Wuling Cortez 1.5 Diluncurkan, Level Innova Harga Avanza

CaruserMagz.com – PT SGMW Motor Indonesia yang merupakan perpanjangan tangan SAIC-GM Wuling Automobile Co. kembali menggoda konsumen MPV di Indonesia. Kali ini memamfaatkan ajang IIMS 2018, Wuling Indonesia meluncurkan Medium MPV dengan kapasitas mesin lebih kecil, yaitu Wuling Cortez 1.5 (1500cc).

 
Sebelumnya Wuling Cortez sudah dihadirkan dengan mesin 1.800cc, menantang Toyota Innova dengan kapasitas kabin yang lega dan mewah, serta fitur-fitur canggih yang dulunya hanya ada di mobil-mobil mewah dengan harga di atas 1 Milyar Rupiah, namun harganya jauh lebih murah.

 
Meskipun punya mesin dengan kapasitas yang sama dengan Wuling Confero S, mesin 1.5L Cortez ini tetap punya kelebihan, yaitu tenaganya 110 PS, lebih besar 4 PS dari Confero yang berada satu kelas di bawahnya. Sedangkan Torsi, Cortez 1.5 sama dengan Confero, yaitu 142 Nm pada 4.400 rpm.

 
Sepertinya Wuling memang membuat 2 kelas mesin yang berbeda untuk setiap produknya di Indonesia. Wuling juga menyediakan Confero S bermesin lebih kecil di segmen Low MPV, yaitu Wuling Confero S 1.2.

 
“Kami membawa Wuling Cortez 1.5 untuk melengkapi jajaran pilihan MPV kami di tanah air. Harapan kami varian terbaru ini dapat menjadi kebutuhan pelanggan yang beragam, a valuable new choice of MPV,” kata Nathan Sun selaku Sales Director Wuling Motors pada peluncuran Wuling Cortez 1.5 di IIMS 2018 (19/4).

 

Harga

 

Walaupun harga Cortez 1.5 ini menjadi satu level dengan Confero S 1.5, Wuling menyatakan bahwa Cortez baru ini bukanlah Low MPV, namun tetap berada pada segmen medium MPV. Hal ini kemungkinan akan mengakibatkan peminat mobil Wuling akan cukup bingung apakah memilih Cortez 1.5 atau Confero S.

 
Berikut harga Wuling Cortez 1.5 untuk On The Road Jakarta

  • Wuling Cortez 1.5 S : Rp 193,8 juta
  • Wuling Cortez 1.5 C : Rp 203,8 juta

 

Harga tersebut berada satu level dengan segmen Low MPV seperti Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dan Daihatsu Xenia. Namun dalam hal kelegaan kabin dan beberap fitur, medium MPV Wuling ini sudah sama dengan Toyota Innova yang berharga jauh lebih mahal. Jadi ini merupakan Medium MPV termurah di Indonesia saat ini.

 
Kemungkinan Wuling Cortez 1.5 tidak akan berlaga pada level konsumen peminat Toyota Innova, melainkan memberi alternatif pilihan untuk peminat low MPV berharga 200 jutaan. Namun ada kemungkinan Wuling Cortez ini menjadi saingan adiknya sendiri, yaitu Confero S.

 
Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Wuling Confero S

 

Fitur

 

Kabar kurang sedapnya adalah medium MPV berpenggerak roda depan ini hanya disediakan dengan transmisi manual 6-percepatan, tidak ada pilihan transmisi otomatis, baik konvensional maupun AMT seperti pada Cortez 1.8. Menurut Wuling, ditiadakannya transmisi matic tersebut adalah agar harganya tidak conflic dengan Cortez 1.8.

 
Selain itu, fitur sun-roof juga dihilangkan sebagai konsekuensi dari turunnya harga. Namun sun-roof bukanlah fitur yang wajib ada pada mobil, jadi tidak begitu menurunkan value-for-money-nya. Hal yang juga di downgrade adalah jok kursi yang tidak lagi dilapisi kulit, melainkan bahan fabric.

 
Sedangkan fitur canggih seperti rem ABS+EBD dan dual airbags tetap ada sebagai standar.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar