Hennessey Venom F5 Diluncurkan, Hypercar 1.817 HP Berkecepatan 512 Km/Jam

Hennessey Venom F5 - Front

CaruserMagz.com – Perang untuk gelar mobil tercepat di dunia belum berhenti dengan rekor 533 kpj yang dicapai SSC Tuatara. Hennessey seperti tidak rela dengan pencapaian SSC tersebut. Perusahaan pengoprek sportcar dari Amerika itu membangun hypercar yang lebih buas bernama Venom F5 pada Desember 2020.

Hennessey Performance Engineering mendesain hypercar untuk merayakan ulang tahun perusahaan ke-30. Venom F5 adalah penerus Venom GT, inisial F5 diambil dari skala kecepatan badai Tornado dari Fujita Scale, dimana Tornado F5 berkecepatan angin 261-318 mph (420 – 512 km/jam).

Spesifikasi Mesin

Untuk mencapai angka kecepatan lebih dari 512 km/jam, hypercar ini dilengkapi mesin V8 6,6-liter twin-turbo yang dirakit dengan tangan. Mesinnya diklaim sebagai mesin mobil legal-road terkuat yang pernah dibuat hingga saat ini.

Di atas kertas, mesin V8 tersebut diklaim menghasilkan tenaga maksimum 1.817 hp (1.842 PS) dan torsi 1.617 Nm yang menggerakkan roda belakang melalui transmisi semi-otomatis 7-percepatan.

Hennessey Venom F5
Hennessey Venom F5

Performa dan Kecepatan Venom F5

Tidak disebutkan angka pasti mengenai performa 0-62 mph, namun diklaim kurang dari 3-detik untuk melejit ke 100 km/jam dari posisi diam. Kecepatan 200 km/jam kurang dari 5-detik, dan 300 km/jam kurang dari 10-detik. Top speed diklaim tidak akan kurang dari 301 mph (484 km/jam) dan diharapkan lebih dari 512 km/jam.

Bobot mobil ini adalah sebesar 1.360 kg (2.998 lbs). Itu sangat ringan untuk hypercar berkat sasis monokok serat karbon yang hanya 86 kg. Sehingga rasio power-to-weight Venom F5 adalah yang terbesar dari mobil manapun.

Hennessey Venom F5 - Engine
Hennessey Venom F5 – Engine

Angka-angka tersebut melebihi spesifikasi dan klaim mobil tercepat di dunia saat ini, yaitu SSC Tuatara. Dimana hypercar SSC tersebut memiliki dapurpacu lebih kecil berupa mesin V8 5.9-liter twin-turbo yang diklaim bertenaga hingga 1.750 HP. Artinya Venom F5 ini berpotensi melebihi Tuatara yang berhasil mencatatkan angka 533 km/jam.

Hypercar ini dilengkapi dengan 5 mode berkendara, yaitu Sport, Track, Drag, Wet dan F5. Mode F5 dibuat khusus untuk mengeluarkan kesaktian maksimum dari mobil ini. Mungkin seperti mode Super Seiya tertinggi milik Sun Go Ku di kisah Dragon Ball.

Harga Hennessey Venom F5

Hennessey Venom F5 ini harus dipesan terlebih dahulu sebelum diproduksi. Ini adalah limited edition yang hanya disediakan 24 unit dengan harga dasar $ 2,1 juta, atau sekitar Rp 30 Miliar, belum termasuk pajak dan biaya pengiriman. Pengiriman pertama direncanakan tahun 2021.

Desain

Konsep desain mobil hyper ini sebenarnya telah diumumkan pada ajang SEMA di Las Vegas, AS pada 1 November 2017 silam. Namun saat itu hanya berupa model konsep tanpa interior dan mesin.

Secara spesifikasi. Venom lebih segalanya dari SSC Tuatara. Hal yang akan memainkan peranan selanjutnya untuk memecahkan rekor mobil tercepat di dunia adalah tentang aerodinamika untuk melawan rintangan angin.

Venom F5 - Rear in Speed
Venom F5 – Rear in Speed

Untuk itu, F5 didesain ramping dengan splitter depan yang menonjol, kap berventilasi, dan scoop samping yang besar. Model ini juga menampilkan bagian bawah mobil yang rata dan bagian belakang berventilasi, diffuser besar, dan empat tip knalpot Cerakot. Rodanya berukuran 19-inci di depan dan 20-inci belakang yang dibalut ban Michelin Pilot Sport Cup-2.

Interior sporty-nya akan membuat para petrol-heads merasa duduk di kabin bertabur berlian hitam, berupa bahan carbon fiber dan kulit berkualitas tinggi di hampir semua bagian interior.

Interior hypercar Hennessey - Dashboard
Interior hypercar Hennessey – Dashboard

Kokpit hypercar ini berfokus pada pengemudi. Konsol tengah ramping memuat tombol start, pilihan gear maju, mundur dan netral, serta ventilasi AC yang disusun vertikal. Sementara fitur-fitur mengemudi lebih banyak disematkan pada spoke kemudi yang berbentuk huruf-U untuk membuat cluster instrumen digital 7 inci terlihat jelas oleh pengemudi.

Meskipun ini adalah hypercar ganas yang seharusnya pengemudi berfokus ke jalan, Center cluster tetap diberi sistem infotainment Alpine 9-inci, untuk penggunaan yang realistis sebagai mobil legal di jalan raya. Sistem tersebut memuat fitur navigasi GPS serta Android Auto dan Apple CarPlay.

Sesi Khusus Uji Kecepatan

Hennessey telah mengumumkan akan menggelar acara khusus untuk uji kecepatan tertinggi Venom F5 yang terverifikasi secara resmi di Pusat Antariksa Kennedy NASA. Pengujian tersebut diserahkan pada pihak independen pada landasan pacu pesawat luar angkasa sepanjang 5,2 km.

Acara sakral untuk mematahkan rekor SSC Tuatara tersebut akan dihadiri oleh saksi independen, para jurnalis media otomotif dan pelanggan yang telah memesan Venom F5. Hasil pengujian akan diumumkan secara resmi dalam bentuk foto-foto dan video yang terverifikasi.

Tulis Komentar