Toyota Yaris 2020 Facelift Diluncurkan 8 September 2020

Toyota New Yaris 2020 Facelift Diluncurkan, Simak Harga dan Perubahannya

Berita HATCHBACK Toyota

CaruserMagz.com – Hari ini, 8 Agustus 2020 PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota New Yaris 2020 Facelift, sesuai janjinya yang telah ramai di kabarkan seminggu sebelumnya, karena undangan resmi telah disebar ke media pada 1 September 2020.

Seremoni peluncuran New Yaris 2020 Facelift ini digelar secara virtual melalui akun YouTube Toyota Indonesia mulai pukul 11:00 – 11:20 WIB. Sebelumnya Medium Hatchback ini telah debut di Asia Tenggara melalui peluncuran di Thailand pada 20 Agustus 2020 lalu, sehingga ubahan tampilan bukanlah kejutan lagi.

Yang dinanti-nantikan oleh media dan calon konsumen tentu adalah harga resmi dan tambahan fitur untuk pasar Indonesia, apakah sama dengan versi Thailand atau banyak dikurangi. Meskipun segmen Hatchback kian tergusur oleh SUV, namun Yaris tetaplah mobil berlencana Toyota yang cukup laris. Kompetitor yang patut waspada adalah rival abadinya, Honda Jazz.

Perubahan Varian dan Harga

Toyota Yaris 2020 facelift ini dibanderol mulai Rp 263.4 Juta untuk varian termurah dan Rp 301,4 Juta untuk varian termewah. Artinya naik sebesar Rp 4,15 Juta hingga Rp 9,95 Juta dari versi sebelumnya.

Namun ada tipe yang dihilangkan dari versi facelift 2020 ini, dimana tidak ada lagi tipe E sebagai varian termurah. Hanya ada 2 tipe, yaitu tipe G dan TRD, namun varian dibedakan dari jumlah airbags (AB). Dimana tipe yang lebih mahal disematkan 7-airbags sedangkan tipe standar hanya 3-airbags. Total ada 8 varian dengan masing-masing tipe memiliki 4 varian dengan perbedaan transmisi dan jumlah airbags.

Varian dengan 7-airbags lebih mahal Rp 5 Juta dari yang 3-airbag. Sedangkan tipe TRD lebih mahal Rp 21,4 Juta untuk varian transmisi manual dan tipe TRD Matic lebih mahal Rp 22,2 Juta dari G Matic. Berikut daftar harga resmi Toyota New Yaris 2020 Facelift untuk OTR wilayah DKI Jakarta:

G M/T 3 AB – 263,4 Juta
G M/T 7 AB – 268,4 Juta
G CVT 3 AB – 274,2 Juta
G CVT 7 AB – 279,2 Juta
TRD M/T 3 AB – 284,8 Juta
TRD M/T 7 AB – 289,8 Juta
TRD CVT 3 AB – 296,4 Juta
TRD CVT 7 AB – 301,4 Juta

Banderol Yaris versi sebelumnya kemungkinan akan mendapat diskon besar-besaran guna menghabiskan stok terakhir. Sehingga bagi Anda yang tidak masalah dengan model lama, ini adalah peluang baik untuk membeli Yaris. Berikut daftar harganya sebelum diskon:

E M/T – 250,95 Juta
E CVT – 262,75 Juta
G M/T – 259,25 Juta
G CVT – 270,25 Juta
S M/T TRD – 279,65 Juta
S CVT TRD – 291,45 Juta

Apa saja Yang Berubah? Sebagai versi facelift, perubahan paling wajib adalah pada face-nya, atau tampilan luar. Namun selain itu, ada juga beberapa perubahan lainnya seperti fitur hiburan dan fitur keselamatan.

Perubahan Eksterior

Secara tampilan luar, perubahan yang paling kentara dari Yaris Facelift 2020 ini adalah fascia depannya. Jika dulu grill-nya berbentuk mengecil ke bawah dan ada ekstensi ke lampu kabut, sehingga Yaris tersebut mendapat julukan Yaris Joker, karena wajahnya mirip joker yang sedang tersenyum.

Sebelumnya julukan Joker, yaris mendapat julukan ‘Yaris Lele‘, karena ada bentuk kumis lele di wajahnya. Kini Yaris 2020 Facelift bisa kami juluki dengan sebutan kumis lagi, yaitu ‘Yaris Pak Raden‘. Karena bentuk wajahnya seperti berkumis tebal dengan ujung-ujung meruncing ke atas di foglamp housingnya. Itu senada dengan kumis tokoh Pak Raden dalam cerita anak-anak tahun 90-an.

Wajah Baru Yaris Facelift 2020 dengan Grille Kumis Pak Raden

Lampu-lampu di bagian depan Yaris 2020 ini kini sudah serba LED. Di lampu utama ada 3 buah LED reflektif dan lampu kabut juga telah menggunakan LED. Nuansa TRD Sportivo yang lama masih terasa dengan garis merah di bagian bumper depan dan belakang, serta sticker TRD di bagian bawah pintu.

Di bagian samping, velg berukuran 16-inci dengan profil ban 195/50 R16. Desain spoke velgnya tidak berubah dari model sebelumnya. Di bagian belakang juga tidak berubah dari model sebelumnya.

Perubahan untuk urusan eksterior adalah radius putar yang diperpendek jadi 5,1 meter. Hal ini kemungkinan karena banyaknya keluhan bahwa Yaris versi sebelumnya sulit untuk bermanufer karena radius putar yang besar. Diharapkan Yaris Facelift ini jadi lebih lincah di perkotaan.

Seiring dengan berjalannya waktu, terjadi perubahan tren dan kebutuhan pelanggan yang menginginkan Yaris lebih stylish, youthful, dan lincah,” kata Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing TAM.

Untuk itu, konsep improvement pada New Yaris kali ini adalah melengkapi dan menguatkan DNA Yaris dengan nilai tambah berupa kelincahan sebagai hasil dari radius putar yang lebih pendek serta desain eksterior yang stylish dan youthful,” ujar Anton.

Perubahan Interior dan Fitur

Masuk ke kabin, Yaris 2020 Facelift telah dilengkapi New Advanced Infotainment System dengan konektifitas Smartphone yang diharapkan membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan bagi penggunanya. New Rear Parking Camera kini sudah disematkan, tapi hanya ada pada varian TRD Sportivo. Sedangkan untuk tampilan dashboard dan kursi, tidak berubah dari versi sebelumnya.

Interior Toyota Yaris 2020 Facelift – Tidak Berubah

Untuk tipe TRD telah dilengkapi aksesoris yang membuat tampilan interior jadi lebih sporty. Seperti jok kulit dengan ornamen berupa tulisan TRD dan list warna merah.

Fitur-fitur baru pada Yaris Facelift ini adalah adanya varian dengan 7-airbags, untuk meningkatkan keamanan berkendara. Fitur-fitur keselamatan sudah cukup lengkap dengan adanya rem ABS-EBD-BA, Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC).

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar