CaruserMagz.com

Blog Otomotif Mobil & Motor Indonesia

Lexus New IS Debut Global Juni 2020June 16, 2020

Lexus New IS Debut Global, Sedan Sport RWD yang Fun-to-Drive tapi Tetap Nyaman

CaruserMagz.com – Lexus meluncurkan New IS pada Selasa 16 Juni 2020 secara virtual di channel YouTube dan Laman Resmi Toyota Global NewsRoom. Lexus New IS adalah sport sedan kompak berpenggerak roda belakang (RWD) yang didesain untuk para Driving Enthusiast. Oleh karenanya sedan mewah ini dirancang sedemikian rupa untuk kesenangan mengemudi, namun tetap nyaman sebagaimana sedan mewah.

Lexus IS pertama kali diluncurkan pada tahun 1999, artinya sedan sport ini sudah hadir di dunia selama lebih dari 20 tahun hingga generasi terbaru ini diluncurkan pada pertengahan tahun 2020. Dalam rentang itu, Sedan kompak Lexus ini telah terjual sebanyak 1,09 juta unit.

Lexus IS telah dikenal oleh para petrolhead dunia, sebagai sedan sport yang tidak hanya fun-to-drive tapi juga memberi kepercayaan diri yang tinggi pada pengemudi, berkat karakter uniknya yang smooth saat pengereman dan tetap stabil saat melaju cepat di tikungan. Lexus menyebut karakter tersebut dengan istilah “Lexus Driving Signature“.

Dalam perancangannya, New IS telah diuji secara menyeluruh di berbagai tempat dengan reputasi internasional, termasuk sirkuit Toyota Technical Center Shimoyama yang resmi dibuka pada 2019 lalu.

Eksterior Lexus New IS Sedan Sport
Eksterior Lexus New IS Sedan Sport

Menurut pabrikan mobil premium dari grup Toyota tersebut, mereka memberi perhatian pada detail dengan tanpa kompromi. Perancangan Sport sedan ini mengupayakan sensasi mengemudi dalam sedan sport yang bertenaga, namun tetap nyaman untuk digunakan sebagai kendaraan sehari-hari.

New IS 2021 tampil dengan desain yang agresif dan tajam. Tampilan yang aerodinamis dihadirkan dengan dimensi lebar dan rendah, yang memberi kesan bertenaga. Selain itu, Lexus telah menjejali sedan ini dengan berbagai teknologi keselamatan canggih dalam paket “Lexus Safety System“.

Naoki Kobayashi selaku Lexus International Chief Engineer memberikan keterangannya pada lama resmi mereka, khususnya mengenai ekspektasi mereka pada apa yang akan dinikmati pengemudi:

Apa yang paling kami pikirkan dalam mengembangkan New IS adalah menjadikannya mobil yang unggul dalam berkomunikasi dengan pengemudinya dan sebagai mobil yang tidak pernah mengecewakan terlepas dari kondisi jalan atau level kemampuan pengemudi.

Kami bertujuan untuk membuat New IS sedan sport kompak Lexus yang memberikan kenyamanan berkendara berkualitas tinggi, sambil menawarkan pengendalian kendaraan tingkat tinggi. Kami menginginkannya menjadi mobil yang memungkinkan orang merasakan sensasi baru, semisal semakin lama New IS dipacu, semakin seseorang dapat merasakan kesenangan mengemudikan mobil.

 

Dimensi

Sedan Sport ini dibuat dengan dimensi lebih besar dari versi sebelumnya, yaitu bertambah panjang 30 mm, lebih lebar 30 mm dan lebih tinggi 5 mm, sehingga dimensinya menjadi Panjang 4,710 mm x Lebar 1,840 mm x Tinggi 1,435 mm. Wheelbase sepanjang 2,800 mm memberi ruang kabin yang tetap lega dan ban terlihat kekar dengan ukuran velg 19-inci.

 

Eksterior

Dalam hal tampilan eksterior, New IS telah menggunakan bahasa desain Lexus terkini yang lebih tajam. Terlihat dari head lamp dengan LED signature khas Lexus yang tajam pada lampu depan. Desain wajahnya memberi aura sporty yang bertenaga berkat grill khas Lexus yang tampak terintegrasi dengan kap mesin.

