SSC Tuatara - Hypercar Tercepat di dunia kalahkan Bugatti Chiron

SSC Tuatara, Mobil Tercepat di Dunia yang Tumbangkan Rekor Bugatti Chiron

Berita SPORT SSC

CaruserMagz.com – Shelby SuperCars (SSC) berhasil mematahkan rekor mobil tercepat di dunia yang selama ini dipegang oleh Bugatti Chiron SuperSport. Hypercar SSC tersebut bernama Tuatara, yang dipacu oleh pembalap Inggris Oliver Webb di State Route-160 Amerika Serikat pada 10 Oktober 2020.

SSC Tuatara mencatatkan kecepatan puncak hingga 532,94 km/jam (331.15 Mil/Jam), dengan kecepatan rata-rata sepanjang lintasan sebesar 508,73 km/jam (316,11 mph), angka itu menumbangkan rekor mobil tercepat di dunia yang selama ini dipegang Bugatti Chiron Super Sport dengan capaian kecepatan 490,48 km/jam (304,77 Mil/Jam).

SSC Tuatara Hypercar Amerika yang Patahkan Rekor Bugatti Chiron
SSC Tuatara Hypercar yang Patahkan Rekor Bugatti Chiron

Pada sprint pertama, Oliver Webb mencapai kecepatan 301,07 mph (484,53 km/ jam). Kemudian pada pacuan kedua, barulah Webb berhasil mencapai kecepatan 331,15 mph. Menurut pembalap Inggris tersebut, sebenarnya Tuatara bisa lebih cepat lagi dari itu, karena hypercar tersebut belum kehabisan tenaga, hanya saja rintangan angin yang membatasi mobil untuk dipacu lebih kencang.

Baca juga: Daftar 10 Mobil Termahal di Dunia

Pasti ada lebih banyak (tenaga) di sana, dan dengan kondisi yang lebih baik, saya tahu kami bisa melaju lebih cepat, saat saya mendekati 331 mph, Tuatara naik hampir 20 mph dalam lima detik terakhir. Mobil masih belum kehabisan tenaga. Rintangan angin adalah satu-satunya hal yang menghalangi kami untuk mencapai batasan mobil (yang sebenarnya),” papar Webb pada Top Gear.

Hypercar ini memiliki dapurpacu berupa mesin V8 twin-turbo 5.9-liter yang diklaim mampu menghasilkan 1.350 HP dengan bahan bakar oktan 91, dan melejit ke 1.750 HP dengan bahan bakar berspesifikasi lebih tinggi. Dengan dapurpacu tersebut, SSC Tuatara diklaim mampu menuntaskan 0-100 km/jam dalam waktu sekitar 2,5 detik dan top-speed melebihi 300 mph (483 km/jam). Untuk mengumumkan capaian itu, SSC menggunakan hastag ‘LifeBeginsat300’ dan ‘YearofTheTuatara’.

SSC Tuatara Tampak Belakang
SSC Tuatara Tampak Belakang

Baca juga: Inilah Mobil Terbaik Dunia 2020

Butuh 10 tahun bagi SSC untuk merebut kembali tahta mobil versi produksi tercepat dunia dari Bugatti. Rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh SSC Ultimate Aero yang dipatahkan oleh Bugatti Veyron, yang kemudian dilanjutkan oleh Chiron. Jadi ini adalah pembalasan atas dendam lebih dari 10 tahun silam.

Sudah sepuluh tahun sejak kami memegang rekor ini dengan mobil pertama kami, Ultimate Aero, dan Tuatara berada jauh di depan. Kinerjanya mencerminkan dedikasi dan fokus kami dalam mengejar pencapaian ini. Kami hampir memenuhi angka-angka teoritis, yang luar biasa dilakukan dalam suasana dunia nyata di jalanan umum,” ungkap Jerod Shelby, CEO SSC.

Seperti diungkap Carscoops.com, harga hypercar SSC ini diyakini berada pada kisaran $ 1,6 – $ 2 juta A.S. atau sekitar Rp 23,5 Miliar hingga Rp 29,4 Miliar. Tuatara dibuat sebagai limited edition yang hanya diproduksi sebanyak 100 unit saja. Artinya tidak banyak crazy-rich petrol heads yang bisa menikmati hypercar buas ini.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar