10 Tips Mengemudi Hemat Bahan Bakar (bbm) yang Mudah Dilakukan

CaruserMagz.com – Bahan bakar adalah keperluan utama pada operasional kendaraan, khususnya mobil. Sehingga tips untuk menghemat bahan bakar selalu menjadi hal yang menarik bagi pengguna mobil.

 

Lagipula harga bahan bakar minyak (bbm) selalu mahal, walaupun disebut bahwa ini adalah hajat hidup orang banyak yang disubsidi pemerintah. Bahkan walau harga minyak dunia terjun bebas, harga bbm tetap mahal, dan kita tidak bisa berbuat apa-apa tentang hal itu, kecuali berusaha menggunakan bbm seefisien mungkin.

 

Ada banyak tips mengenai cara berkendara yang hemat bbm, beberapa di antaranya cukup mudah dilakukan dan sangat efektif menghemat biaya untuk bahan bakar. Berikut beberapa trik menghemat bbm yang cukup efektif:

 

1. Rencanakan Perjalanan dengan Baik

 

Dalam suatu perjalanan, perencanaan yang baik mengenai kapan dan dimana kita berhenti untuk istirahat, serta melakukan persiapan matang untuk menghindari banyak berhenti, akan sangat membantu menghemat bbm.

 

Karena minyak yang dibakar untuk start up mesin akan lebih banyak dibanding saat berjalan dengan kecepatan konstan. Perencanaan yang baik juga bisa membantu kita menghindari rute macet, sehingga tidak melalui kondisi stop-and-go yang menguras tanki bbm kita.

 

2. Menyetirlah dengan Halus (Smooth)

 

Hindari cara mengemudi yang agresif, karena itu banyak membuang-buang bbm. Saat memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi pada lintasan yang pendek, memerlukan jumlah bbm yang banyak lalu energi terbuang karena harus mengerem secara medadak. Kemudian harus menekan pedal gas lebih dalam lagi saat akan mulai menambah kecepatan lagi.

 

Berkendaralah dengan halus atau smooth, cepat tidak harus agresif. Kecepatan yang konstan atau pertambahan kecepatan yang berurutan akan memerlukan konsumsi bbm yang jauh lebih sedikit. Pelajari teknik mengemudi yang baik, karena ini bukan hanya bermamfaat bagi kehematan bbm, tapi juga bagi usia pakai mobil sobat.

 

Baca lebih lanjut pada halaman berikutnya!
ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar