Pilihan Compact SUV Premium Indonesia 500 Jutaan

Pilihan Compact SUV Premium 500 Jutaan di Indonesia, Saingan Mazda CX-30

Mazda Review SUV

CaruserMagz.com – Mazda Indonesia baru saja menghadirkan Mazda CX-30, Compact SUV Premium yang berada 1-level di bawah CX-5. SUV mungil baru Mazda tersebut tergolong mahal karena berbanderol harga Rp 500 jutaan, yaitu Rp 479 – 523 Juta. Dengan uang sebesar itu, konsumen sebenarnya sudah bisa mendapatkan SUV besar 7-seater seperti Honda CR-V Turbo, Nissan X-Trail, Hyundai Santa Fe, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Terra dan Chevrolet Trailblazer.

Di segmen Medium SUV 5-seater juga ada Mazda CX-5, Hyundai Tucson, Kia Sportage, Honda CR-V 5-Seater, dan berbagai Compact SUV yang relatif lebih murah seperti Wuling Almaz, DFSK Glory 560, Mitsubishi Outlander, Nissan Juke, Honda HR-V dan lain sebagainya.

Namun apakah Mazda CX-30 adalah premium compact SUV satu-satunya yang nampak kemahalan untuk ukuran konsumen kebanyakan di Indonesia? Ternyata tidak, Mazda CX-30 bukanlah SUV kecil mahal pertama di Indonesia. Karena sebelumnya segmen ini sudah diisi oleh beberapa mobil dari brand lain.

 

Berikut pilihan Compact SUV Premium di Indonesia:

Mazda CX-30

Dengan banderol harga mencapai Rp 522,8 juta OTR Jakarta, Mazda CX-30 tergolong cukup mahal untuk ukuran SUV kecil. Namun kecanggihan SUV Premium Jepang ini memang layak berbanderol demikian.

Compact SUV Premium - Mazda CX-30
Compact SUV Premium – Mazda CX-30

Berbagai keunggulan Mazda berdesain Kodo generasi ke-7 ini memang layak dibayar kelas konsumennya yg tidak lagi memikirkan harga untuk prestise berkendara. Antara lain mesin berteknologi SkyActiv yang powerfull, kenikmatan mengemudi dan kestabilan yang superior, build quality premium dan berbagai fitur canggih seperti Adaptive Cruise Control dengan radar, berbagai fitur keselamaan canggih layaknya mobil Eropa dan tentunya tampilan eksterior eksotis yang menawan.

 

Toyota C-HR

SUV mungil Toyota ini berbanderol Rp 494 – 525 Juta. Dimana varian standar dengan mesin 1.800cc berharga Rp 493 – 495 juta, Sedangkan varian hybrid yang lebih canggih berbanderol Rp 523 – 525 juta. Perbedaan harga dalam varian yang sama disebabkan perbedaan warna single-tone vs dual-tone.

Compact SUV Premium - Toyota C-HR Hybrid
Compact SUV Premium – Toyota C-HR Hybrid

Toyota C-HR dapat dibilang benar-benar head-to-head dengan Mazda CX-30. Baik dari segi tampilan desain yang eksotis, fitur canggih yang berlimpah, teknologi mesin yang superior dan kenikmatan mengemudi serta kestabilan mobil yang sangat baik.

Toyota C-HR memiliki keunggulan dalam pengendalian berkat sasis dengan teknologi Toyota New Global Architecture (TNGA), sehingga banyak disebut sangat fun-to-drive dan berbeda dari mobil Toyota sebelum hadirnya teknologi TNGA.

 

Mitsubishi Eclipse Cross

Mitsubishi juga telah menghadirkan compact SUV premium bernama Eclipse Cross, walau pabrikan berlambang 3-berlian tersebut telah memiliki jagoan di segmen compact SUV berupa Outlander Sport. Mitsubishi Eclipse Cross juga tergolong mahal untuk sebuah SUV mungil, yaitu Rp 481 – 486 Juta.

Compact SUV Premium - Mitsubishi Eclipse Cross
Compact SUV Premium – Mitsubishi Eclipse Cross

Meskipun berharga lebih murah dari Toyota C-HR dan Mazda CX-30, Eclipse Cross tidak bisa dianggap remeh dalam hal fitur, pengendalian, power mesin dan kemolekan tampilannya, SUV mewah ini sangat menarik. Hal-hal menarik dari Mitsubishi Eclipse antara lain: 2 buah sunroof, human interface connectivity yang sudah seperti mobil Jerman, pengendalian yang superior namun tetap nyaman, dan mesin 1.5 liter dengan teknologi turbo. Mitsubishi benar-benar serius ingin membuat mobil yang canggih dan nyaman.

 

Honda HR-V 1.8 Prestige

Honda membuat HR-V sebagai compact SUV dengan pilihan rentang harga sangat banyak, mulai dari Rp 300 – 420 jutaan. Untuk tipe tertinggi, sudah bisa digolong kan Compact SUV Premium, yaitu HR-V 1.8 Prestige yang dibanderol Rp 420,8 juta.

Compact SUV Premium - Honda HR-V 1.8 Prestige
Compact SUV Premium – Honda HR-V 1.8 Prestige

Dalam hal fitur Honda HR-V 1.8 Prestige tergolong mewah, walau harganya jauh lebih murah dibanding Mazda CX-30 dan Toyota C-HR. Menarik karena compact SUV Honda ini cukup canggih dan kaya fitur, seperti panoramic sunroof, hill hold control, rem parkir elektrik, head unit layar sentuh yang canggih dan lain sebagainya.

Sehingga value for money Honda HR-V 1.8 Prestige tergolong tinggi. Namun karena HR-V ini secara prestise memang kurang terkesan mewah dibanding Mazda CX-30 dan Toyota C-HR, mengingat ini adalah compact SUV mainstream di Indonesia.

Baca juga:
Mobil Paling Nyaman untuk Mobil Keluarga
Pilihan Mobil 250 Jutaan di Indonesia

 
Itulah pilihan Mobil Premium SUV Kecil di Indonesia yang berharga Rp 400 – 500 jutaan. Pembeli mobil di level ini semestinya adalah mereka yang tidak lagi membanding-bandingkan antara budget dan akomodasi penumpang atau ukuran mobil, tapi lebih kepada prestise dan kecanggihan mobil pilihannya.

Namun jika sobat ingin menikmati mobil yang canggih, nyaman dan berkualitas cukup premium dengan anggaran yang lebih sedikit, yaitu antara Rp 250 hingga 350 jutaan, sebenarnya ada beberapa pilihan mobil Compact SUV yang cukup canggih dan serasa mobil Eropa, antara lain: Hyundai Kona, KIA Seltos, dan Suzuki SCross.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar