Hyundai tutup Pabrik di Uslan karena Virus Corona

Karyawan Positif Terjangkit Virus Corona, Hyundai Tutup Pabrik di Uslan

Berita
CaruserMagz.com – Hyundai Motor Corporation (HMC) mengumumkan penutupan operasional salah satu pabriknya di Uslan Korea Selatan, setelah ditemukan salah satu karyawannya positif terjangkit Virus Corona. Pabrik tersebut adalah adalah 1 dari 5 fasilitas produksi mobil Hyundai yang ada di Kota Uslan.

 
Korea Selatan adalah negara yang mengalami dampak terbesar wabah Virus Corona setelah China yang merupakan negara asal virus tersebut. Hingga akhir Februari 2020, total tercatat 2.022 orang di Korea Selatan terinfeksi Corona. Selain Hyundai, perusahaan besar lainnya yang terhenti operasionalnya adalah Samsung.

 
Hyundai mengeluarkan pernyataan resmi pada Jumat, 28 Februari 2020 mengenai penutupan satu dari 5 pabrik mobilnya di Kota Uslan, Korsel. Pabrik yang ditutup tersebut adalah fasilitas yang memproduksi jenis mobil SUV global, seperti Hyundai Santa Fe dan Tucson yang diimpor ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

 
Dalam pernyataannya, pihak Hyundai mengabarkan bahwa mereka telah meminta karyawan-karyawan yang berinteraksi sehari-hari dengan pekerja yang positif terinfeksi tersebut, untuk melakukan karantina secara mandiri, sembari menjalani pemeriksaan untuk memastikan kemungkinan terinfeksi Corona.

 

Komplek Pabrik Mobil Hyundai di Uslan, Korea Selatan
Komplek Pabrik Mobil Hyundai di Uslan – Corona sebabkan Hyundai tutup pabrik

Baca Juga: Virus Corona Kalahkan Pameran Otomotif Terbesar Dunia

 
Tindakah selanjutnya adalah bahwa Hyundai akan melakukan strerilisasi pada pabrik terkait dan semua fasilitas pabriknya. Hyundai memiliki lima pabrik mobil di Kota Ulsan.

 
Fasilitas Hyundai di Uslan disebut sebagai kawasan produksi mobil terbesar di dunia dengan kapasitas hingga 1,4 juta unit kendaraan per tahun, atau 30 persen dari produksi global Hyundai. Kawasan tersebut memperkerjakan hingga 34.000 orang.

 
Pengumuman ini berdampak langsung di pasar saham, yaitu menyebabkan saham Hyundai turun 5% tak lama setelah pengumuman. Apalagi banyak suku cadang yang dipasok ke pabrik Hyundai tersebut berasal dari China, yang pasokannya sudah terganggu sejak Januari 2020 lalu.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar