakter konsumen Indonesia yang mudah digoda dengan tampilan eksterior mobil.

Wuling Confero 2021 Facelift - tampak depan
Confero 2021 Facelift – tampak depan

Sayangnya pada beberapa poin, Wuling melakukan downgrade. Mungkin ini adalah langkah realistis untuk profit gaining, yang sebelumnya diminimalkan demi mengejar angka penjualan.

Apa saja yang berubah pada Wuling Confero Facelift 2021, yang membuat perbedaan dari versi sebelumnya? Baca artikel ini hingga tuntas untuk mengetahui detilnya.

Perubahan Eksterior Confero Facelift

Perubahan eksterior adalah yang paling signifikan membedakan Confero 2021 ini dari versi awal. Wuling menyebutkan bahwa model facelift ini dikhususkan untuk konsumen Indonesia dan belum pernah dibuat untuk negara lain termasuk di China, karena didesain oleh Design Center Wuling Indonesia.

Wuling makin memahami selera orang Indonesia terhadap tampilan mobil. Jika sebelumnya Confero lebih seperti mobil cargo yang boring dengan tampilan seadanya, kini berubah jadi terlihat lebih modern.

Kesan mobil murah pada Confero terlihat jauh berkurang, khususnya pada fascia depan. Walau tidak berubah secara keseluruhan bentuknya, revisi eksterior ini layak diapresiasi. Berikut detail perubahan eksteriornya:

Perbedaan Wajah Confero Facelift 2021 vs Lama
Perbedaan Wajah Confero Facelift 2021 vs Lama

Radiator grill baru – Grill di bagian bawah diubah signifikan jadi bentuk mirip trapesium dan berukuran lebih besar. Grill ini membawa aura modern.

Grill atas baru – Bagian hidung mobil ini jadi seolah menyatu dengan head-lamp, hal itu terjadi karena tambahan extension garnish di antara lampu dan grill.

Aksen krom – krom di wajah Confero terliht lebih simpel dari sebelumnya, di sisi kiri-kanan logo dibuat sedikit mirip v-motion. Sedangkan krom di sepanjang bagian bawah grill dihilangkan.

Bumper baru – Dengan semua perubahan pada pernak pernik wajahnya, tentu saja keseluruhan bumper depan mendapat revisi. Underguard beraksen silver yang sebelumnya besar, dirubah jadi lebih ramping dan berbentuk seperi busur panah.

Wajah Baru Low MPV 2021
Wajah Baru Wuling Confero 2021

Lampu Smoke – Bagian dalam head lamp terlihat hitam hingga terlihat lebih elegan. Hal tersebut membuat lampu seolah makin terintegrasi dengan grill.

Foglamp housing vertikal – rumahan lampu kabut berubah lebih jadi ramping dan vertikal. Jika sebelumnya DRL terintegrasi dengan rumahan foglamp, sekarang bagian ini memuat lampu sein di bagian paling bawah.

LED DRL – posisi DRL dipindah dari rumahan foglamp ke sisi samping grill radiator. Model LED-nya juga diganti jadi yang seperti titik-titik menjadi yang lebih smooth dan berukuran lebih panjang.

Lampu kabut belakang hilang – mungkin dirasa tidak begitu berguna, karena di Indonesia tidak lazim mobil menggunakan lampu kabut di belakang. Keberadaan rear-lamp utama dan reflektor sudah mencukupi untuk keterlihatan mobil di suasana berkabut.

 Confero 2021- Tampak Samping
Confero Facelift 2021- Tampak Samping

Baca juga:

Interior

Di bagian dalam, tidak banyak perubahan. Sebenarnya dari versi awal sekali sudah ada beberapa perubahan sebelum versi facelift 2021 ini diluncurkan. Berikut detailnya:

Warna interior hitam – Sebenarnya warna interior full hitam ini sudah dilakukan sejak kehadiran varian Confero ACT (Matic). Namun dibanding versi awal interiornya berwarna dominan cerah beige, baik pada dashboard bagian bawah, jok kursi dan doortrim, yang mana hal itu banyak dikeluhkan mudah terlihat kotor.

Interior Wuling Confero 2021 Facelift - Serba Hitam
Interior Wuling Confero 2021 Facelift – Serba Hitam

USB port di baris ke-3 dihilangkan – Confero termasuk pioneer dalam menghadirkan kenyamaan untuk pengguna gadget hingga baris ketiga. Mungkin karena baris ketiga ternyata jarang digunakan, sehingga fitur tersebut menjadi salah satu yang disunat untuk efisiensi harga.

Jam analog hanya ada pada tipe L (tertinggi) – Jika awalnya bagian yang membuat interior mobil terasa premum ini ada di semua varian Confero, pada versi facelift ini hanya ada untuk varian L, sedangkan di tipe C sudah tidak ada.

Fitur Head lamp leveling dihilangkan – Fitur pengatur ketinggian sorot lampu depan menjadi salah satu yang disunat. Mungkin fitur ini dinilai terlalu berlebihan untuk mobil low MPV.

Perubahan Mesin

Mesin mendapat ubahan signifikan pada Confero facelift 2021 ini, namun bukan improvement melainkan downgrade dalam hal besaran tenaga.

Tapi banyak yang menyebut itu ditujukan untuk improvement di sisi konsumsi bbm, agar lebih efisien. Namun itu harus dibuktikan terlebih dahulu, pasalnya Wuling tikak mengklaim figur konsumsi bbm untuk mesin dengan konfigurasi baru ini.

