Harga SUV Wuling Almaz Terungkap, Ini Perkiraan Harga OTR ke Konsumen

CaruserMagz.com – Wuling Motors memang telah mengumumkan niatnya untuk menambah line up produknya di Indonesia dengan memasuki segmen SUV. Model konsep dari SUV itu telah dipamerkan di ajang GIIAS 2018 dan akan mulai dijual pada tahun 2019.

 
Sebenarnya model yang dipajang Wuling tersebut bukanlah konsep yang benar-benar baru, karena itu adalah SUV yang bernama Baojun 530 di negeri asalnya.

 
Namun sepertinya SUV Wuling tersebut akan diluncurkan pada awal 2019, karena nama dan harganya telah didaftarkan oleh Wuling Motors ke Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemerintah DKI Jakarta.

 
Dari laman Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemerintah DKI Jakarta, terungkap bahwa nama SUV Wuling tersebut adalah “ALMAZ” lengkap dengan keterangan varian mesin, transmisi dan harga jual pada bagian Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).

 

Harga NJOP Wuling Indonesia
Harga NJOP Wuling Indonesia

Baca juga: Wuling Manjakan Pelanggan dengan Kenyamanan Layanan Purna Jual

 
Pada keterangan tersebut, tertulis ALMAZ 1.5L T LUX CVT 4X2A. Sehingga bisa ditebak bahwa SUV tersebut akan bermesin 1.500cc dengan transmisi Continuous Variable Transmission (CVT).

 
Artinya Wuling Almaz menjadi mobil Wuling pertama yang menggunakan transmisi matic sebenarnya dan lebih baik dari Wuling Cortez yang masih menggunakan transmisi AMT.

 

Perkiraan Harga On the Road

 
Mengenai harga, tertera nilai NJOP Wuling Almaz adalah Rp. 203 juta, itu adalah harga Off-the-Road. Artinya harga On-the-Road (OTR) yang sampai ke konsumen akan lebih dari itu. Apalagi harga di luar wilayah DKI juga akan lebih mahal lagi.

 
Kita bisa menerka harga OTR Wuling Almaz ini berdasarkan harga off-the-road tersebut, yaitu dengan melihat selisih harga on vs off the road pada mobil lain yang biasanya berkisar 30%.

 
Artinya kemungkinan harga OTR SUV Wuling Almaz tersebut adalah sekitar Rp. 260 jutaan. Bisa juga diasumsikan harga yang harus dibayar konsumen adalah sekitar Rp. 250 – 265 jutaan.

 

Segmen dan Kompetitor

 
Jika perkiraan kami tersebut tidak jauh melenceng, maka Wuling Almaz ini akan berlaga di segmen low SUV dengan kompetitor Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V dan juga termasuk Mitsubishi Xpander tipe Sport dan Ultimate.

 
Kabar baiknya adalah rumor bahwa fitur-fitur, kualitas interior, dan kenyamanan SUV pertama Wuling di Indonesia ini, akan selevel dengan Honda CR-V Turbo. Bisa jadi demikian, mengingat pabrikan China ini telah membuktikannya pada Wuling Cortez dengan value for money sangat tinggi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar