Koleksi Mobil Mark Zuckerberg Sang Pemilik Facebook

CaruserMagz.com – Mark Zuckerberg, siapa yang tidak kenal dengan pemilik situs media sosial terbesar di dunia ini. Pendiri sekaligus CEO Facebook ini adalah salah seorang terkaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, sehingga banyak orang mengira dia adalah kolektor mobil-mobil mewah dengan harga jutaan dollar.

 
Jika sekelas Christiano Ronaldo saja yang berpenghasilan puluhan juta dollar atau lebih dari 500 Milyar rupiah per tahun, bisa mengoleksi puluhan mobil super mewah dari yang berharga Rp. 3 Milyar hingga puluhan Milyar, bagaimana dengan Mark Zuckerberg yang berpenghasilan Milyaran Dollar per tahun?

 
Pundi-pundi kekayaan pemuda terkaya di dunia tersebut terus bertambah berkat jejaring sosial facebooknya yang sudah digunakan lebih dari 2 milyar akun di seluruh dunia. Pada tahun 2018, kekayaan Mark diperkirakan pernah menyetuh angka $79 Milyar atau sekitar Rp. 1.100 Triliun.

 
Sehingga wajar kita bayangkan mobil salah satu pemuda terkaya di dunia tersebut harusnya sekelas Rolls Royce Phantom, Bugatti Chiron atau Veyron, Bentley continental, BMW i8, Ferrari LaFerrari, Lamborghini Veneno Roadster, barisan mobil limited edition yang berharga ratusan milyar dan lain sebagainya.

 
Namun ternyata tidak demikian, Mark tidak suka tampil mencolok di jalan raya dengan supercar, walau tidak juga bisa dibilang dia tidak menyukai supercar, karena pada akhirnya dia juga tergoda untuk memiliki hypercar.

 
Zuckerberg lebih dikenal suka membeli property dibanding mengkoleksi mobil mewah. Sepertinya dia sangat mengerti kekayaan sesungguhnya ada pada property dan tidak lagi tergoda untuk berhura-hura untuk memenuhi nafsu mata dengan lifestyle kaum jetset.

 
Pakaiannya biasa saja dan dia tidak sering makan di restoran mahal. Mengenai mobil, seleranya sama dengan kaum ekonomi menengah di Indonesia, kebanyakan mobilnya berharga di bawah Rp. 1 Milyar, bahkan hingga sekitar Rp. 200 jutaan saja. Berikut daftar mobil-mobil yang pernah dimiliki Mark Zuckerberg hingga pertengahan tahun 2018.

 

1. ACURA TSX

 

Acura TSX adalah sedan mid-size yang harganya di Amerika sekitar 30.000 US dollar atau sekitar Rp. 270 juta di tahun 2010. Mark membeli sedan sekelas BMW seri-3 tersebut saat kekayaannya diperkirakan sebanyak 17,5 milyar dollar atau 180-an Triliun Rupiah.

 

mobil mark zuckerberg - acura tsx sedan
mark zuckerberg – acura tsx sedan

Acura TSX sudah diskontinyu sejak tahun 2014. Sedan Sport ini bermesin 2.4-liter, 4-cylinder dengan transmisi otomatis 5-percepatan. Tenaga maksimumnya adalah 201 Hp dan torsi 233 Nm, dengan Kecepatan maksimum 220 km/jam.

 

2. VOLKSWAGEN GOLF MK6 GTI

 

Mobil selanjutnya yang digunakan sehari-hari oleh Mark Zuckerberg adalah Volkswagen Golf MK6 GTI keluaran 2014 berwarna hitam. Uniknya lagi, Mark memilih transmisi manual dan dia menyetir sendiri setiap hari ke kantornya.

 

Mobil Mark Zuckerberg - Volkswagen Golf MK6 GTI
Mobil Mark Zuckerberg – Volkswagen Golf MK6 GTI

Dengan kekayaannya yang diperkirakan sekitar 54,5 Milyar Dollar (sekitar Rp. 630 Triliun) pada tahun 2014, wajar jika Mark menggunakan Limousin dengan sopir pribadi. Namun pemilik Facebook ini masih membeli mobil manual berharga $30.000 atau sekitar Rp. 345 juta pada tahun 2014.

 
Untuk kalangan menengah di Indonesia, VW Golf termasuk mobil mewah, dan kami senang ternyata selera Mark Zuckerberg sama dengan kami dalam hal memilih hatchback. Volkswagen Golf adalah salah satu mobil pavorit kami karena tampangnya yang elegan, tenaga yang besar dan kepraktisan yang sangat bagus.

 
Dalam hal performa, Volkswagen Golf MK6 GTI lebih baik dari mobil Mark sebelumnya, MK6 GTI tersebut mampu menuntaskan 0 – 100 km/jam dalam waktu 6,9 detik berkat maksimum speed 238 km/jam. VW MK6 yang tergolong hatcback sport dan sering disebut hot-hatch tersebut dibekali mesin 2.0-liter 4-silinder bertenaga 200 hp dan torsi 350 Nm.

 

3. HONDA FIT (JAZZ)

 

Tak banyak yang menyangka, billioner sekelas Zuckerberg membeli mobil untuk kalangan menegah ke bawah. Ya Honda Fit atau Jazz, dikenal untuk kalangan orang tak berduit di Amerika. Mark membeli Honda Fit keluaran tahun 2014 yang di Amerika berharga sekitar $19.000 untuk tipe manual tertinggi atau sekitar Rp.219 Juta saja.

 

Mobil Mark Zuckerberg - Honda Fit 2014
Mobil Mark Zuckerberg – Honda Fit 2014

Dalam hal tenaga, Honda Fit bermesin 1.5-liter bertenaga 117 hp dan torsi 143,7 Nm. Performanya juga sangat biasa dengan max-speed 190 km/jam, dengan waktu tempuh 0-100 km/jam dalam 10,3 detik.

 
Mobil ini seolah memberi tahu kita bahwa Mark menyukai mobil manual khususnya hatcback. Namun banyak orang shock, Mengapa harus Honda Fit? orang sekaya Zuckerberg harusnya paling tidak memilih BMW atau Mercedes-Benz.

 

4. INFINITI G SEDAN

 

Infiniti adalah brand mobil premium asal Jepang, yaitu dibawah Aliansi Nissan. Mark mulai meningkatkan seleranya terhadap kenyamanan dan kemewahan mobil. Infiniti membuat mobil yang berkualitas tinggi dan Infiniti G Sedan adalah salah satu mobil yang menawarkan kemewahan, kenyamanan dan kabin yang lapang.

 

Mobil Mark Zuckerberg - Infiniti G Sedan
Mobil Mark Zuckerberg – Infiniti G Sedan

Namun untuk seorang Mark Zuckerberg, G Sedan masih bukanlah kelasnya. Ini mobil untuk kelas menengah ke atas, ya mungkin kelas karyawan bergaji besar, namun bukan mobil para billioner. Model termahal dari sedan ini berharga sekitar $37.000 atau sekitar Rp. 430 Juta pada tahun 2014. Sedan ini ditenagai mesin 3.7-liter V6 dengan output maksimum hingga 328 hp dan torsi 365 Nm.

 

5. PAGANI HUAYRA

 

Mark Zuckerberg akhirnya tergoda juga untuk membeli seekor hypercar. Sportcar mewah yang jadi pilihannya adalah Pagani Huayra, hypercar asal Italia yang berharga 1,4 hingga 2 juta US dollar, atau sekitar Rp. 16 – 23 Milyar. Pilihan Mark ini juga tergolong anti-mainstream, karena dia tidak memilih brand mainstream, seperti Ferrari, Lamborghini, Aston Martin atau Porsche.

 

Mobil Mark Zuckerberg - Pagani Huayra 2014
Mobil Mark Zuckerberg – Pagani Huayra 2014

Pagani, brand eksotis asal Italia ini memang tidak setenar Ferrari atau Lamborghini, khususnya di negara kita. Brand ini bukan hanya eksotis bagi kalangan jetset, namun juga prestisius sebagai mobil para gentleman yang dianggap selevel dengan Aston Martin dan Bugatti.

 
Istimewanya, Pagani masih menganut prinsip bahwa mobilnya harus dirakit secara detail oleh tangan manusia, baik eksterior maupun interiornya. Pabrikan ini tidak membuat mobil dalam jumlah banyak, mereka memilih konsumen secara sangat selektif dan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikan tiap mobilnya. Hingga tak heran harganya menyentuh jutaan dollar.

 
Pagani Huayra adalah hypercar bermesin V12 6-liter dengan output tenaga 720 hp dan torsi 987 Nm. Dengan mesin rancangan Mercede-AMG, mobil ini mampu menuntaskan 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 3,5 detik. Kecepatan maksimunnya adalah 370 km/jam.

 
Baca juga: Koleksi Mobil Christiano Ronaldo

 
Dengan koleksi mobil yang lebih didominasi mobil rakyat menengah, rasanya Mark Zuckerberg tergolong orang yang sederhana dalam menikmati hidupnya. Namun jika dianggap orang yang sangat sederhana, tentu tidak juga karena Mark membelanjakan uangnya gila-gilaan untuk hal lain, khususnya property.

 
Salahsatu contohnya, Zuckerberg membeli properti super mahal di Hawaii, seperti rumah dan tanah. Mark membeli tanah seluas 750 hektar di Hawaii dengan harga tidak kurang dari 100 juta US dollar di tahun 2014 juga.

 
Kita tidak tahu di masa mendatang, apakah dengan mengendarai Pagani Huayra, sang CEO Facebook tersebut akan ketagihan membeli hypercar. Bisa saja terjadi mengingat uangnya terus menggunung hingga senilai ribuan triliun, yang sudah selevel dengan kekayaan sebuah negara.

 
Salam Otomotif!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar