Hyundai Kona diluncurkan, ini Spesifikasi dan Fiturnya

CaruserMagz.com – Hyundai Kona, Crossover penantang Toyota C-HR dan Honda HR-V di pasar global menampakkan diri lebih jelas melalui peluncuran resmi pada Selasa, 13 Juni 2017 di Seoul Korea Selatan. Berikut spesifikasi dan penampakan eksterior dan interiornya.

 

Hyundai Kona mengisi line-up di antara Hyundai Santa-Fe dan Tucson. Sehingga diharapkan Kona dapat menambah segmen konsumen Hyundai, khususnya di Eropa dan Amerika.

 

Layaknya mobil-mobil Hyundai lainnya, Kona punya pasangan dari KIA, yaitu KIA Stonic. Keduanya punya platform yang sama dan juga mesin dengan kapasitas, output tenaga dan torsi yang juga sama. Namun keduanya didesain dengan tampilan yang sangat berbeda, mengusung masing-masing ciri khas desainnya.

 

Desain Hyundai Kona ini dikembangkan di pusat Desain Hyundai California. Sangyup Lee, selaku Hyundai’s Head of Styling, mengatakan: “Kami ingin membangun karakter yang kuat. Sebagai suatu rancangan, menciptakan icon adalan tantangan yang sulit. Impresi pertama yang diharapkan adalah tentang karakter yang dinamis.”

 

Dimensi

 

Dimensi keseluruhan Hyundai Kona adalah panjang 4.165mm, lebar 1.800mm dan tinggi 1.550mm. Dimensi tersebut sedikit lebih rendah dan lebih pendek dari Nissan Juke. Walau lebih pendek, Kona punya wheelbase yang lebih panjang 7cm, yaitu hingga 2.600mm. Kona juga lebih lebar 3,5 cm dibanding Juke.

 

Dimensi yang lebih rendah dan lebih lebar bisa berarti kestabilan yang lebih baik, sehingga crossover ini seharusnya lebih fun to drive.

 

Untuk jarak terendah ke jalan, Hyundai Kona dibekali ground clearance 170mm dengan suspensi McPherson struts. varian 2WD dilengkapi couple torsion beam sedangkan model 4WD dengan multi-link system. Velg untuk tipe standar adalah 16 inci, namun disediakan juga pilihan velg 17 hingga 18 inci.

 

Eksterior

 

Pada bagian depan, terlihat disematkan desain grill khas Hyundai terkini yang disebut the marque’s new ‘Cascading Grille’. Menurut Hyundai, desain ini untuk menggambungkan tampilan modern berteknologi tinggi dan kemewahan, sehingga menarik minat pembeli mobil masa kini.

 

Ada filosofi desain Nissan Juke pada fascia depan Hyundai Kona ini, yaitu lampu utama yang seolah-olah seperti foglamp besar, sedangkan pada bagian yang biasanya dihuni lampu utama, diganti oleh lampu LED sipit dengan DRL dan lampu-sein di dalamnya. Foglamp sebenarnya tetap disediakan dengan posisi di bawah grill radiator.

 

Bagian belakang dibuat senada dengan depan, rear-lamp yang sipit memanjang hingga ke pintu bagasi. Rear lamp ini dilengkapi list LED. Sedangkan lampu sein belakang disatukan dalam rumahan reflektor.

 

 

Hal unik dari Hyundai Kona ini adalah bertaburnya aksen plastik hitam pada fascia depan dan belakang yang bersambung dengan over-fender, side-skirt hingga ke rumahan lampu utama dan lampu sein belakang. Rear spoiler juga dibuat berwarna hitam bersambung dengan list plastik hitam pada sebagian pilar-D. Crossover baru ini dibuat dual-tone color dengan warna hitam pada semua pillar-pillar dan keseluruhan atapnya.

 

Menurut desainer Hyundai, area plastik hitam yang banyak tersebut adalah untuk menggambarkan styling protective armor, atau baju zirah pelindung.

 
 

Interior

 

Masuk ke kabin, terlihat desain modern Hyundai yang simple namun terlihat kekinian. Balutan bahan berkualitas tinggi terlihat dari gambar yang dirilis Hyundai ini. Desain ini mengingatkan kita pada dashboard KIA All New Picanto 2017. Sedangkan pada bagian doortrim terlihat desain khas Hyundai.

 

Berbagai kelengkapan kekinian terlihat dengan adanya floating head unit yang merupakan monitor layar sentuh, AC digital, steering switch buttons, start-stop engine button dan tampilan cluster-meter yang modern. Aksen warna eksterior juga disematkan pada beberapa bagian agar penumpang mobil ini juga merasakan aura warna luar mobilnya di dalam kabin.

 

 

Ruang kabin depan menyediakan ketinggian hingga 1.005mm, sedangkan kabin belakang 961mm. Hyundai Kona ini memiliki luas bagasi hingga 361 liter, lebih luas dari milik Nissan Juke yang hanya 354 liter. Dengan melipat kursi baris kedua, kapasitas maksimum yang bisa disediakan Kona adalah 1.143 liter.

 
 

Fitur

 

Hyundai Kona dilengkapi audio system TFT 5.0 inci sebagai standar, namun pembeli Kona bisa memilih head unit layar sentuh 8,0 inci yang disediakan sebagai opsional. Konektifitas yang disediakan sudah lengkap dengan teknologi terbaru seperti sinkronisasi smartphone menggunakan Apple CarPlay atau Android Auto. Port pengecasan smartphone nirkabel juga tersedia sebagai pilihan.

 

Audio system tersebut didukung oleh 8-speaker yang disupplai oleh Krell, sebuah perusahaan audio terkemuka di Amerika Serikat.

 

Selain itu, Hyundai Kona dilengkapi dengan beberapa fitur keselamatan aktif. seperti: Autonomous emergency braking atau pengereman darurat otonom, lane keeping assist untuk menjaga mobil tetap pada jalurnya, rear cross traffic alert atau peringatan lalu lintas kendaraan lain dari belakang dan blind spot detection. Untuk model 4WD, Kona juga dilengkapi fitur traction control yang menjaga grip ban ke jalan.

 
 

Pilihan Varian Mesin

 

Hyundai Kona tipe standar bermesin bensin 1.0L T-GDI yang bertenaga 118 bhp dan  torsi 172,2 Nm pada 1.500 – 4.000 rpm. Mesin ini mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 12 detik dengan top speed 180 km/jam.

 

Tipe yang lebih bertenaga dipersenjatai mesin 1.6L T-DGI dengan power maksimum hingga 174 bhp dan torsi 264,4 Nm pada 1.500 – 4.000 rpm. Performa mesin ini adalah akselerasi 0-100 km/jam dituntaskan dalam 7,9 detik dan top speed hingga 204 km/jam.

 

Kedua varian dilengkapi dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan dan transmisi otomatis dual-cluth 7-percepatan, serta juga disediakan varian berpenggerak 2WD dan All-Wheel-Drive (4WD).

 

Varian bermesin diesel juga disediakan, namun baru akan hadir pada tahun 2018. Walau belum ada konfirmasi resmi dari Hyundai, namun dikabarkan mesin diesel tersebut berkapasitas 1.6L dengan 2WD bertenaga 113 bhp untuk transmisi manual 6-percepatan. Sedangkan jika dilengkapi transmisi 7-percepatan  DCT dan 4WD, tenaganya menjadi 134 bhp.

 

Konsumen Hyundai Kona di beberapa Negara selain Eropa akan ditawarkan varian bermesin 2.0L MPI Atkinson. Pada varian otomatis dengan 7-percepatan, baik mesin bensin atau diesel akan dilengkapi 2 mode berkendara, yaitu normal dan sport.

 
 

Harga dan Area Pemasaran

 

Hyundai mengincar pasar Amerika dan Eropa yang sedang sangat menyukai SUV. Harga jual termurah diperkirakan mulai £15,000 atau sekitar 254 Juta Rupiah.

 

Kona akan mulai dijual pada Juli 2017 di Korea Selatan, kemudian disusul launching di Amerika Utara  dan Eropa. Untuk area Inggris Raya (UK) diperkirakan baru masuk pada November 2017.

 

Seperti biasanya, Hyundai membeda-bedakan fitur dari produknya di setiap area pemasaran. Seperti fitur keselamatan, handling, suspensi dan lain sebagainya termasuk pilihan mesin. Misalnya di Inggris, dikabarkan akan ada Hyundai Kona bermesin bensin turbo.

 

Jika saja crossover atraktif ini juga masuk ke Indonesia, maka kemungkinan akan banyak penyunatan fitur seperti pada mobil-mobil Hyundai dan KIA sebelumnya. Hal yang biasanya lebih dulu dihilangkan adalah fitur keselamatan yang belum lazim ada di Indonesia untuk mobil berharga di bawah 1 Milyar Rupiah seperti Lane Keeping Assist, Autonomous Braking Assist, 6 airbags dan tentunya audio system yang mahal.

 

Salam Otomotif!

 

Sumber Gambar: AutoCar

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."