Perubahan Mesin Confero Facelift 2021
Perubahan Mesin Wuling Confero Facelift 2021

Wuling menghilangkan modul Dual Variable Valve Timing (DVVT) pada mesin 1.485 cc Confero, sehingga output tenaganya berkurang drastis dari sebelumnya107 hp jadi 97 hp pada 5.800 rpm, dan torsi turun dari 142 Nm jadi 135 Nm pada 3.800-4.200 rpm.

Namun bagi konsumen yang tetap mengingkan mesin lama yang lebih bertenaga, Wuling masing menyediakan varian dengan mesin DVVT berkode B15, yaitu pada tipe L bertransmisi ACT 6-percepatan. Sedangkan pada semua tipe manual 5-percepatan menggunakan mesin tanpa DVVT berkode N15.

Fitur-fitur menarik pada Confero Facelift 2021

Terlepas dari perubahan-perubahan hingga downgrade minor pada beberapa bagian, Wuling Confero tetap memiliki bagian dan fitur-fitur menarik yang beberapa diantaranya tidak dimiliki oleh kompetitor di kelas Low MPV. Berikut detailnya:

Spion auto-folding – Untuk umuran mobil di bawah 200 juta, fitur ini terasa mewah. Jika mobil dikunci, spion otomatis terlipat dan saat dibuka otomatis terbuka.

Remot multi fungsi – Ada banyak fungsi pada remot kunci mobil ini, antara lain membuka semua kaca dengan menahan tombol unlock, untuk membuang udara panas saat parkir di tempat terbuka, bisa membuka pintu bagasi.

TPMSTire Pressure Monitoring System membuat tekanan ban terpantau setiap saat, sehingga perjalan jadi lebih aman. Saat ban sudah di luar batas tekanan yang aman, pengemudi bisa menjadi tempat mengisi angin ban.

One touch turning signal – saat akan berpindah jalur, cukup menyetuh tuas lampu sein sekali, maka lampu akan berkedip beberapa kali untuk memberi tanda pada mobil di belakang. Jadi tidak khawatir lupa mematikan lampu sein setelah berpindah jalur.

Rem disc brake di semua roda – Cukup berbeda dari umumnya mobil murah, Wuling Confero telah menggunakan rem cakram di semua roda, padahal kompetitor masih menggunakan rem tromol di roda belakang.

Emergency stop signal – lampu hazard otomatis hidup jika mobil berhenti mendadak.

Sensor parkir di belakang dan di depan – sehingga sangat aman saat parkir khususnya agar bumper tidak sering membentur benda keras. Fitur sensor parkir bisa dinonaktifkan melalui tombol di kabin, hal itu akan berguna saat terjebak macet agar tidak berisik dengan suara dari sensor parkir.

Captain seat – Varian Lux+ sudah menggunakan kursi individual pada baris kedua. Ini terasa mewah dan membuat Confero terasa lebih tinggi dari kelas Low MPV.

Kabin Wuling Confero dengan Jok Kulit
Kabin Wuling Confero 2021 Facelift dengan Jok Kulit

Pelapis kulit sintesis – Untuk mobil 200 jutaan, masih sangat jarang mobil dengan pelapis jok kulit. Pada mobil-mobil Jepang, hanya mobil Rp 300 jutaan yang menggunakan jok kulit, itu pun pada kualitas yang terendah untuk kulit sintetik. Tidak hanya pada kursi, Wuling juga menyematkan kulit sintesis pada doortrim.

Vanity mirror di tiap sun visor – Kebanyakan mobil Jepang Rp 200 jutaan, hanya memiliki vanity mirror pada sisi penumpang depan saja, bahkan banyak yang tidak ada sama sekali. Tapi Wuling cukup darmawan dengan menyediakannya pada kedua sun-visor.

Kabin super lega – konfigurasi kabin Confero lebih ke aran MPV boxy semisal Honda Freed yang berharga Rp 300 – 400 jutaan. Kabin di belakang terasa tetap lega karena tinggi dengan body mengotak.

Head unit dengan display kamera mundur – Fitur ini cukup canggih dan fungsional.

Harga Wuling Confero Facelift 2021

Harga Low MPV ini dikabarkan mengalami kenaikan Rp 2 jutaan pada semua varian, namun karena ada insentif PPnBM, hingga akhir 2021 jadi lebih murah dibanding sebelumnya. Untuk harga Maret hingga Mei 2021, ada penurunan harga 10 – 11 jutaan karena PPnBM 0%. Berikut daftar harganya:

VarianHarga LamaFacelift 2021
(dengan PPnBM 0%)
Confero 1.5 MTRp 154,8 Jt
Confero S 1.5 C Lux MTRp 179,8 JtRp 169,8 Jt
Confero S 1.5 C Lux+ MTRp 171,8 Jt
Confero S 1.5 L Lux MTRp 180,8 Jt
Confero S 1.5 L Lux+ MTRp 193,8 JtRp 182,8 Jt
Confero S 1.5 L Lux ACTRp 189,3 Jt
Confero S 1.5 L Lux+ ACTRp 202,8 JtRp 191,3 Jt

Daftar harga Wuling Confero 2021 tersebut kami dapatkan di Channel YouTube AutoneMagz. Sementara saat artikel ini kami rilis, belum ada rilis harga resmi di website Wuling maupun media mainstream lainnya.

Daftar harga Wuling Confero Facelift 2021 – Sumber: Channel AutonetMagz
Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar