Avanza 2019 Disebut Tiru Xpander, Di Bagian Ini Kemiripannya

CaruserMagz.com – Penampakan Toyota Avanza 2019 facelift sudah terungkap dengan jelas, begitupun kembarannya Daihatsu Xenia 2019. Baik keseluruhan eksterior maupun interiornya. Jadi peluncuran resminya nanti bukan lagi kejutan bagi pecinta otomotif Indonesia.

 
Saat pertama kali bocor ke publik melalui foto-foto spyshot, jagat internet dipenuhi tanggapan netizen mengenai tampang baru duo kembar Avanza – Xenia model 2019 tersebut. Baik tanggapan positif, maupun negatif hingga cibiran.

 
Namun hal tersebut wajar saja dan harus dimaklumi oleh sang pabrikan, karena Avanza adalah raja otomotif tanah air. Avanza belum terkalahkan dalam angka penjualan hingga akhir 2018, walau kompetitornya lebih cakep, lebih canggih dan lebih nyaman.

 
Tidak sedikit netizen menanggapi tampang Avanza facelift 2019 ini dengan menyebut Avanza tersebut telah dibuat meniru desain Xpander pada beberapa sisi. Bahkan banyak juga yang menyebut bahwa desainernya kurang kreatif, latah dan kehabisan ide hingga harus meniru-niru kompetitor.

 
Beberapa bagian dari tampang Avanza 2019, khususnya Veloz sebagai varian tertinggi dianggap netizen mirip Mitsubishi Xpander. antara lain pada bagian bumper depan, yaitu tepian kiri dan kanan yang seperti meng-cover rumahan foglamp. Bagian yang mengotak tersebut memang sedikit mirip dengan apa yang ada pada Xpander.

 
Khususnya pada Veloz 2019, bentuk grill yang trapesium menjadikannya mirip dengan moncong Xpander, hanya saja tidak ada aksen chrome di sisi kiri dan kanan grill tersebut.

 

Tampang Avanza vs Xpander
Tampang Avanza vs Xpander

Baca juga: Ini 10 Perkiraan tentang Avanza-Xenia 2019 Facelift, Ada yang Melenceng!

 
Netizen berpendapat demikian tentu sah-sah saja, karena mereka telah mengenal Avanza yang perubahannya selalu seperti meniru desain khas kompetitor. Misalnya Avanza sebelumnya yang berkesan meniru Solid Wings ala Honda. Sehingga Astra Daihatsu Motor (ADM) seperti tidak menetapkan ciri khas pada mobil-mobilnya.

 
Namun jika kita perhatikan lebih dalam, desain wajah Avanza-Xenia 2019 ini sebenarnya masih membawa warisan mobil-mobil Toyota sendiri, karena lampunya yang bertingkat dan terintegrasi dengan grill tersebut sebelumnya telah ada pada Toyota Voxy dan Vellfire.

 
Sedangkan bentuk grill pada Avanza varian E dan G tersebut masih membawa aura Avanza model sebelumnya. Begitu pun pada varian Veloz, grillnya sebenarnya mirip dengan Veloz 2018. Namun untuk bagian tepi bumper depan, kami pun mengakui ada aura Xpander di sana.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar