Mobil Favorit Indonesia 2017 versi CaruserMagz.com

CaruserMagz.com – Sepanjang tahun 2017, banyak model baru dari berbagai brand otomotif dihadirkan di Indonesia, baik mobil yang benar-benar baru maupun model lama yang disegarkan menjadi facelift atau generasi baru. Dari berbagai mobil tersebut, kami ingin menyampaikan mobil mana saja menurut kami adalah yang terbaik dari berbagai sisi, hingga layak dijadikan mobil favorit.

Daftar mobil favorit yang kami rilis ini merupakan hasil penilaian subjektif kami sendiri. Jadi ini merupakan pendapat pribadi kami, berdasarkan review yang kami tulis sepanjang tahun 2017.

Hal-hal yang kami pertimbangkan dalam penilaian ini antara lain aspek desain eksterior dan interior, build quality, kenyamanan, fitur dan tentunya adalah harga yang relatif terjangkau untuk konsumen Indonesia. Pada akhirnya penilaian ini bermuara pada value-for-money.

Berikut daftar mobil favorit yang kami anggap terbaik di segmennya masing-masing selama tahun 2017 hingga awal 2018.

 

SUV 7-Seater

 

Kami mulai dari jenis mobil yang kami kira paling diinginkan kebanyakan konsumen Indonesia, yaitu SUV 7-seater. Jenis mobil ini punya tampilan stylist, daya jelajah yang luas, tenaga berlimpah dan tentunya akomodasi penumpang yang banyak.

Dari beberapa SUV 7-Seater yang ada di Indonesia, kami memilih 2 mobil yang kami nilai terbaik, yaitu Honda CR-V Turbo dan Hyundai Santa Fe CRDi.

 

1. Hyundai Santa Fe 2.2 CRDi

 

SUV 7-seater pertama yang menjadi mobil favorit kami adalah Hyundai Santa Fe, khususnya varian CRDi yang bermesin Turbo Diesel 2.2-Liter. Meskipun di negeri asalnya mobil ini sudah berubah ke generasi baru yang mengikuti pakem desain Hyundai terbaru, kami tetap menyukai Santa Fe yang pada tahun 2018 ini masih dijual di Indonesia.

 

Hyundai Santa Fe Indonesia 2016
Hyundai Santa Fe Indonesia 2016

Berikut daftar kelebihan Hyundai Santa Fe 2017 Indonesia:

  • Desain yang menawan – Wajah Santa Fe sangat ganteng dan elegan, ini adalah long lasting design yang indah.
  • Desain interior mewah – Tak hanya di luar, interior Santa Fe juga sangat menawan pada semua baris kabinnya. Dashboardnya terlihat mewah dan sekelas dengan mobil-mobil Eropa yang berharga milyaran rupiah.
  • Kenyamanan sekelas mobil Eropa – Santa Fe dibangun untuk kenyamanan yang superior baik untuk pengemudi maupun untuk penumpang.
  • Fun to Drive – Pengendalian Hyundai Santa Fe memberi kenikmatan mengemudi yang superior, suspensi terasa pas untuk pengendalian yang baik, namun tetap memberi kenyamanan yang superior.
  • Tenaga besar – Santa Fe CRDi adalah SUV 7-Seater bertenaga terbesar di kelasnya, yaitu hingga 197 hp dan torsi 445 Nm.  Hal ini juga yang memberi kenikmatan mengemudi yang superior.
  • Build Quality sangat bagus – Selain desain yang bagus, kualitas assembly, bahan eksterior dan interior juga superior. SUV ini terasa kokoh, plat boby tebal, bahan interior dengan permukaan soft tebal dan terpasang dengan rapi.
  • Fitur canggih – walau tidak sebaik Honda CR-V Turbo dalam hal fitur, Hyundai Santa Fe juga cukup menggiurkan. Antara lain Full Panoramic Sun-roof, Head unit touchscreen yang mendukung bird-view cammera untuk memudahkan parkir, start-stop engine button dan lain sebagainya.

 

Interior Hyundai Santa Fe 2016
Interior Hyundai Santa Fe 2016

Hal yang kurang kami sukai dari SUV Hyundai ini adalah bentuk kaca pada pilar C yang menurut kami terlalu menukik ke atas sehingga visibilitas di baris ke-3 menjadi sangat kecil. Selain itu beberapa fitur penting belum ada, antara lain Hill Start Assist, Vehicle Stability Control dan Traction Control.

Namun secara keseluruhan Hyundai Santa Fe tetaplah sangat menggoda, hingga SUV 7-Seater menjadi salah satu mobil impian kami. Apalagi jika generasi barunya masuk ke Indonesia, maka itu juga sangat menarik.

 

2. Honda CR-V Turbo

Honda CR-V Turbo Prestige sebagai variant tertinggi kami nilai layak dijadikan mobil favorit, karena dengan desain eksterior stylist dan interiornya mewah serta elegan. Harganya tergolong tidak terlalu mahal dibandingkan mobil Eropa dengan kualitas dan fitur yang selevel.

 

Honda CR-V Turbo 2017
Honda CR-V Turbo 2017

Berikut kelebihan yang kami sukai dari Honda CR-V Turbo:

  • Desain dan kualitas interior berkelas dan mewah.
  • Tampilan eksterior stylist sekaligus elegan.
  • Fitur berlimpah – baik fitur hiburan, fitur keselamatan, maupun kepraktisan interior.
  • Kenyamanan superior – suspensi CR-V sangat empuk namun pengendalian tetap menyenangkan.
  • Fun to Drive – sudah menjadi karakter mobil-mobil Honda.
  • Hemat bahan bakar – berkat mesin 1.500cc Turbo yang sangat efisien.

Hal yang kami kurang sreg dari Honda CR-V Turbo adalah desain wajah dan bokongnya yang menurut kami masih kalah dari beberapa kompetitor. Namun itu hanya masalah selera dan masih bisa dimaklumi. Apalagi tentunya masih mungkin diperbaiki Honda di masa mendatang pada versi facelift atau next-gen.

Baca Juga: Pilihan SUV 7-Seater Indonesia

 

Compact SUV

 

Suzuki S-Cross

Untuk compact SUV atau juga sering dibilang crossover, pilihan kami jatuh pada Suzuki S-Cross 2017. Value-for-money SUV kecil dari Suzuki ini kami nilai cukup tinggi, hingga layak dijadikan salah satu mobil favorit.

 

Suzuki S-Cross 2017 Indonesia
Suzuki S-Cross 2017 Indonesia

Menariknya meskipun disebut bersaing dengan Honda HR-V dan Mitsubishi Outlander dalam hal desain, harga Suzuki S-Cross jauh lebih murah dari kedua saingannya tersebut. Varian tertinggi S-Cross dibanderol Rp 269 Juta OTR Jakarta, sedangkan harga Honda HR-V dari 300 hingga mendekati 500 juta rupiah.

Berikut hal-hal yang menarik dari Suzuki S-Cross yang kami anggap kelebihannya:

  • Desain eksterior menarik – Tidak sedikit reviewer mengatakan tampilan S-Cross mirip BMW jika saja grill depannya adalah Kidney Grill. Bentuknya enak dipandang dari setiap sisi, sehingga tampilan Crossover yang landai ini terasa lebih tinggi dari harganya.
  • Desain interior mewah – Di kabin juga terasa mewah dengan desain dashboard yang terkesan modern dan canggih.
  • Kualitas bahan interior bagus – Bahan interior mobil ini juga terasa berkualtias tinggi baik pada dashboard, doortrim dan pelapis kursi sudah menggunakan kulit sintesis.
  • Kaya fitur canggihFitur Suzuki S-Cross mengiurkan, antara lain: projector headlight dengan auto-levelling, LED combination rear lamp, auto rain sensor pada wiper kaca depan, AC digital otomatis, start-stop engine, multicolor MID, cruise control, paddle shift, tilt & telescopic steering, audio steering control, head unit touchscreen 7-inci, retractable electric mirror.
  • Fitur keselamatan  – Rem ABS+EBD, rem cakram di ke-empat roda, dual SRS-Airbags, Sensor parkir, sasis monokok dengan teknologi Suzuki TECT.
  • Kabin lega – Dimensi S-Cross generasi baru ini membesar dibanding generasi sebelumnya sehingga kabin lebih lapang.

Dari berbagai kelebihan tersebut, kami rasa value-for-money Suzuki S-Cross 2017 sangatlah menarik. Untuk mobil yang digunakan sehari-hari mobil ini sangat cocok untuk kaum muda yang ingin tampil stylist sekaligus punya akomodasi kabin yang nyaman dan lega.

 

Interior Suzuki S-Cross 2017 Indonesia
Interior Suzuki S-Cross 2017 Indonesia

Hal yang membuat mobil ini lebih murah dibanding kompetitornya di kelas compact SUV kemungkinan besar adalah spesifikasi mesinnya yang hanya mengeluarkan tenaga sebesar 107 hp. output tenaga tersebut setara dengan mobil pada segmen medium hatchback atau low MPV.

Dalam hal harga, Suzuki S-Cross memang bersaing dengan medium hatchback. Sehingga daripada membeli hatchback dengan harga lebih mahal, Suzuki S-Cross lebih menarik karena punya fitui lebih banyak, lebih canggih, ground clearance lebih tinggi dan tampilah lebih maskulin.

Sayangnya beberapa fitur penting belum ada pada SUV cantik ini, antara lain: Vehicle Stability Contril, Hill Start Assist dan Brake Assist (BA).

 

Medium SUV 5-Seater

 

Hyundai Tucson

Untuk segmen Medium SUV berkapasitas 5 penumpang, kami jatuh hati pada Hyundai lagi, ya desain Hyundai memang menawan dan build quality-nya superior. Sebenarnya ada banyak mobil premium lain di segmen ini, seperti Mazda CX-5, VW Tiguan, KIA Sportage dan lain sebagainya. Namun beberap mobil tersebut harganya terlalu mahal, sedangkan Hyundai Tucson masih masuk akal.

 

Hyundai Tucson 2016 Indonesia
Hyundai Tucson 2016

Berikut kelebihan Hyundai Tucson generasi ke-3 di Indonesia:

  • Tampilan eksterior stylist dan menawan.
  • Desain interior mewah.
  • kualitas bahan interior sangat bagus.
  • Fitur interior banyak.
  • Senyaman mobil eropa.
  • Tenaga dan torsi mesin gahar – 156 PS dan 192 Nm.
  • Kepraktisan bagus.

Hyundai Tucson ini akan sangat menarik dibeli sebagai mobil bekas, dengan kondisi yang masih bagus. Karena harganya yang lumayan jauh turun, value-for-money yang akan kita dapatkan akan sangat tinggi.

 

Medium Hatchback

 

Selain segmen SUV, jenis mobil yang masuk kategori favorit adalah medium hatchback. Hal ini kembali lebih kepada value-for-money, karena dengan harga yang jauh kebih murah dari sedan, medium hatchback punya impresi mengemudi, kenyamanan, standar kualitas dan kemewahan yang sama dengan sedan.

 

KIA All New Rio – Generasi ke-3

 

KIA All New Rio generasi ke-3 diproduksi pada rentang tahun 2012 hingga 2016. Rio generasi ini satu generasi dengan Hyundai Santa Fe dan Tucson yang juga kami sukai seperti kami jelaskan di atas. Hal yang sangat menarik dari All New Rio ini adalah desain-nya yang sangat menawan, enak dilihat dari setiap sisi.

 

KIA All New Rio Platinum 2015
KIA All New Rio Platinum 2015

Selain itu sama halnya dengan Hyundai Santa Fe, dalam hal kualitas dan kenyamanan, mobil korea ini sangat superior. Meskipun sudah ada Kia All New Rio generasi ke-4 dengan tampilan yang lebih elegan dan interior lebih mewah, Rio generasi ke-3 masih lebih menarik menurut kami karena beberapa kelebihan berikut:

  • Desain menawan – modern, sporty dan aerodinamis.
  • Kabin lapang  dan nyaman – walau terlihat kecil di luar, kabin setiap baris terasa sangat lapang dan bagasi luas.
  • Kenyamanan kelas Eropa – suspensi empuk, setir membuat tangan pengemudi tidak mudah lelah, kursi ergonomis dan empuk berdesain semi-bucket memberi kenyamanan.
  • Kekedapan kabin bagus – kabin terasa senyap berkat seal yang 2 lapis pada pintu.
  • Kepraktisan berlimpah – ada banyak ruang penyimpanan dan cup-holder.
  • Harga terjangkau – karena sudah ganti model, Rio gen-3 ini hanya ada sebagai mobil bekas yang harganya sangat terjangkau. Sehingga value-for-money-nya sangat menarik.

Hal yang kami sayangkan pada Kia All New Rio generasi ke-3 ini di Indonesia adalah fiturnya yang tidak selengkap versi aslinya. Namun karena ini mobil CBU hal tersebut menjadi wajar. Tampilan eksterior, kenyamanan, kualitas dan kehandalan mobil ini sangat worth untuk dijadikan mobil kesayangan.

Baca juga:

 

KESIMPULAN

 

Jika diurutkan, dari yang paling favorit maka berikut daftar mobil dengan value-for-money terbaik di Indonesia versi CaruserMagz untuk tahun 2017:

  1. Hyundai Santa Fe 2.2 CRDi
  2. Honda CR-V Prestige
  3. Suzuki S-Cross 2017
  4. Hyundai All New Tucson
  5. KIA All New Rio Generasi-3

 

Dari daftar mobil favorit tersebut, mobil yang paling kami sukai adalah Hundai Santa Fe CRDi, khususnya karena faktor desain dan kenyamanannya. Kualitas interior dan fitur-fitur SUV Korea ini juga sangat menarik. Jika punya uang sekitar Rp. 300 Juta, maka mobil yang akan kami pilih adalah Hyundai Santa Fe bekas.

Tergantung ketersediaan stock Santa Fe bekas minimal tahun 2016 dengan kondisi yang masih baik. Hal yang menarik dari mobil Korea adalah harganya yang turun drastis jika dibeli sebagai mobil bekas. Sehingga memungkinkan kita yang punya uang terbatas, memiliki mobil dengan kualitas dan kenyamanan sekelas mobil Eropa.

Namun jika punya uang sekitar Rp. 500 Juta, mobil yang akan kami beli adalah Honda C-RV Turbo. Banyak faktor yang mempengaruhi, yang antara lain adalah karena fitur C-RV yang berlimpah dan tentunya jaringan dealer Honda lebih banyak di Indonesia, sehingga ketersediaan spare part akan lebih mudah dan cepat.

Jika hanya butuh mobil dengan kapasitas 5 Penumpang dengan budget sekitar Rp. 250 juta, pilihan kami jatuh pada Suzuki S-Cross. Value-for-money S-Cross lebih worth daripada membeli medium hatchback baru seperti Honda Jazz, Toyota Yaris atau KIA Rio yang mahal namun fitur tidak sebanyak S-Cross.

Jika budget yang tersedia di bawah Rp. 150 juta, maka yang akan kami cari adalah KIA All New Rio bekas, minimal tahun 2015.  KIA Rio sangat mengoda untuk dibeli sebagai mobil bekas berkualitas, dibanding LCGC baru dengan harga yang sama.

Baca juga:

Demikianlah mobil terbaik Indonesia versi CaruserMagz.com untuk tahun 2017. Dengan bertambahnya model-model baru pada tahun 2018, kemungkinan ada perubahan pada hasil penilaian kami di tahun depan. Perlu kami sampaikan bahwa kami tidak dibayar oleh brand-brand otomotif terkait dengan daftar mobil yang kami nilai di atas.

Mungkin beberapa sobat pembaca bertanya-tanya mengapa tidak ada mobil terlaris dalam list SUV terbaik tersebut. Misalnya seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Honda HR-V atau low SUV seperti Rush, Terios dan BR-V. Itu artinya mobil-mobil tersebut bukanlah mobil yang kami nilai punya value-for-money terbaik.

Untuk hal kenyamanan dan kualitas tentunya mobil-mobil Eropa seperti BMW, Mercedes-Benz, Audi dan lain sebagainya adalah yang terbaik. Namun mengapa mobil-mobil Korea dan Jepang yang kami pilih menjadi mobil favorit? Hal itu karena beberapa mobil yang kami nilai tersebut memiliki kualitas dan kenyamanan yang setara dengan mobil Eropa, namun harganya masih cocok dengan kantong orang Indonesia.

Salam Otomotif!

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

One thought on “Mobil Favorit Indonesia 2017 versi CaruserMagz.com

Tulis Komentar