Resmi Diluncurkan, Harga Nissan Magnite Indonesia Lebih Murah dari Kia Sonet

Harga Nissan Magnite Indonesia - Tampak Samping

CaruserMagz.comNissan Magnite Indonesia resmi diluncurkan secara daring oleh PT Nissan Motor Distibutor Indonesia (NMDI) pada Senin, 21 Desember 2020. Kabar yang dinanti-nanti konsumen tentu adalah mengenai harga Nissan Magnite ini untuk dibandingkan dengan kompetitornya.

Ini adalah Sub-compact SUV pesaing langsung Kia Sonet yang lebih dulu diluncurkan, baik di India maupun di Indonesia. Segmennya berada di bawah Compact SUV seperti Honda HR-V, Kia Seltos dan Suzuki S-Cross, itu terlihat dari harganya yang lebih rendah dan dimensi yang lebih kecil.

Nissan Magnite hadir untuk dapat melampaui harapan konsumen mobil di Indonesia. Mobil ini dapat menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin memiliki SUV kelas dunia, dari merek global yang memiliki warisan SUV yang kuat,” kata Evensius, Presiden Direktur, PT Nissan Motor Distributor Indonesia dalam rilis resmi peluncurannya (21/12/2020).

Harga Nissan Magnite Indonesia - Lebih Murah
Nissan Magnite Indonesia Lebih Murah dari Sonet

Rilis resmi ini adalah pengumuman bahwa Nissan Magnite sudah bisa dipesan pelanggan dan banderol harganya untuk tiap varian. Menariknya, ternyata harga tipe tertinggi Magnite lebih murah dari Kia Sonet tipe termahal. Namun untuk varian terendah, harga Magnite lebih mahal.

Berikut daftar varian dan harga Nissan Magnite Indonesia:

Nissan Magnite Upper MT: Rp 208,8 juta
Nissan Magnite Premium MT: Rp 226,3 juta
Nissan Magnite Premium CVT: Rp 238,8 juta

Sedangkan harga Kia Sonet berada pada rentang mulai Rp 193 juta hingga Rp 289 Juta untuk 6 varian. Varian termahal Nissan Magnite berada pada harga yang mirip dengan Kia Sonet varian menengah, yaitu tipe Smart MT.

Sedangkan varian termurah Sonet dengan transmisi CVT lebih mahal Rp 12 jutaan dari Magnite CVT. Sehingga dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa Nissan Magnite lebih murah di banding Kia Sonet.

Eksterior dan Interior

Dari tampilan eksteriornya, Magnite versi Indonesia tidak memiliki perbedaan dibandingkan versi India. Desainnya berbeda dari mobil Nissan saat ini, karena lebih mengambil bahasa desain Datsun. Khususnya di bagian grill yang berbentuk heksagonal.

Magnite Indonesia - Tampak Belakang
Magnite Indonesia – Tampak Belakang

Namun SUV ini tetap sedap dipandang dari semua sisi berkat tampilan sporty dan lampu-lampunya yang beraura modern, serta warna body two-tone.

Di interior, Nissan Magnite juga terlihat sporty dan bernuansa anak muda. Fitur-fiturnya juga menarik, antara lain ada layar instrumen 7-inci TFT, head unit berukuran 8-inci, Tyre Pressure Monitoring System dan Engine Start Stop Button.

Nissan Magnite Indonesia - Interior Dashboard
Nissan Magnite Indonesia – Interior Dashboard

Mesin dan Output Tenaga

Hal berikutnya yang paling menarik untuk diketahui adalah mengenai dapurpacu Nissan Magnite ini. Tentu kita akan membandingkannya dengan Kia Sonet sebagai kompetitor terdekat.

Mesin Nissan Magnite berkubikasi 1.000 cc Turbo 3-silinder dengan kode HRAO. Mesin kecil tersebut bertenaga puncak 100 PS dan torsi 160 Nm. Untuk transmisi, disediakan pilihan transmisi manual 5-speed atau X-Tronic CVT.

Spesifikasi mesin dan output tenaganya menempatkan Magnite berasa 1 level di bawah Kia Sonet yang bermesin 1500cc 115 hp dan 144 Nm. Sehingga wajar harga sub-compact SUV Nissan ini lebih murah dari milik Kia. Namun keberadaan teknologi turbo, mestinya sudah cukup untuk menggerakkan Magnite yang berbody compact.

Baca juga:

Uniknya, mesin Magnite ini diklaim menggunakan teknologi milik Nissan GT-R yang disebut “Mirror Bore Cylinder Coating“. Kelebihan teknologi tersebut diklaim memiliki bobot dan resistensi dalam mesin yang lebih kecil, manajemen panas dan pembakaran yang lebih baik, menghasilkan akselerasi lebih halus dan konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Bagaimana, tertarik meminang Nissan Magnite atau tetap akan melirik Kia Sonet? Itu tentu kembali pada keputusan Sobat sebagai calon konsumen. Yang pasti mobil ini berjenis SUV sehingga memiliki berbagai kelebihan dibanding small hatchback dan medium hatchback pada rentang harga yang sama, khususnya dalam hal daya jelajah, tampilan maskulin dan fitur-fitur kekinian.

Tulis Komentar