Koleksi Mobil Nadiem Makarim - Mendikbud Era Jokowi

Punya Kekayaan Triliunan, Koleksi Mobil Nadiem Makarim ‘Mendikbud’ Tergolong Sederhana

Autotainment

Koleksi mobil Nadiem Makarim, pemilik Aplikasi Gojek yang jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan era Presiden Joko Widodo.

CaruserMagz.com – Presiden Jokowi memilih seorang anak muda kaya raya untuk menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Kerja Periode-2. Dia adalah Nadiem Anwar Makarim yang merupakan pemilik dan CEO aplikasi transportasi online, Gojek.

Nadiem dinilai sebagai sosok anak muda dari generasi millenial yang sukses karena kreatif berinovasi. Diharapkan dari ide-ide brilian-nya, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan akan membuat kebijakan-kebijakan yang bisa mempercepat kemajuan dan kualitas pendidikan generasi muda.

Dari aplikasi Ojek Online yang dicetuskannya, Nadiem bertransformasi menjadi triliuner, karena banyak investor luar negeri tertarik untuk berinvestasi dengan jumlah uang fantastis di Perusahaan Start-up miliknya.

Data dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara yang diumumkan di laman resmi Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), Pemilik Gojek yang sekarang menjabat Mendikbud tersebut memiliki harta kekayaan senilai Rp 1,2 triliun.

Mengenai harta kekayaan, khususnya kaum Adam, tentu menarik ditelisik koleksi mobil Nadiem Makarim. Wajar jika kita membayangkan pria kelahiran Jakarta tersebut mengoleksi Super cars, Gentleman Cars dan berbagai kendaraan yang biasa ada di garasi Crazy Rich.

Namun ternyata koleksi mobil lulusan Harvard Business School yang super tajir tersebut hanya bernilai Rp 2 Miliar saja. Uniknya, koleksi mobil Nadiem Makarim ini tergolong sederhana untuk kelas kekayaannya.

Nadiem Makarim memiliki 3 mobil yang semuanya dari brand mainstream Jepang. Bahkan ada mobil kalangan ekonomi menengah ke bawah yang biasa jadi mobil pertama karena tergolong murah.

Berikut daftar koleksi Mobil Nadiem Makarim, Mendikbud Kabinet Kerja-2:

1. Honda Brio 2017 – Harga sekitar Rp 162 juta.
2. Toyota Harrier 2015 – Harga sekitar Rp 887 juta.
3. Toyota Vellfire 2018 – Harga sekitar Rp 1 Miliar.

Sehingga total nilai harta berjalan berupa mobil milik Menteri Pendidikan tersebut adalah sekitar Rp 2,05 Miliar. Angka yang tergolong sangat kecil dari jumlah kekayaannya yang dilaporkan.

Koleksi Mobil Mendikbud Nadiem Makarim - Harrier dan Vellfire
Koleksi Mobil Mendikbud Nadiem Makarim – Harrier dan Vellfire

Baca juga:
Daftar Mobil Pertama Artis Holiwood Mencengangkan
Andika Kangen Band: Avanza Bikin Mabok, saya Ogah Naik!

Toyota Vellvire, OK lah karena itu tergolong kendaraan yang mewah. Namun untuk kelas triliuner, harusnya minimal itu yang termurah.

Kami kira itu normal jika Nadiem mengkoleksi setidaknya satu saja supercar dari daftar brand terkenal seperti Ferrari, Lamborghini, Aston Martin atau Maserati. Untuk kendaraan resmi, setidaknya ada Rolls-Royce Phantom atau Bentley Mulsanne. Untuk mobil kecil yang lincah, paling tidak Mini.

Ya, memang orang yang sudah super kaya terkadang tidak perlu lagi dengan barang-barang mengkilat berharga miliaran. Mereka yang sangat kaya, biasanya lebih mementingkan fungsi dari kendaraan, bukan prestise-nya.

Karena untuk prestise, seorang Nadim Makarim sudah punya prestise dengan wajah dan namanya, walau pake kaos oblong menunggangi motor butut atau mobil super murah, orang tetap akan mengenalnya sebagai orang kaya raya.

Hal tersebut analog dengan pemilik Sosial Media terbesar di dunia, Mark Zuckerberg yang koleksi mobilnya juga tergolong sederhana, seperti Honda Jazz dan VW Golf. Walau pada akhirnya Mark tergoda untk memiliki Hypercar Pagani Huayra.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar