Hyundai Ioniq 5 Robotaxi Dipamerkan di IAA Mobility 2021, Taksi Otonom Masa Depan

Hyundai Ioniq 5 RoboTaxi - tampak depan

CaruserMagz.com – Hyundai Ioniq 5 Robotaxi dipamerkan pada ajang Munich International Motor Show atau IAA Mobility 2021, pada 6 September 2021. Sebuah prototipe mobil listrik otonom untuk taksi masa depan dari hasil kerjasama antara perusahaan teknologi mobil otonom, Motional dan Hyundai Crop. Group.

Mobil listrik berbasis Ioniq 5 EV menggunakan teknologi mobil otonom SAE level-4, artinya Robotaxi ini dapat beroperasi sepenuhnya secara mandiri tanpa pengemudi untuk mempertahankan kontrol pengganti manusia dalam kondisi tertentu.

Ioniq 5 Robotaxi di IAA Mobility 2021 - Tampak Samping
Hyundai Ioniq 5 Robotaxi di IAA Mobility 2021

Namun teknologi otonom level-4 masih memiliki kekurangan untuk beberapa kondisi yang masih memerlukan kontrol manusia, sehingga Ioniq 5 Robotaxi ini masih memiliki kokpit untuk pengemudi.

Hyundai Ioniq 5 Robotaxi ini direncanakan mulai beroperasi mengangkut penumpang dalam 2 tahun ke depan, yaitu pada tahun 2023 melalui Lyft. Artinya prototipe yang dipamerkan sudah mendekati kondisi aktual versi jalan raya yang sebenarnya.

Taksi tanpa pengemudi dari Hyundai
Hyundai Ioniq-5 RoboTaxi – tampak samping

Pada model yang dipajang di IAA Mobility 2021 ini, Ioniq 5 robotaxi nampak memiliki banyak komponen tambahan yang mencolok. Hal itu disengaja untuk memberitahu pengguna jalan lain, bahwa mobil ini adalah kendaraan otonom.

Ioniq 5 Robotaxi dilengkapi lebih dari 30 perangkat yang terdiri dari radar, kamera dan LiDAR yang berfungsi sebagai sensor untuk menjalankan fungsi mobil otonom dengan teknologi Motional.

Baca juga: Kembaran Hyundai Ioniq 5 EV dari KIA ini Nampak Lebih Futuristik

Taksi otonom masa depan dari Hyundai
Ioniq 5 Robotaxi at 2021 Munich International Motor Show

Untuk robotaxi berbasis Ioniq 5, kami telah menerapkan berbagai sistem redundansi, di samping serangkaian teknologi penting untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang,” kata Woongjun Jang, selaku kepala Autonomous Driving Center di Hyundai Motor Group.

Dengan berhasil mengintegrasikan Ioniq 5 Robotaxi dengan teknologi penggerak otonom Motional, kami dengan bangga mengumumkan bahwa kami telah mencapai tonggak penting lainnya dalam perjalanan menuju komersialisasi robotaxi kami,” pungkas Woongjun.

Di dalam kabin, robotaxi ini memiliki antarmuka yang berorientasi pada pengemudi guna memudahkan interaksi dengan kendaraan. Pengemudi dapat mengambil alih kontrol sepenuhnya sesuai kebutuhan jika dirasa perlu.

Interior Hyundai Ioniq 5 RoboTaxi
Interior Hyundai Ioniq RoboTaxi

Ioniq 5 Robotaxi diklaim handal dalam fungsinya, namun akan lebih murah untuk diproduksi. Sehingga memungkinkan Motional memperluas layanannya lebih cepat.

Selain memiliki fitur-fitur keselamatan aktif yang berfungsi secara otonom, seperti pengereman, akselerasi, kemudi, dan navigasi, Motional dan Hyundai juga menyediakan bantuan kendaraan jarak jauh untuk memungkinkan operator mengontrol robotaxi dari luar kendaraan jika menghadapi skenario yang tidak terduga atau tidak biasa.

Tulis Komentar