Lexus New IS Sedan Sport - Tampak Depan dan Belakang
Lexus New IS Sedan Sport – Tampak Depan dan Belakang

Di bagian samping, fender terlihat kekar menampung roda dengan velg 19-inci. Atap fastback yang bersambung hingga ke duck-tail belakang yang seolah rear-spoiler dan garis-garis pada bagian bawah pintu mengingatkan kita pada look Toyota Supra.

Ke belakang, kita menyaksikan rear lamp dengan LED signature seperti busur panah. Kami rasa tidak asing dengan bentuk lampu belakang yang bersambung ini, ya.. ini mengingatkan kita pada bokong Hyundai i20 generasi baru yang diluncurkan pada Februari 2020 lalu. Namun tetap berbeda karena lampu Lexus New IS berbentuk L sedangkan i20 berbentuk Z pada rear-lamp-nya. Tampilan sporty pada bokong mobil sport ini diperkuat oleh bumper full-black dan 2 pipa mupler kenalpot asli.

Lexus New IS Sedan Sport - Tampak Belakang
Lexus New IS Sedan Sport – Tampak Belakang

 

Interior

Masuk ke kabin, kita tetap menemukan interior sedan mewah yang nyaman dan luas pada New IS. Warna interior disediakan dalam 2 pilihan warna dual-tone, yaitu coklat-hitam dan merah-hitam. Suasana kabin dibuat sporty namun dalam balutan bahan berkualitas tinggi yang memberi kenyamanan premium.

Interior Lexus New IS Sedan Sport - Kabin
Kabin Lexus Sedan Sport

Sistem multimedia adalah layar sentuh baru berukuran 10,3-inci yang mendukung berbagai aplikasi seperti Smart-Device-LinkTM, Apple CarPlay, dan Android Auto. Suasana pengendaraan sporty diberikan pada cluster-meter di balik lingkar kemudi, dimana layar utama memberikan informasi rpm.

Interior Lexus New IS Sedan Sport - Dashboard
Interior Lexus Sedan Sport – Dashboard

 

Dapurpacu

Mengenai mesin, Sport Sedan Lexus ini dibekali mesin 2.0-liter turbo yang dilengkapi kontrol transmisi adaptif yang mampu mengevaluasi karakter mengemudi berdasarkan faktor-faktor seperti tekanan pada akselerator oleh pengemudi, dan memilih gigi yang paling tepat untuk setiap situasi mengemudi, sehingga dicapai respon linear terhadap operasi akselerator dan niat pengemudi.

Selain itu, Lexus sport sedan ini juga tersedia varian berteknologi hybrid yang juga memberi sensani mengemudi sporty berkat teknologi yang mampu beradaptasi dengan karakter mengemudi untuk hasil akhir yang menyenangkan pengemudi.

Dapurpacu New IS ini dikabarkan sama dengan versi sebelumnya, yaitu mesin 2.0-liter turbo 4-silinder dengan tenaga 241 hp untuk varian IS300, dan 311 hp untuk varain IS350 yang bermesin V6. Pada versi sebelumnya, sport-sedan ini mampu menempuh 0-100 km/jam dalam 5,5-detik.

 

Fitur

Berbagai fitur canggih terkait keselamatan dan pengendalian telah disematkan pada Lexus IS 2021 ini, antara lain:

Pre-Collision System dengan single-lens camera
Emergency Steering Assist
Low-Speed Acceleration Control
Dynamic Radar Cruise Control and Lane Tracing Assist (LTA)
Automatic High Beam
Road Sign Assist
Lane Tracing Assist
Driver Emergency Stop Assist
parking support brakes.

 

Harga

Belum ada kabar dari laman resmi Lexus mengenai harga Sport Sedan ini, tapi media otomotif internasional, Caranddriver.com memperkirakan harga Lexus New IS di Amerika sesuai variannya sebagai berikut:

  • New IS300: $40,000 (Sekitar Rp 600 Juta)
  • New IS350: $44,000 (Sekitar Rp 660 Juta)
  • New IS350 F Sport: $48,000 (Sekitar Rp 720 Juta)

Kabar gembiranya bagi para Driving Enthusiast di Indonesia adalah bahwa sport car Lexus ini juga akan dijual di pasar Asia, semoga saja Indonesia adalah salah satu negara Asia yang mendapat jatah. Lexus New IS akan dijual di pasar global termasuk Amerika Utara, Jepang, Timur Tengah, dan negara-negara tertentu di Amerika Selatan, Oseania, dan Asia.

Yayan Abdhi

Tulis Komentar