Beda Teknologi Mesin Hybrid Nisssan e-Power pada Kicks

Teknologi Hybrid Nissan Kicks e-Power Beda dari Toyota C-HR, Diklaim Lebih Efisien

Berita Nissan SUV

CaruserMagz.com – Nissan Motor Indonesia menghadirkan Crossover Hybrid pertamanya di Indonesia berupa Nissan Kicks e-Power, pada Rabu 2 September 2020. Kicks menjadi penantang langsung bagi 2 mobil hybrid dari Toyota yang telah lebih dulu hadir, yaitu Toyota C-HR dan Corolla Cross.

Secara harga, Kicks menjadi mobil hybrid termurah di Indonesia, mengalahkan Toyota Corolla Cross. Namun secara segmen, Kicks dapat digolongkan compact SUV mengingat dimensinya yang lebih cocok bersaing dengan C-HR.

Meskipun sama-sama hybrid, ternyata teknologi e-Power milik Nissan Kicks berbeda dari teknologi elektrifikasi Toyota Corolla Cross dan C-HR serta pada umumnya mobil hybrid lain. Konsep kerja mesin Kicks berbeda, karena mesin bakarnya sama sekali tidak terhubung dengan roda penggerak, melainkan hanya berfungsi sebagai pembangkit listrik alias genset yang mengisi daya listrik ke baterai Lithium.

Sedangkan pada Corolla Cross dan C-HR, mesin bakarnya mempunyai dua fungsi, bisa mengisi daya baterai tapi bisa juga menggerakkan roda saat dibutuhkan performa lebih. Sehingga pada pengendaraan yang agresif atau kecepatan tinggi di jalan toll, mesin hybrid Toyota akan aktif baik mesin bakar maupun motor listriknya.

Sistem Hybrid pada Nisssan Kickc e-Power
Sistem Hybrid pada Nisssan Kickc e-Power

Nissan Kick e-Power dibekali mesin bensin berkode HR12DE 3-silinder dengan kubikasi 1.198 cc. Mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 129 hp mulai 4.000 rpm dan torsi 260 Nm yang tercapai sejak 500 rpm saja. Drivetrain menggerakkan roda depan dengan motor listrik yang terhubung ke melalui e-Transmission.

Dengan sistem tersebut, Nissan mengklaim bahwa Kicks e-Power ini lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar ketimbang mesin hybrid konvensional. Namun tidak disebutkan berapa klaim konsumsi bbm dan performa crossover hybrid ini.

Hal yang menarik dari Crossover listrik ini adalah fitur-fiturnya yang mulai mengadopsi paket Nissan Intelligent Mobility. Beberapa fitur pintar sudah disematkan, antara lain: Intelligent Cruise Control, Emergency Braking dan Forward Collision Warning. Ada juga Around View Monitoring, Blind Spot Monitoring, Driver Attention Alert, dan Rear Cross Traffic Alert. Yang juga menarik adalah fitur One Pedal Operation yang bisa menambah akselerasi dan rem dengan satu pedal.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar