Berapa Biaya Perawatan Supercar? Siapkan Uang Segini buat Ngangon Mobil Super

Contoh Supercar Terkenal

CaruserMagz.com – Berapa biaya perawatan supercar? Seberapa besar uang yang harus dikeluarkan per tahun untuk memelihara Supercar? Mungkin itu pertanyaan awal bagi Sobat crazy richs baru yang sedang berencana memiliki seekor supercar.

Memiliki supercar adalah salah satu cara untuk menikmati kesuksesan bagi orang-orang muda masa kini. Itu juga bisa menjadi stempel besar bahwa pemiliknya bukan orang kaya kaleng-kaleng. Karena hanya orang yang benar-benar kaya, yang bisa membeli dan mempertahankan kepemilikannya pada mobil berkecepatan tinggi di jalan dan juga berkecepatan tinggi dalam menguras isi rekening pemiliknya.

Penggila mobil yang kaya-raya tidak mungkin melewatkan untuk membeli mobil sport berperforma tinggi, itu adalah salah satu mimpi yang harus diwujudkan. Membeli supercar adalah suatu pencapaian besar, namun mempertahankannya adalah hal lain, karena supercar adalah penghisap uang yang cukup tangguh.

Mengutip dari situs CarfromJapan, berikut daftar biaya perawatan Supercar dari 3 merek mainstream, yaitu Ferrari, Lamborghini dan Porsche:

1. Ferrari – Kuda Jingkrak Merah Menyala

Jika membahas supercar, Ferrari adalah yang berada dalam urutan pertama. Merek mobil sport mewah ini menjadi koleksi wajib para crazy rich di seluruh dunia.

Tahukah kamu, meskipun ini adalah merek mainstream, bukan berarti biaya mempertahankan mobil Ferrari adalah yang paling murah, sebaliknya biaya ngangon seekor Ferrari sangatlah mahal.

Ferrari Piloti 488 Pista Tailor Made 2018 - Exterior Front
Ferrari Piloti 488 Pista

Berikut ini adalah perkiraan umum biaya perawatan supercar Ferrari:

Suku Cadang dan Jasa ServisKisaran Biaya
Ganti Oli (Setiap 5.000 mil atau 8.000 km)Model:
– F430: $ 500 (±Rp 7,5 juta)
– 360 Modena: $ 800 (±Rp 12 juta)
– F355: $ 1.100 (±Rp 16 juta)
Ganti Busirata-rata $ 3.000 (±Rp 43 juta)
Belt (Setiap 15.000 mil atau 24.000 km)rata-rata: $ 4.000 (±Rp 58 juta)
Ganti Kopling6-Kecepatan: $ 2.500 (±Rp 36 juta)
F-1: $ 6.500 (±Rp 94 juta)
Asuransi $ 7.000 – 10.000 per Tahun
(±Rp 100 – 145 juta/tahun)
PajakBBN-KB: Harga mobil x 10% + PKB: Harga mobil x 1,5%.
Jika harga supercar Rp 15 M, maka pajak tahunannya adalah sekitar Rp 1,725 M.

Bagaimana, apakah Sobat sudah berdecak kagum dengan daftar biaya di atas? Jika itu angka yang mengerikan, maka itu berarti Anda belum cukup kaya untuk memiliki supercar.

2. Lamborghini – Banteng yang Berlari Kencang

Lamborghini adalah merek supercar mainstream yang menjadi kompetitor paling sengit dari Ferrari. Keindahan desainnya menakjubkan, semburan tenaganya garang mengintimidasi. Sejak awal didirikan, brand ini memang ditujukan menjadi pembunuh Ferrari, hingga sekarang persaingan keduanya adalah legenda yang terus berlangsung.

Lamborghini Lounge - Berapa biaya perawaran supercar lamborghini
Model Supercar Lamborghini

Berikut adalah perkiraan biaya perawatan supercar Lamborghini:

Suku Cadang dan Jasa ServisKisaran Biaya
Ganti Oli (Setiap 5.000 mil atau 8.000 km)– Gallardo: $ 400 (±Rp 6 juta)
– Murcielago: $ 2.000 (±Rp 29 juta)
Ganti Busi– Gallardo: $ 2.000 (±Rp 29 juta)
– Murcielago: $ 4.000 (±Rp 58 juta)
Perbaikan Transmisi (Jika bermasalah)rata-rata: $ 50.000 (±Rp 725 juta)
Ganti KoplingE-Gear Clutch:
Gallardo: $ 3.500 (±Rp 51 juta)
Murcielago: $ 12.000 (±Rp 174 juta)
Asuransi $ 5.000 – 20.000 per Tahun
(±Rp 73 – 290 juta/tahun)
PajakBBN-KB: Harga mobil x 10% + PKB: Harga mobil x 1,5%.
Jika harga supercar Rp 10 M, maka pajak tahunannya adalah sekitar Rp 1,15 M.

Apakah itu terlihat lebih murah dari Ferrari? Kami kira tidak. Angka-angka itu mungkin terasa wajar dan kecil bagi para crazy-rich, tapi bagi orang awam itu mungkin menakutkan. Karena untuk memelihara seekor supercar Lamborghini ternyata melebihi harga beberapa unit mobil yang sudah bisa disebut mobil mewah, semisal Fortuner atau Honda CRV.

3. Porsche – Sang Raja Jalanan

Berbeda dari 2 merek sebelumnya yang dari Italia, Porsche adalah merek supercar dari Jerman. Namun merek ini lebih banyak dikenal dengan Sportcar legendaris, walau ia juga membuat supercar hingga hypercar.

Kita mungkin melihat lebih banyak pesohor memiliki Porsche ketimbang Ferrari dan Lamborghini. Mungkin karena bentuk desainnya yang cantik, tapi daftar biaya perawatan mobil Porsche ini akan mengungkap salah satu alasan yang lebih benar.

Selera Mobil Raditya Dika - Porsche 911
Porsche 911

Berikut kisaran biaya memelihara supercar Porsche:

Suku Cadang dan Jasa ServisKisaran Biaya
Ganti Oli (Setiap 5.000 mil atau 8.000 km)rata-rata $ 300 (±Rp 4,3 juta)
Ganti Busi$ 900 (±Rp 13 juta)
Belt$ 185 – $ 230 (±Rp 2,7 – 3,3 juta)
Ganti Kopling$ 2.000 (±Rp 29 juta)
Auransi ±$ 2.700 (±Rp 39 juta) per Tahun
PajakBBN-KB: Harga mobil x 10% + PKB: Harga mobil x 1,5%.
Jika harga supercar Rp 5 M, maka pajak tahunannya adalah sekitar Rp 575 juta.

Angka-angka di atas menunjukkan bahwa Porsche lebih mudah dipertahankan dibandingkan dengan dua merek supercar mainstream sebelumnya. Supercar Porsche menjanjikan pengalaman luar biasa dalam hal daya dan kualitas berkendara, namun biaya perawatannya hampir sama dengan BMW M-Series atau Mercedes AMG.

Itulah mengapa banyak artis dan pesohor olahraga dengan kekayaan menengah memiliki Sportcar atau Supercar Porsche. Itu karena biaya perawatannya yang lebih ringan. Karena jika biaya bukanlah masalah, tentu Lamborghini dan Ferrari akan lebih megah untuk dipamerkan.

Selain tampilannya yang imut dan berkesan lembut, Porsche juga membuat sportcar yang lebih lunak dalam hal kenyamanan berkendara berkat tenaga yang tidak begitu mengintimidasi dibanding supercar. Itu membuat kaum hawa pun akan merasa mobil dari merek ini cocok untuk mereka.

Baca juga:

Then Now You See..

Sekarang Sobat tahu, seberapa besar kira-kira biaya memelihara seekor supercar. Kenikmatan memiliki supercar mungkin sepadan untuk biaya itu bagi mereka yang suka pamer kekayaan dan show-off kegagahan di balik lingkar kemudi supercar.

Sebagai catatan, perkiraan biaya perawatan normal supercar di atas, kecuali pajak, adalah standar di luar negeri semisal Amerika Serikat atau Eropa. Sedangkan di Indonesia, sangat mungkin lebih mahal mengingat semua suku cadang harus diimpor dan dikenakan pajak barang mewah juga.

Sobat CarUser harus benar-benar kaya untuk memiliki supercar dalam waktu lama. Uang Miliaran haruslah berarti uang receh bagi Anda, karena memiliki supercar berarti Anda harus mengeluarkan biaya yang sama dengan membeli beberapa mobil mewah tiap tahun.

Namun bisa juga uang tersebut dianggap bermamfaat sebagai sedekah pada negara dalam bentuk pajak barang mewah, dan sebagai uang sumbangan yang banyak pada pabrikan supercar untuk keberlangsungan brand mereka yang megah.

Tulis Komentar