Wuling Sempurnakan Cortez 2019 dengan Transmisi CVT

CaruserMagz.com – Medium MPV dari pabrikan China, Wuling Cortez diluncurkan pada Desember 2017. Memang angka penjualannya tidak spektakuler dibanding mobil Jepang, yaitu terjual sebanyak 5.059 unit selama 11 bulan di 2018. Namun itu adalah angka yang lumayan untuk brand yang baru masuk.

 
Wuling Cortez menawarkan pilihan MPV dengan value for money luar biasa tinggi. Dengan harga yang jauh lebih murah dari mobil-mobil Jepang di segmen yang sama, Cortez dijejali fitur-fitur canggih, build quality sangat bagus dan kenyamanan yang spektakuler.

 
Namun ada kekurangan paling mendasar pada Cortez yang membuat konsumen enggan membelinya, yaitu tidak tersedianya transmisi otomatis sesungguhnya. Cortez matic hanya menggunakan transmisi AMT, yaitu transmisi manual yang dimodifikasi jadi matic.

 
Sedangkan transmisi AMT masih banyak diragukan konsumen, terutama kemampuannya dalam merespon kebutuhan tenaga saat harus melalui jalanan berbukit. Transmisi AMT ditakutkan lamban dalam mengganti posisi gear, sehingga mobil bisa kehabisan tenaga.

 
Masyarakat perkotaan sangat membutuhkan mobil bertransmisi otomatis karena harus sering bergelut dengan kemacetan. Sehingga mereka membutuhkan transmisi matic yang sesungguhnya.

 

Wuling Cortez AMT
Wuling Cortez AMT

 

Wuling Cortez 2019 Baru Terdeteksi

 
Tahun 2019 Wuling dikabarkan akan meluncurkan 5 produk baru, baik model baru seperti Wuling Almaz SUV, mapun varian baru dari Confero dan Cortez. Beberapa model baru tersebut telah terdeteksi dari daftar produk Wuling di website Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemerintah DKI Jakarta.

 
Untuk Wuling Cortez, tertera kode sebagai berikut:
CORTEZ 1.5CT MT
CORTEZ 1.5CT LUX CVT AT
CORTEZ 1.5LT LUX CVT AT

 
Baca juga: Fitur dan Harga Wuling Cortez 1.5

 
Kode tersebut menjelaskan ada 2 varian baru Wuling Cortez yang menggunakan transmisi Continuous Variable Transmission (CVT). Itu adalah kabar bagus untuk peminat MPV ini, karena kenyamanan dan kemewahan Cortez kian sempurna dengan transmisi canggih tersebut.

 
Ini juga merupakan varian baru dari Wuling Cortez 1.5, karena sebelumnya Cortez bermesin 1500 cc tersebut hanya disediakan pilihan tranmisi manual. Jadi Kemungkinan transmisi CVT juga akan disediakan untuk Wuling Cortez 1.8, agar Cortez 1.5 CVT tidak konflik harganya dengan Cortez 1.8.

 
CVT adalah transmisi yang sering disebut transmisi tanpa gigi, karena perpindahan tingkat rasio tanpa hentakan sama sekali. Tranmisi CVT dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan kenyamanan dengan tranmisi yang halus, sehingga sangat cocok dengan MPV keluarga seperti Cortez.

 
Konsekuensi dari teknologi canggih tersebut adalah harganya kemungkinan akan lebih mahal jika dibandingkan menggunakan transmisi AMT. Namun mengingat harga mobil Wuling jauh dibawah mobil Jepang, peningkatan harga tersebut masih worth untuk kualitas sebagus Cortez.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar