Toyota Yaris Cross Debut Global

Toyota Yaris Cross Diungkap Tuntas, Tampang Ganteng dan Spesifikasi Canggih

Berita SUV Toyota
CaruserMagz.com – Toyota Yaris akhirnya dibuatkan versi Crossover dengan nama Toyota Yaris Cross. Semula Toyota berencana memamerkan Yaris versi gagah ini di gelaran Geneva Motor Show 2020 pada Maret lalu, namun pandemi virus corona menyebabkan ajang pameran otomotif terbesar dunia tersebut dibatalkan.

 
Toyota mengabarkan akan meluncurkan Yaris Cross dalam hitungan beberapa bulan sejak Geneva Motor Show gagal tayang. Namun ternyata tidak menunggu terlalu lama, Toyota telah mengumumkan penampakan Yaris Cross melalui rilis gambar dan video resmi pada Kamis, 23 April 2020.

 
Dikabarkan oleh laman resmi Toyota, bahwa debut global Yaris Cross ini akan dilaksanakan pada musim gugur tahun 2020 di Jepang dan diluncurkan di Eropa pada pertengahan 2021.

Toyota Yaris Cross Diluncurkan Pertama kali
Toyota Yaris Cross Diluncurkan Pertama kali

 

Dimensi

Daris basis segmen B-SUV dan dimensinya, Yaris versi SUV ini akan bersaing dengan Suzuki S-Cross, Nissan Juka, Hyundai Kona, Kia Niro dan Mazda CX-3. Namun jika dibandingkan dengan Honda HR-V, Toyota C-HR dan KIA Seltos, Yaris Cross ini lebih kecil.

 
Dimensi Yaris Cross ini adalah Panjang 4.180 mm, Lebar 1.765 mm. Dibanding Yaris Hatchback, versi Crossover ini lebih panjang 24 cm, lebih lebar 2 cm dan lebih tinggi 9 cm. Namun wheelbase-nya sama dengan Yaris hatchback, yaitu 2.560 mm.

Toyota Yaris Cross - Tampak Samping
Toyota Yaris Cross – Tampak Samping

Dengan ukuran yang membengkak tersebut, Yaris Cross menyediakan ruang kabin yang lebih lapang baik kabin penumpang maupun bagasi. Apalagi kursi belakang dibuat berkonfigurasi 40:20:40, sehingga lebih fleksibel untuk membawa barang yang besar dan panjang.

 

Tampilan Eksterior

Meskipun bernama Yaris, namun tampang dan keseluruhan bentuknya tidak meninggal nuansa Yaris yang kita kenal, baik Yaris hatchback yang ada sekarang maupun Yaris versi TNGA yang cakep. Yaris Cross ini nampak seperti mobil yang benar-benar baru.

 
Dilihat dari setiap sisi, semuanya berbeda dari Yaris Hatchback. Tampilan yang gagah didukung oleh velg berukuran 18 inci dengan spoke sporty. Warna andalannya juga baru, yang disebut Brass Gold, mungkin agar mirip mobil Sultan Timur Tengah.

Toyota Yaris Cross - Tampak Belakang Samping
Yaris Cross – Tampak Belakang Samping

Tampilan sampingnya terlihat gagah dengan kombinasi warna atap hitam dan cliding over fender dan bagian bawah pintu yang juga berwarna hitam. Desain bokongnya juga menarik dan gagah dengan LED bar pada lampu belakang membuatnya nampak modern.

 
Ada nuansa Toyota C-HR pada penampakan Yaris Cross ini, hanya saja dia terlihat lebih normal dibanding C-HR yang unik. Wajar saja, karena Yaris Cross ini telah menggunakan platform TNGA. Itu artinya pengendaliannya akan fun-to-drive.

 
Menurut Toyota, Yaris Cross ini didesain dengan konsep ikonik Berlian, yaitu punya karakteristik kokoh, kuat sekaligus barang mewah yang premium.

 

Interior

Di bagian interior, desain kursinya terlihat tebal dan dengan posisi duduk yang ergonomis. Desain kursinya juga sudah seperti mobil-mobil dengan TNGA yang bernuansa Eropa, tebal dan empuk.

 
Toyota menyebutkan bahwa Yaris varian baru ini dirancang berdasarkan kebutuhan konsumen Eropa, sehingga didesain sepenuhnya di Eropa. Kenyamanan interior mendapat perhatian khusus, juga fitur-fitur di semua sisi yang mengikuti standar Eropa.

Interior Toyota Yaris Cross - Kabin Lapang
Interior Toyota Yaris Cross – Kabin Lapang

Toyota menyebutkan banyak istilah untuk konsep Yaris Cross ini, seperti “All Urban, All SUV” yang artinya ini adalah kendaraan perkotaan yang stylist, sangat praktis, lincah, tapi juga seganteng SUV, juga punya daya jelajah yang berani sedikit kotor-kotoran di jalan berlumpur.

 
Toyota juga menyematkan istilah “Robust and minimalistic” pada Yaris Cross ini, yaitu dimensi yang kompak dan kelincahan dalam kegagahan tampilan SUV.

 

Fitur

Dalam hal fitur, telah banyak kecanggihan dan kepraktisan disematkan mengingat ini untuk memenuhi ekspektasi konsumen Eropa. Misalnya pintu bagasi elektrik yang cukup mengulurkan kaki ke bagian bawah bagasi, pintu akan terbuka otomatis. Ada juga sabuk pengikat barang di bagasi agar tidak goyang selama perjalanan.

Toyota Yaris Cross Interior Dashboard
Toyota Yaris Cross Interior Dashboard

Di kabin kokpit, dashboard mobil ini terlihat modern dengan head unit layar sentuh floating yang besar dan telah mendukung Apple CarPlay dan AndroidAuto, Instrumen Cluster full digital di balik lingkar kemudi, AC digital dual-zone yang memiliki fitur pendingin dan penghangat kabin, serta berbagai tombol pengaturan di palang setir, termasuk cruise control dan audio.

 

Mesin dan Sistem Penggerak

Salah satu yang paling menarik dari Yaris versi cakep ini adalah teknologi dapurpacu-nya, yaitu mesin bensin 3-silinder 1,5-liter dengan teknologi hybrid generasi ke-4 milik Toyota dan sistem penggeraknya yang All Wheel Drive (AWD).

 
Dapurpacu Yaris Cross menghasilkan tenaga maksimum 116 HP saja. Mungkin terlihat kecil, mengingat mobil-mobil Eropa bergenre SUV biasanya bertenaga hingga di atas 200 HP. Namun Toyota mengklaim angka itu sudah lebih dari cukup, mengingat ini adalah kendaraan perkotaan yang kompak.

 
Hal yang dikejar adalah efisiensi bahan bakar dengan efisiensi termal hingga 40% dan emisi CO2 kurang dari 90 g/km pada mode FWD dan di bawah 100 g/km pada mode AWD.

Mesin Toyota Yaris Cross - Hybrid Gen-4
Mesin Toyota Yaris Cross – Hybrid Gen-4

Belum lazim di Eropa sekalipun bahwa mobil kecil perkotaan dipersenjatai dengan teknologi AWD. Artinya Yaris Cross ini juga dipersiapkan untuk mampu menerjang medan semi off-road.

 
Dalam kondisi berkendara di jalanan mulus yang normal, sistem penggerak roda depan yang akan berfungsi. Namun jika sensor mendeteksi kondiri grip ban yang buruk, sistem AWD akan secara otomatis aktif. Untuk kondisi Eropa, grip di 4 roda dibutuhkan untuk kondisi jalan bersalju atau berpasir.

 
SUV ini akan diproduksi di Toyota Motor East Japan Co, Ltd untuk pasar Jepang. Sedangkan untuk pasar Eropa, Yaris Cross akan diproduksi di Toyota Motor Manufacturing, Valenciennes di Prancis, dengan kapasitas produksi lebih dari 150.000 unit per tahun.

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.