CaruserMagz.com

Blog Otomotif Mobil & Motor Indonesia

GR010 - Toyota Gazoo Racing Hybrid HypercarJanuary 15, 2021

Toyota Umumkan Hypercar GR010 HYBRID untuk Balapan WEC 2021

CaruserMagz.com – TOYOTA GAZOO Racing memperkenalkan GR010 Hybrid Hypercar pada Jumat, 15 Januari 2021. Divisi balap Toyota mempersiapkan hypercar berteknologi listrik tersebut untuk era baru Balapan Ketahanan Dunia, World Endurance Championship (WEC) FIA 2021.

GR010 HYBRID akan menjadi senjata Toyota Gazoo Racing mempertahankan gelar Juara Dunia WEC termasuk melanjutkan kejayaan di Le Mans. Untuk itu, hypercar berteknologi hybrid ini dikembangkan di TS050 HYBRID selama 18 bulan dalam kerjasama antara para engineer Gazoo Racing di Jerman dan ahli powertrain hybrid di Higashi-Fuji, Jepang.

Toyota Gazoo Racing-GR010 Hypercar
Toyota Gazoo Racing-GR010 Hypercar

Tampilan Racing

Tampilan baru yang mencolok dari prototipe balap membuat Toyota GR010 ini pantas disebut hypercar. Inspirasi desainnya diambil dari hypercar GR Super Sport yang debut publik selama demonstrasi berjalan dan seremoni kembalinya trofi “24 hours Le Mans 2020“, yang saat ini sedang dalam pengembangan.

Untuk menandai era baru TOYOTA GAZOO Racing ini, hubungan yang kuat antara mobil balap dan mobil jalan raya ditunjukkan melalui simbol livery baru dengan tulisan GR yang ikonik.

Toyota GR010 Hypercar Hybrid
Toyota GR010 Hypercar Hybrid

Seberapa Besar Tenaganya?

Paling menarik tentu adalah seperti apa dapurpacu GR010 hingga disebut hypercar? Kita membayangkan angka ribuan Horse Power dari kata Hypercar, sebagaimana Bugatti Chiron, SSC Tuatara atau Hennessey Venom.

Tapi mungkin Toyota GR010 ini termasuk salah satu anomali dalam perbedaan Supercar vs Hypercar, karena meskipun bergelar hypercar, ternyata besaran tenaganya bahkan tidak sebesar Lamborghini Aventador atau McLaren 720S yang bergelar supercar. Tapi besaran tenaga bukanlah satu-satunya pembeda hypercar dari sport atau supercar.

Baca: Apa Perbedaan Sportcar vs Supercar vs Hypercar

Toyota Gazoo Hypercar WEC 2021 - Driver Seat and Steering
Toyota Gazoo Hypercar WEC 2021 – Driver Seat and Steering

GR010 Hybrid dibekali powertrain balap hybrid berpenggerak empat roda. Dapurpacu utama adalah mesin V6 3,5-liter twin-turbo, yang bisa mensuplay tenaga 680 PS ke roda belakang dan dikombinasikan dengan motor listrik bertenaga 272 PS yang dikembangkan oleh AISIN AW dan DENSO, pada as roda depan.

Hitungan kasar menghasilkan output maksimal hingga 952 PS, itu angka yang terasa wajar untuk seekor hypercar. Namun di balapan output total dibatasi pada 680 PS (500kW) dengan sistem elektronik canggih yang secara otomatis mengurangi tenaga mesin proporsional terhadap jumlah dorongan hybrid yang digunakan.

Toyota Gazoo - GR010 Hybrid
Toyota Gazoo – GR010 Hybrid

Spesifikasi Dimensi

Sebagai bagian dari inisiatif cost-saving, sesuai peraturan WEC, GR010 HYBRID lebih berat 162 kg dan dengan daya 32% lebih sedikit dibanding pendahulunya TS050 HYBRID untuk waktu putaran Le Mans yang diharapkan sekitar 10 detik lebih lambat. GR010 juga memiliki dimensi yang lebih besar, yaitu lebih panjang 250 mm, lebih lebar 100 mm dan lebih tinggi 100 mm.

Untuk pertama kalinya sejak awal proyek WEC-nya, TOYOTA GAZOO Racing tidak akan menggunakan Motor Generator Unit (MGU) di roda belakang, karena hanya satu MGU yang diizinkan terletak di as roda depan. sebagai konsekuensinya, motor starter harus dipasang dan rem belakang hidraulik penuh juga diperlukan.

Toyota Hybrid Hypercar by Gazoo Racing
Toyota Hybrid Hypercar by Gazoo Racing

Fitur Aerodinamika

GR010 HYBRID memiliki fitur aerodinamika canggih yang dioptimalkan untuk efisiensi, dan dikembangkan menggunakan perangkat lunak Computational Fluid Dynamics dan pengujian di win-tunnel.

Peraturan teknis terbaru hanya mengizinkan satu paket bodywork homolog, dengan hanya satu perangkat aerodinamis yang dapat disesuaikan. Pada GR010 HYBRID bagian itu diletakkan pada sayap belakang untuk mengubah karakteristik aerodinamis di sirkuit downforce rendah dan tinggi.

Toyota Gazoo Racing - GR010 hypercar - Tampak Belakang
Toyota Gazoo Racing – GR010 Hybrid – Tampak Belakang

Balapan WEC Musim 2021

Pertarungan di WEC 2021 akan digelar dalam enam balapan di tiga benua, dimulai dengan “1000 Miles of Sebring” pada 19 Maret, “6 Hours of Spa-Francorchamps” pada 1 Mei dan puncak musim, “Le Mans 24 Hours” pada 12-13 Juni 2021.

TOYOTA GAZOO Racing memasuki musim kesembilannya di WEC dengan line-up pembalap yang sama dengan yang sebelumnya membawa kemenangan Le Mans dan Kejuaraan Dunia di musim 2019-2020.

Driver Position on Toyota Gazoo GR010 2021 WEC
Driver Position on Toyota Gazoo GR010 2021 WEC

Juara Dunia yang baru dinobatkan, Mike Conway, Kamui Kobayashi dan José María López akan mengendarai GR010 bernomor #7 sementara Sébastien Buemi, Kazuki Nakajima dan Brendon Hartley akan membalap dengan mobil bernomor #8. Nyck de Vries melanjutkan perannya sebagai pembalap tes dan cadangan.

Pada pembalap tersebut telah memulai program intensif untuk mengembangkan GR010 HYBRID, dengan dua tes tiga hari telah diselesaikan saat tim beradaptasi dengan peraturan baru yang merupakan perubahan signifikan dalam hal kinerja dan filosofi.

Untuk pertama kalinya, top-class di WEC dan Le Mans akan menampilkan kinerja mobil yang seimbang, yang berarti penyelenggara akan memodifikasi kinerja setiap mobil berdasarkan balapan, mengatur penggunaan energi dan bobot, menargetkan potensi kinerja yang identik dari masing-masing hypercar Le Mans.

Yayan Abdhi

Tulis Komentar