CaruserMagz.com

Blog Otomotif Mobil & Motor Indonesia

Logo Baru GM - General Motor 2021January 10, 2021

GM Ganti Logo dari Huruf Besar jadi Huruf Kecil, Ini Filosofinya

CaruserMagz.comGM ganti Logo – Tahun 2021 ini sepertinya dijadikan tonggak perubahan penting bagi banyak pabrikan otomotif, khususnya menyambut era mobil listrik. General Motor (GM) juga menjadikan tahun 2021 sebagai tahun bersejarahnya, karena raksasa otomotif Amerika Serikat tersebut mengganti logo lama yang berbentuk huruf besar ‘GM‘ menjadi huruf kecil dari singkatan yang sama, yaitu ‘gm‘.

Perubahan logo ini menandai transformasi besar-besaran grup otomotif yang menaungi banyak merek di Amerika dan China tersebut dalam menyambut era mobil listrik. GM mengumumkan kampanye globalnya dengan slogan ‘Everybody in‘, yang kurang lebih maknanya menegaskan kemampuan GM dalam beradaptasi di era baru dengan segala sumber-daya yang mereka miliki.

Kampanye tersebut berfokus pada tiga tajuk utama, yaitu Menarik konsumen generasi baru untuk mempercepat era Electric Vehicle (EV). Kemudian menampilkan kepemimpinan GM dalam industri EV, dan terakhir mempublikasikan keunggulan platform Ultium, untuk EV yang diklaim memiliki fleksibilitas tinggi.

General Motor Ganti Logo di Tahun 2021
General Motor Ganti Logo di Tahun 2021

Ada saat-saat dalam sejarah ketika segalanya berubah. Kami yakin poin seperti itu ada pada kami untuk adopsi massal kendaraan listrik. Tidak seperti sebelumnya, kami kini memiliki solusi, kemampuan, teknologi, dan skala untuk menempatkan semua orang dalam EV. Identitas merek dan kampanye baru kami dirancang untuk mencerminkan ini,” kata Deborah Wahl, kepala pemasaran global GM.

GM memiliki bakat, teknologi, dan ambisi untuk memajukan dunia yang lebih aman bagi semua, membantu mengurangi emisi, dan mempercepat menuju masa depan yang serba listrik, ‘Everybody In’ menunjukkan niat kami untuk memimpin, sambil mengundang pihak lain, seperti pembuat kebijakan, mitra, dan individu untuk memainkan peran aktif dalam memajukan masyarakat, baik itu membantu memperluas infrastruktur, mengadvokasi kemajuan dalam komunitas mereka, atau sekadar menggunakan EV untuk test drive guna mempelajari manfaat kepemilikan kendaraan listrik,” papar Deborah Wahl.

Dalam kampanye GM ganti logo ini, GM juga meluncurkan situs website baru yaitu GM.com, yang akan mulai tayang pada 11 Januari 2021. Situs baru grup GM tersebut disebut akan menyediakan informasi tentang elektrifikasi, keselamatan berkendara dan lain sebagainya.

Secara penampakan, logo baru ini merubah dari sebelumnya singkatan GM dengan huruf besar, menjadi huruf kecil, dimana hanya huruf ‘m’ yang kini diberi garis bawah. Bentuk keseluruhan juga dirubah dari kotak yang kaku, menjadi membulat disudut-sudutnya, sehingga lebih berkesan logo masa kini.

Logo Baru GM - General Motor 2021
Logo Baru GM – General Motor 2021

Perubahan juga nampak pada warna, dimana sebelumnya biru tua, menjadi biru langit yang lebih cerah. Warna logo baru ini juga nampak tidak monoton, tetapi ada gradian warna yang lebih gelap di bawah, menjadi makin terang di bagian atas. Desain huruf-hurufnya nampak lebih 3-dimensi dibanding sebelumnya yang 2-dimensi.

Disebutkan ada filosofi elektrifikasi dalam logo baru GM ini, yaitu huruf m yang melambangkan steker listrik dan garis di bawah huruf m untuk mewakili flatform mobil listrik GM, yang mereka sebut sebagai platform ‘Ultium‘.

Platform Ultium - Mobil Listrik GM
Platform Ultium – Mobil Listrik GM

Ultium dikabarkan akan menjadi basis platform semua mobil listrik di bawah naungan group GM, beberapa yang sudah diperkenalkan antara lain ada Cadillac Lyriq crossover dan GMC Hummer EV pikap. Karena itu, platform ini bersifat fleksibel untuk memudahkan dalam pengembangan berbagai ukuran dan bentuk mobil listrik.

Cadillac Lyric dan Hummer EV - Mobil Listrik GM
Cadillac Lyric dan Hummer EV – Mobil Listrik GM

Platform EV milik GM ini diklaim mampu menampung baterai listrik yang besar, sehingga mobilnya bisa menempuh hingga 700-an km untuk sekali cas. GM memiliki jaringan pabrik yang besar di Amerika dan China, sehingga grup ini memproduksi sendiri semua komponen mobil listriknya, bahkan menjadi pemasok untuk mobil listrik merek lain di luar grupnya.

Mungkin ada yang bertanya, mengapa tidak ada mobil dengan emblem GM di moncong atau bokongnya? Itu karena GM memang dari awal adalah grup yang menaungi banyak merek otomotif, dan bukan merupakan merek mobil tertentu.

Berbagai merek yang berada dalam naungan GM antara lain ada: Chevrolet, Cadillac, Buick, GMC. GM juga menjadi salah satu pemilik saham yang besar bagi merek-merek yang tergabung dalam joint venture SGMW bersama SAIC China, seperti Wuling, Holden dan Baojun. GM juga banyak membangun grup patungan dengan perusahaan-perusahaan otomotif di China, yang jelasnya bisa dibaca pada artikel kami sebelumnya: Memahami Group Wuling.

Yayan Abdhi

Tulis Komentar