Suzuki All New Ertiga Tetap Irit bbm walau Body Membesar, ini Sebabnya!

CaruserMagz.com – Seberapa irit konsumsi bbm Suzuki All New Ertiga 2018? Pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengklaim bahwa mereka berhasil meningkatkan efisiensi bahan bakar All New Ertiga, walau secara dimensi Low MPV ini bertambah bongsor. Suzuki All New Ertiga 2018 generasi kedua ini irit bahan bakar berkat teknologi sasis terbaru Suzuki yang lebih ringan, namun tetap rigit.

 
Menurut Donny Saputra, selaku Marketing Director 4W PT SIS, di Bandung, Jawa Barat pada Minggu 20 Mei 2018, efisiensi bahan bakar merupakan salah satu kelebihan unggulan All New Ertiga generasi kedua dibanding kompetitornya, sehingga pihaknya merasa optimis bisa bersaing di segmen LMPV.

 
“Kami tidak khawatir. Dari sisi produk All New Ertiga berbeda. Kami punya kelebihan yang tidak dimiliki LMPV lain, terutama dalam hal efisiensi bahan bakar. Itu menjadi andalan kami, Suzuki berani bersaing,” kata Donny.

 
Donny menyampaikan hasil pengujian oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang mencatat konsumsi bbm rata-rata All New Ertiga tipe manual adalah 18,09 km/liter untuk rute luar kota atau jalan toll. Sedangkan tipe otomatis meminum bensin sebanyak 16,73 km/liter untuk rute yang sama.

 

Konsumsi bbm Suzuki All New Ertiga Generasi Kedua, rute luar kota:

  • Ertiga Manual : 18,09 km/liter
  • Ertiga Matic : 16,73 km/liter
  • Penguji: Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)

     

    Angka tersebut relatif sama dengan Ertiga generasi sebelumnya, padahal kapasitas mesin bertambah dari 1.400 jadi 1.500 cc dan dimensi keseluruhan bertambah besar.

     
    “Kami menggunakan teknologi harteg, sehingga bobot sasis lebih ringan. Namun memiliki kekuatan sama. Teknologi ini juga kami gunakan untuk produk Suzuki lainnya,” Jelas Donny.

     
    Berkat teknologi Harteg, sasis jadi lebih ringan hingga 100 kg, sehingga dengan bobot keseluruhan Ertiga yang bertambah karena body membesar, mesin lebih besar dan fitur-fitur bertambah, selisih bobot Ertiga 2018 generasi baru ini bisa lebih ringan 50 kg dibanding Ertiga generasi sebelumnya.

     
    Baca juga:

  • 10 Tips Menghemat bahan bakar mobil yang mudah dilakukan
  • Mitos tentang kehematan bbm yang terlanjur banyak dipercaya
  •  
    Dengan kelebihan pada efisiensi bahan bakar tersebut, pihak PT SIS merasa optimis, bahwa Ertiga akan tetap diminati oleh konsumen Indonesia. Karena konsumsi bbm masih menjadi faktor penting bagi masyarakat.

    “Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

    ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

    Yayan Abdhi

    "Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *