5 Tips Efektif Membeli Mobil Baru 2019

CaruserMagz.com – Membeli mobil baru adalah impian hampir semua orang dewasa. Orang yang koleksi mobilnya sudah puluhan pun akan merasa exciting jika akan membeli mobl baru. Apalagi bagi mereka yang belum pernah punya mobil. Tapi gaes.. Membeli mobil itu tidak segampang beli mobil-mobilan, sehingga ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan.

 
Apalagi di awal tahun 2019 ini, keinginan banyak orang untuk membeli mobil baru tengah terbentur dengan dinamika nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS yang terus melemah. Bikin ngenes kan yah.. apalagi jika kita sudah lama menabung, eh tiba-tiba harga sudah naik.

 
Nah.. kami mendapat wejangan mengenai beberapa tips yang efektif untuk membeli mobil baru dari Om Carmudi, yaitu situs terkenal di seantero dunia yang jadi marketplace tempat jual-beli mobil secara online, baik mobil baru maupun bekas.

 
Menurut Om Carmudi, pasar mobil baru diprediksi tidak akan melemah secara signifikan di tahun 2019 ini gaes. Sehingga para calon pembeli mobil dihimbau untuk lebih selektif sebelum memutuskan untuk membeli mobil baru di 2019.

 
Ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan dalam memutuskan akan membeli mobil apa, belinya dimana, brand-nya apa, budgetnya berapa dan lain sebagainya. Carilah peluang keuntungan sebanyak-banyaknya, misalnya diskon yang banyak atau proses administrasi yang tidak bertele-tele. Sehingga sobat tidak pusing tujuh keliling.

 

Tips Beli Mobil Baru 2019
Tips Beli Mobil Baru 2019

Berikut lima cara cermat membeli mobil baru yang disarankan oleh Om Carmudi, cuussss dibaca sampe habis gaess..

 

1. Cari Tahu Detail Mobilnya

Setelah menentukan jenis mobil yang akan dibeli, hendaknya sobat memperhatikan berbagai detail yang ada di dalamnya. Pilihlah lebih dari satu merek mobil baru dengan jenis yang sama, kemudian bandingkan berbagai spesifikasi dan fitur penunjang pada mobil-mobil tersebut.

 
Agar lebih mudah, Sobat bisa mengakses website resmi produsen mobilnya. Dari situ bisa melihat harga mobil tersebut, foto-foto mobil secara lengkap begitu juga dengan fitur yang ditawarkan sesuai dengan varian. Sobat juga bisa mencari ulasan mobil tersebut di blog ini, karena jika sudah kami tulis, CaruserMagz.com ini menyediakan review lengkap.

Loading...

 

2. Kalkulasi Cicilan Mobil

Membeli mobil baru secara kredit sudah jadi hal yang lumrah. Untuk mendapat gambaran cicilan perbulannya segera lakukan perhitungan terlebih dahulu, mulai dari down payment (DP) hingga tenor kreditnya. Sebaiknya Sobat Caruser cermat dan tepat mengukur kemampuan finansial, jangan sampai kebutuhan pokok tidak dapat dipenuhi karena salah perhitungan.

 
Untuk lebih jelas dan mudah, kini ada banyak juga website jual-beli mobil yang menyediakan mesin simulasi kredit mobil baru yang bisa dimanfaatkan. Setelah itu, tidak ada salahnya untuk membandingkan hitungan satu perusahaan pembiayaan dengan perusahaan pembiayaan lainnya.

 
Selain itu, disarankan juga untuk tidak mengajukan kredit lebih dari 5 tahun. Satu hal yang terpenting adalah adanya persiapan dana lebih untuk berjaga-jaga apabila ada kebutuhan mendadak. Saran kami sih, kalau bisa beli cash aja gaes.. dijamin sobat gak bakalan diuber-uber utang kredit.

 

3. Tukar Tambah Mobil Bekas dengan yang Baru

Jika sobat sudah ngebet banget ingin membeli mobil baru tapi budget kurang, salah satu solusinya adalah dengan menjual mobil lama sobat. Uang hasil penjualan itu nantinya bisa dipakai untuk menambahi kekurangan budget.

 
Atau in worse condition terpaksa beli secara kredit, hasil penjualan mobil lama bisa dijadikan uang muka untuk beli mobil baru, sehingga cicilan perbulannya menjadi lebih ringan. Tapi kalau bisa tetap jangan kredit yah gaes.. karena ujung-ujungnya hutang kredit akan menguras keuangan sobat tanpa kenal kata kasihan.

 
Bicara tips menjual mobil lama, ada beberapa hal sepele namun cukup penting diperhatikan. Misalnya membersihkan bagian interior dan eksteriornya, service mesin berkala, hingga perbaikan fitur yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Dengan begitu kemungkinan besar pembeli mobil bekas tidak akan menawar terlalu rendah.

 

4. Lakukan Test Drive

Jika sobat sudah menentukan mobil mana yang akan dibeli, tidak usah ragu lagi untuk mendatangi delaer resmi terdekat untuk melakukan test drive. Langkah ini sangat penting agar Sobat dapat langsung merasakan sensasi mengemudikan mobil pilihan sebelum membeli. Ini adalah cara paling baik ketika membeli mobil baru, daripada hanya melihatnya di website lalu melakukan pemesanan.

 
Jika Sobat sudah merasa cocok, jangan ragu bertanya kepada tenaga penjual soal ketersediaan warna, unit, bonus aksesoris, diskon hingga kapan mobil bisa diantar ke rumah.

 

5. Cek Harga di Beberapa Dealer

Tips pamungkas dari Om Carmudi adalah “Dapatkan Harga Terbaik!“. Jika semuanya sudah sesuai dengan keinginan, saatnya fokus untuk mendapatkan harga mobil baru sesuai kemampuan.

 
Jangan langsung deal dengan satu dealer saja, sebaiknya lakukan survey ke sekurang-kurangnya di tiga dealer berbeda di kota Sobat untuk mendapatkan perbandingan harga, diskon, bonus seperti aksesoris, perlindungan cat, kaca film, hingga garansi dan lain sebagainya. Dengan perbandingan harga yang jelas, Sobat bisa memutuskan di dealer mana sebaiknya membeli mobil.

 
Baca juga:

 
Itulah 5 tips membeli mobil baru ala Carmudi.co.id yang bisa juga disebut Carmudi Indonesia. Semoga artikel ini membantu sobat yang sedang akan membeli mobil baru. Selamat memilih mobil impian!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar