Kia Sonet Diluncurkan - Harga Mulai 193 Juta

Harga Kia Sonet Rp 193 – 289 Juta, Ini Kompetitor yang Terancam

Berita KIA SUV

CaruserMagz.com – Sesuai janjinya, PT Kreta Indo Artha (KIA) meluncurkan small SUV baru bernama Kia Sonet, pada hari ini Rabu 11 November 2020. Seremoni peluncuran yang bertajuk “Forget Ordinary. Live Extra” ini digelar secara virtual melalui akun resmi YouTube APM Kia yang bernaung di bawah IndoMobil Group tersebut. Hal yang dinanti-nantikan tentunya adalah harga Kia Sonet, untuk mengetahui siapa saja kompetitor yang akan digempur KIA.

Seremoni peluncuran virtual yang disiarkan live pada Channel YouTube @KIA_Indonesia dan website resmi PT KIA ini dipandu oleh host Surya Insomnia dan Ayushita serta diramaikan oleh bintang tamu Maria Rahajeng dan penampilan oleh Weird Genius.

Kia Sonet - SUV Canggih Pesaing Honda HR-V
Kia Sonet – SUV Canggih Pesaing Honda HR-V

Secara segmen, sebenarnya Kia Sonet belum punya kompetitor di Indonesia, karena ini adalah urban SUV yang lumayan mewah kelasnya. Di India, crossover mungil ini punya kompetitor seperti Nissan Magnite dan Hyundai Kreta. Dari Jepang, pesaing sebenarnya adalah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Secara ukuran dan bentuk mungkin Honda HR-V adalah kompetitor terdekat saat ini, namun dari sisi harga, fitur dan kemewahan sebenarnya Sonet lebih cocok bersaing dengan medium hatchback seperti Toyota Yaris, Honda Jazz dan Suzuki Swift.

Berikut daftar harga Kia Sonet Indonesia:

Varian Kia SonetTransmisiHarga
Sonet Standard M/T Rp 193,000,000
Sonet ActiveM/T Rp 204,500,000
Sonet SmartM/T Rp 238,500,000
Sonet Smart iVT Rp 251,500,000 
Sonet Dynamic iVT Rp 265,000,000 
Sonet Premiere iVT Rp 289,000,000
Harga Kia Sonet – OTR DKI Jakarta – Mulai November 2020

Dengan harga mulai Rp 193 Juta hingga Rp 289 juta, maka sebenarnya Kia Sonet akan bersaing dengan banyak segmen mobil yaitu mulai dari small hatchback seperti Suzuki Ignis, Kia Picanto, Nissan March, Daihatsu Sirion hingga ke hatchback segmen-B, semisal Honda Jazz, Toyota Yaris, Suzuki Baleno dan saudaranya sendiri Kia All New Rio.

Beberapa keunggulan mobil crossover tentu lebih menarik dibanding medium hatchback. Karena dengan harga yang lebih murah, konsumen dapat menikmati daya jelajah yang lebih baik, tampilan lebih sporty dan kemewahan interior yang dapat dikatakan lebih baik. Apalagi dengan fitur-fitur yang disediakan, Kia Sonet jauh lebih menarik dari kompetitornya dari segmen medium hatchback yang sudah berharga Rp 300 jutaan.

Di lain sisi, Kia Sonet bisa menjadi alternatif menarik bagi peminat compact SUV yang sebenarnya 1 level lebih tinggi kelasnya, semisal Honda HR-V, Suzuki S-Cross, Mitsubishi Outlander dan Nissan Kicks. Karena walau bagaimanapun Sonet adalah SUV yang cakep dalam hal tampilan eksterior, mewah di interior, dan harganya akan membuat lebih banyak uang tersisa jika dibanding membeli compact SUV yang sudah berharga Rp 300 – 500 jutaan.

Dari sisi mesin, Kia Sonet Indonesia dipersenjatai mesin 1.5-liter (1.497cc) SmartStream 4-silinder. Mesin bertenaga 115 hp (6300rpm) dan torsi 144 Nm (4500rpm) tersebut membuat Sonet layak bersaing dengan segmen compact SUV seperti Honda HR-V 1.5 dan segmen hatchback segmen-B seperti Honda Jazz, Toyota Yaris, Suzuki Baleno.

Fitur Kia Sonet Canggih Menggiurkan - Harga tidak sampai 300 Juta
Fitur Kia Sonet Canggih Menggiurkan – Harga tidak sampai 300 Juta

Dari segi fitur, Kia Sonet dapat dikatakan lebih mewah dari kompetitornya tersebut. Beberapa fitur menarik telah hadir seperti sun-roof, lampu LED dan DRL, 6-airbag, rem ABS-EBD-BA, Hill Start Assist, Electronic Stability Control, Emergency Stop Signal, kamera mundur dengan petunjuk arah dinamis, head unit 8 inci dengan fitur Wireless Android Auto dan Apple CarPlay, Wireless Charging, Cruise Control, Keyless Engine Start-stop and Entry, Remote Start Engine, serta 6-Speaker + 1 Sub Woover dari merek BOSE. Itu adalah daftar fitur-fitur canggih yang sangat menarik untuk mobil berharga di bawah 300 jutaan.

dengan rentang harga dan fitur-fitur canggihnya, Kia Sonet melibas banyak segmen mobil kompak di Indonesia. Oleh karenanya mobil ini layak dipertimbangkan oleh peminat small hatchback, medium hatchback segmen-B, hingga ke SUV kompak. Dengan segala kelebihan daya jelajah crossover dan kelebihan fitur-fiturnya dari SUV kompak yang telah ada, Kia Sonet adalah mobil yang sangat menarik.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar