BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Mazda 2 Generasi Baru adalah Kembaran Toyota Yaris Hatchback

Mazda 2 generasi baru 2022 versi Eropa - kembaran Toyota Yaris

Share

CaruserMagz.comMazda 2 Generasi Baru diluncurkan di Eropa – Toyota memiliki beberapa kerjasama dengan pabrikan lain dalam bentuk berbagi model hingga ada banyak versi rebadge. Baik rebadge model merek lain jadi beremblem Toyota atau sebaliknya.

Beberapa di antaranya ada Ertiga berlogo Toyota di India, kembaran Toyota Supra dan BMW Z4, Toyota GR 86 dan Subaru BRZ, dan lain sebagainya.

Kini giliran Toyota Yaris Hatchback versi Eropa yang memiliki kembaran dari Mazda, yaitu Mazda 2 generasi baru untuk pasar Eropa.

Toyota Yaris hatchback yang dijadikan kembaran Mazda 2 adalah model berkode XP210 yang dijual di Eropa dan Jepang. Jadi ini berbeda dengan Yaris untuk pasar Asia Tenggara yang berkode XP150.

Mazda 2 2022 versi Eropa - Rebadge Toyota Yaris
Mazda 2 2022 versi Eropa – Rebadge Toyota Yaris

Apa Bedanya dari Yaris Hatchback?

Mazda dan Toyota memang sudah bekerja sama untuk sharing model produk sejak lama. Mazda2 bertubuh Yaris ini seperti imbal jasa Toyota, pasalnya sudah pernah ada Toyota Yaris di Amerika yang bertubuh Mazda 2.

Lalu apakah ada beda antara Yaris dan Mazda2 versi rebadge ini? ternyata Mazda tidak mengubah apapun dari Yaris selain mengganti emblem Toyota jadi Mazda pada bagian bodi depan, belakang dan palang setir.

Selain itu, Mazda memasang emblem MAZDA 2 di pintu bagasi pada sisi lampu kiri. Di dalam kabin, Mazda memasang karpet interior bertuliskan “MAZDA 2”. That’s it!

Mazda 2 2022 Tampak Belakang
Mazda 2 2022 Tampak Belakang

Pakai Powertrain Hybrid Toyota

Mazda 2 versi Eropa ini menggunakan teknologi hybrid Toyota dengan mesin 1.500 cc 3-silinder bertenaga 91 hp yang dipadukan dengan motor listrik 79 hp, tenaga gabungan dari kedua powertrain tersebut diklaim mencapai 114 hp.

Dengan powertrain tersebut, performa 0-100 km/jam diklaim dicapai dalam 9,7 detik. Yang menarik adalah konsumsi bbm-nya jadi sangat irit berkat teknologi hybrid, yaitu diklaim 23 – 25 km/liter bbm.

Pengaturan penyaluran tenaga memungkinkan Mazda 2 dikendarai dengan motor listriknya saja, namun maksimal sejauh 2 km saja. Jadi bisa dimamfaatkan untuk menuju pom bensin jika mobil akan kehabisan bbm.

Tapi jangan berharap Mazda 2 versi rebadge Yaris ini akan masuk Indonesia ya Sobat Car Users. Karena jangankan versi rebadge-nya, Yaris versi ini pun kecil kemungkinan dijual di Indonesia.

Karena model kompak seperti ini kurang cocok dengan selera orang Indonesia. Untuk pasar Indonesia, rumornya, yang akan masuk adalah Yaris Cross untuk menggantikan versi hatcback secara permanen dalam beberapa tahun ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)