BLOG INI DIJUAL (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Kolaborasi Honda dan Sony Dirikan Perusahaan Baru untuk Produksi Mobil Listrik di 2025

Kolaborasi Honda dan Sony dirikan perusahaan EV

Share

CaruserMagz.com Kolaborasi Honda dan Sony – Honda dan Sony berkolaborasi untuk mulai membangun mobil listrik (EV) mulai tahun 2025. Kedua perusahaan raksasa Jepang tersebut telah menandatangani perjanjian usaha joint-venture (patungan) untuk mendirikan perusahaan baru dengan nama Sony Honda Mobility Inc.

Dalam tiga tahun pertama, perusahaan kolaborasi Honda dan Sony tersebut akan mengembangkan mobil listrik, dimana Honda menyediakan teknologi otomotif termasuk pendirian pabrik, sementara Sony untuk perangkat elektronik hingga ke sistem konektifitas.

Perusahaan baru akan bertujuan untuk menyatukan teknologi lingkungan dan keselamatan mutakhir Honda, kemampuan pengembangan mobilitas, teknologi pembuatan bodi kendaraan dan pengalaman manajemen layanan purna jual,” tulis kedua perusahaan dalam pernyataan bersama.

Dengan keahlian Sony dalam pengembangan dan penerapan pencitraan, penginderaan, telekomunikasi, jaringan dan teknologi hiburan,” lanjut pernyataan tersebut.

Konsep Mobil Listrik Sony
Konsep Mobil Listrik Sony

Sony Honda Mobility Inc. akan dimiliki secara merata oleh kedua perusahaan induk, yang berbasis di Tokyo.

Perusahaan Joint-venture tersebut akan dipimpin oleh Yasuhide Mizuno, yang sebelumnya menjabat sebagai Chief Officer Honda untuk operasi mobil. Mizuno mendapat peran ganda sebagai Chairman dan CEO di perusahaan baru tersebut.

Sedangkan jabatan Chief Operating Officer akan dipangku oleh Izumi Kawanishi, Wakil Presiden Eksekutif Sony Group Corporation.

Konsep interior Mobil EV Sony
Konsep interior Mobil EV Sony

Konektivitas dan komunikasi mobil akan area utama peran Sony dalam kerjasama ini. Karena teknologi tersebut sedang bertumbuh pesat di industri otomotif yang mulai menjadi pertimbangan penting bagi konsumen untuk memilih mobil.

Sony sendiri telah mengungkap keinginan yang kuat untuk memasuki industri otomotif. Perusahaan teknologi tersebut telah memperkenalkan mobil konsep EV yang bernama Vision-S EV pada tahun 2020.

Kemudian disusul peluncuran konsep Vision-S 02 yang merupakan mobil 7-seater di ajang Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas pada awal 2021 lalu.

Mobil tersebut dikabarkan Sony sebagai EV berpenggerak All-wheel Drive dengan dua motor listrik bertenaga gabungan 268 HP. Ini disebut sebagai mobil premium yang dilengkapi air-suspension.

Konsep Vision-S 02 dibekali teknologi konektifitas yang sudah didukung kemampuan menggunakan jaringan internet 5G, layar sentuh masif di sekujur dashboard-nya, speaker di kursi yang dilengkapi 360 Reality Audio, hingga memiliki fasilitas game PlaySation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)