Fungsi Punuk di belakang Pembalap MotoGP

Apa Fungsi Punuk di Baju Pembalap MotoGP?

AutoSport Roda Dua

CaruserMagz.com – Bagi teman-teman yang suka nonton ajang balapan motor MotoGP, tentu mengetahui bahwa ada bagian seperti punuk unta di belakang seragam pembalap MotoGP. Lalu apa fungsi punuk di baju pembalap tersebut?

Baju pembalap yang disebut Wearpack bukanlah suit biasa yang nampak seperti baju ketat berbusa, tapi memiliki berbagai fungsi penting, khususnya sebagai bagian dari teknologi keselamatan untuk pembalap.

Baju pembalap tersebut ternyata cukup mahal, harganya sudah hampir setara harga motor skutik murah, yaitu sekitar Rp. 12 juta.

 

Berikut daftar fungsi punuk pada bagian belakang wearpack pembalap MotoGP:

Tempat Pompa Air Pendingin Wearpack

Suit pembalap dirancang sedemikian rupa, sehingga membuat pembalap tidak kepanasan saat beradu kecepatan di sirkut balap. Baju tersebut mempunyai sistem pendingin untuk mencegak pembalap mengalami dehidrasi karena keringatan.

Nah, di dalam bagian yang seperti punuk di baju pembalap tersebut ada pompa yang memompakan air ke beberapa bagian pakaian balap, sehingga melakukan fungsi layaknya radiator pada kendaraan.

Pembalap MotoGP dengan Wearpack canggih - Dani Pedrosa in Action
Pembalap MotoGP dengan Wearpack canggih – Dani Pedrosa in Action

 

Tempat Air Minum untuk Pembalap

Balapan dengan lintasan yang panjang bisa membuat pembalap mengalami dehidrasi, untuk itu disediakan air minum pada bagian punuk wearpack, yang dihubungkan ke helm dengan selang, sehingga pembalap bisa minum kapanpun dia mau.

Namun biasanya air minum tersebut hanya disediakan jika balapan digelar di negara beriklim tropis, seperti Malaysia, Singapura dan lainnya, yang membuat pembalap cepat kelelahan.

Baca juga:
Daftar Motor Terbaik tiap Segmen di Tahun 2020
Perjuangan Marc Marquez di Musim 2019 diabadikan dalam Film

 

Tempat Komponen Elektronik

Pakaian pembalap MotoGP dilengkapi airbags yang akan mengembang jika terjadi kecelakaan, sehingga pembalap terhindar dari benturan keras yang bisa membahayakan.

Komponen elektronik seperti prosesor dan sensor yang membuat airbag berfungsi diletakkan di dalam punuk tersebut juga. Sehingga jika kita perhatikan, baju pembalap terlihat mengembung pada beberapa bagian saat pembalap jatuh atau mengalami tabrakan.

Jadi bagian yang seperti punuk pada pakaian pembalap Motor tersebut seperti ruang mesin pada kendaraan, menjadi tempat berbagai komponen yang menjalankan fungsi penting bagi pembalap.
 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.