Wuling Almaz 7-Seater Diluncurkan di China, Akankah Hadir di Indonesia?

CaruserMagz.com – PT SGMW Motor Indonesia selaku Produsen dan Pemegang merek Wuling di Indonesia akan segera meluncurkan SUV pertamanya di tanah air. SUV tersebut telah terdeteksi akan bernama Wuling Almaz, yaitu mobil yang sebenarnya sudah eksis di negeri asalnya dengan nama Baojun 530.

 
Pada Kamis, 3 Januari 2019 Wuling meluncurkan Baojun 530 7-Seater di China, dimana sebelumnya SUV yang bernama Almaz di Indonesia ini hanya berkonfigurasi 5-seater saja.

 
Raksasa otomotif Tiongkok tersebut menghadirkan varian baru dari SUV andalannya, mengingat masyarakat Tiongkok sekarang lebih suka pada mobil-mobil dengan akomodasi yang banyak dan besar.

 
Baojun 530 yang sudah ada sekarang hanya berkonfigurasi 5-seater. Sehingga jika diluncurkan di Indonesia sebagai Wuling Almaz dengan kapasitas 5-penumpang dan harga yang diperkirakan akan berkisar Rp. 250 hingga 300 jutaan, Wuling Almaz akan bersaing dengan Honda HR-V, Suzuki S-Cross atau Medium Hatchback seperti Yaris, Jazz dan KIA Rio.

 

Wuling Almaz 7-Seater - Baojun 530
Wuling Almaz 7-Seater – Baojun 530

Baca juga:
Ini Perkiraan Harga Wuling Almaz SUV di Indonesia
Wuling Cortez kian Sempurna dengan Transmisi CVT

 

Akankah Wuling Almaz Indonesia Berkapasitas 7-Penumpang?

 
Namun jika ternyata versi 7-Seater yang diluncurkan untuk Indonesia, Wuling Almaz akan head-to-head dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Honda BR-V dalam hal harga dan segmen. Jika ingin laris manis, menurut kami, Wuling Indonesia harus menghadirkan Almaz sebagai SUV 7-Seater.

 
Namun dalam hal kualitas eksterior, interior, desain dan fitur, Wuling Almaz akan jauh di atas Low SUV sejuta umat. Banyak kalangan pegiat otomotif menyetarakan Almaz dengan Honda CR-V atau Nissan X-Trail. Sehingga value for money SUV Wuling ini akan sangat menggiurkan bagi mereka yang tidak begitu memperdulikan brand image.

 

Wuling Almaz 7-Seater -All Cabins Baojun 530
Wuling Almaz 7-Seater -All Cabins Baojun 530

Sayangnya ternyata tidak ada penambahan dimensi pada Baojun 530 7-seater tersebut dibanding versi 5-seaternya. Sehingga kemungkinan kabin baris ketiga akan terasa sempit. Namun hal itu wajar, karena medium SUV sekelas Nissan X-Trail saja punya baris ketiga yang tidak cocok untuk orang dewasa.

 
Hal menariknya adalah kursi baris ketiga dan kedua akan membentuk ruang rata lantai jika semuanya dilipat. Uniknya di bawah kursi baris kedua disediakan hidden storage, namun mungkin tidak cocok dijadikan tempat menyimpan barang secara permanen, karena kursi tersebut akan sering dilipat dengan fitur One-Touch-Tumble untuk mempermudah akses ke baris ketiga.

 

Wuling Almaz 7-Seater - Rata Lantai
Wuling Almaz 7-Seater – Rata Lantai

 

Trim Kemewahan dan Varian Baojun 530 7-Seater

 
Baojun 530 7-seater ini dijual dengan 3 trim kemewahan, yaitu Comfort, Elite dan Luxury. Total ada 5 pilihan varian, yaitu 3 varian manual dengan semua trim kemewahan. Sedangkan 2 varian bertransmisi matic hanya ada trim Elite dan Luxury.

 
Tipe termurah dari Baojun 530 7-seater dibanderol dengan harga 78.800 Yuan (sekitar Rp 164 jutaan), yaitu trim Comfort Manual. Sedangkan tipe termahal pada harga 97.800 Yuan (sekitar Rp 204 jutaan), yaitu trim Luxury Otomatis. Hmm.. murah sekali yah, padahal ini SUV lho, jika saja ini adalah brand Jepang, mungkin harganya sudah sekitar Rp. 400 jutaan.

 
Semoga Wuling Almaz yang akan segera diluncurkan di Indonesia juga tersedia versi 7-Seater, sehingga konsumen Indonesia bisa memiliki SUV semewah CR-V Turbo, tapi dengan harga setengahnya atau sekitar Rp. 250 jutaan saja. Kita nantikan saja peluncuran resmi Wuling Almaz yang kabarnya pada awal tahun 2019.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

One thought on “Wuling Almaz 7-Seater Diluncurkan di China, Akankah Hadir di Indonesia?

  • January 15, 2019 at 10:54 am
    Permalink

    Semoga Wuling Almaz yang akan segera diluncurkan di Indonesia juga tersedia versi 7-Seater !!!

    Reply

Tulis Komentar