7 Keunggulan Toyota Avanza 2019 Dibanding Xpander dan Ertiga

CaruserMagz.com – Tanggapan netizen pada penampakan Avanza dan Xenia 2019 Facelift beragam. Namun ternyata tanggapan negatif lebih dominan, karena Avanza hanya berubah pada bagian-bagian berbahan plastik saja, alias hanya ganti muka dan aksesoris seperti bumper, lampu, aksen krom, antena dan spion.

 
Masyarakat Indonesia sudah lama menantikan perubahan signifikan pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, dalam wujud generasi baru. Antara lain tampilan eksterior baru yang lebih sporty atau elegan, fitur canggih, interior baru dengan kualitas mewah seperti Ertiga dan lain sebagainya.

 
Banyak yang kecewa karena ternyata perubahan tidak sesuai harapan. Bahkan para pecinta dan pemilik setia Avanza dan Xenia yang tergabung dalam komunitas pemilik mobil tersebut pun ikut mengungkapkan kekecewaan mereka.

 
Wajar saja ekspektasi itu tinggi, mengingat kompetitor dari brand sebelah menampilkan standar dan tampilan baru yang menawan. Sebut saja ada Mitsubishi Xpander yang memukau dan New Ertiga generasi kedua yang makin sedap dipandang.

 
Namun Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku pabrikan duo kembar Avanza-Xenia, tetap berusaha membuat kedua mobil andalannya tersebut punya kelebihan yang tidak dimiliki pesaing utamanya. Dalam beberapa hal, Avanza 2019 Facelift punya keunggulan.

 
Toyota All New Avanza 2019 unggul dari Mitsubishi Xpander dan Suzuki New Ertiga dalam beberapa hal berikut:

 

1. AC Digital

Baik Xpander maupun Ertiga generasi kedua memiliki pengaturan AC yang masih manual dengan kenop putar ala kompor gas. Sedangkan Avanza 2019 sudah terlihat modern dengan AC Digital, walaupun belum otomatis. Fitur tersebut sama dengan milik Honda Mobilio.

Panel AC - Avanza vs Xpander vs Ertiga
Panel AC – Avanza vs Xpander vs Ertiga

 

2. Lampu Utama LED

Varian tertinggi Avanza 2019 sudah punya varian dengan lampu LED projector yang lebih efisien dan lebih canggih dari HID projector. Sedangkan Xpander masih dengan lampu halogen biasa yang sering dikeluhkan kurang terang.

 

3. Penggerak Roda Belakang (RWD)

Dalam hal roda penggerak, Xpander dan Ertiga sulit menyaingi Avanza dan Xenia di Indonesia. Karena mobil RWD masih lebih dipercaya ketangguhannya melibas kondisi jalan yang beragam di Indoneia. Sehingga Avanza masih lebih disukai sebagai mobil rental atau operasional perusahaan.

 

4. Fitur Traction Control (TCR)

Seperti yang terungkap melalui foto-foto di Meter Cluster Avanza Veloz 2019, ada display bertuliskan TRC, yaitu fitur Traction Control yang biasanya ada pada mobil Off-Road untuk melibas jalanan licin.

Itu artinya Veloz disiapkan untuk mampu diandalkan pada kondisi jalan di pelosok yang lebih sulit, sedangkan pesaingnya lebih cocok untuk jalan yang relatif lebih mulus seperti jalan raya perkotaan.

Fitur Traction Control pada Avanza Veloz 2019
Fitur Traction Control pada Avanza Veloz 2019
Loading...

 

5. Rear Seat Entertaintment

Pada tipe tertinggi, Avanza 2019 sudah dilengkapi Rear Entertainment System berupa layar monitor 8 inci di plafon, sedangkan baik Ertiga maupun Xpander tidak memiliki fitur tersebut. Sehingga akan lebih menyenangkan bagi anggota keluarga karena bisa menonton DVD melalui layar tersebut.

 

6. Pilihan Mesin 1300cc

Xpander dan Ertiga hanya punya satu pilihan mesin, sedangkan Avanza dan Xenia 2019 Facelift disediakan dengan 2 pilihan mesin, yaitu 1300cc dan 1500cc. Jadi bagi konsumen dengan budget lebih terbatas bisa membeli Avanza 1.3 yang punya tampilan tidak beda-beda amat dengan versi 1.5.

 

7. Head Unit Layar Sentuh pada Varian Menengah

Xpander dan Ertiga yang memiliki head unit layar sentuh hanyalah tipe tertinggi yang harganya sudah berkisar Rp. 235 hinggga Rp. 255 jutaan. Sedangkan Toyota Avanza 2019 sudah memiliki fitur tersebut mulai dari tipe G yang merupakan tipe menengah dengan harga sekitar Rp. 220 – 230 jutaan saja.

 
Baca juga:

 

Nah itulah beberapa kelebihan Toyota Avanza 2019 Facelift dibanding Mitsubishi Xpander dan Suzuki All New Ertiga generasi kedua. Jadi boleh saja banyak yang berpendapat secara tampilhan Avanza tidak lebih baik dari kedua kompetitornya tersebut, tapi dalam 7 hal di atas, Avanza tetap unggul.

 
Jadi bagi pecinta Toyota Avanza, tidak perlu kecewa-kecewa amat, karena ternyata mobil jagoan kalian masih punya nilai plus yang tidak dimiliki Xpander dan Ertiga. Jika sobat punya informasi lain mengenai kelebihan dan kekurangan Toyota Avanza 2019 ini, silahkan berbagi pada kolom komentar.

 
Salam Otomotif!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

One thought on “7 Keunggulan Toyota Avanza 2019 Dibanding Xpander dan Ertiga

  • March 6, 2019 at 12:22 am
    Permalink

    Berita & spesifikasi Mobil klik carusermagz.com
    Untuk harga terbaru nya klik toyota-cinere.com 😁😁

    Reply

Tulis Komentar